Cara Cek In Online Pesawat Melalui Website dan Android

Fasilitas untuk melakukan check in pesawat di zaman sekarang dapat dilakukan secara online. Sebelumnya, untuk melakukan check ini harus dilakukan secara manual yakni dengan melakukan check in langsung di bandara. Kekurangan dari check in langsung di pesawat adalah efisiensi waktu. Halangan yang pertama adalah antrian yang tentunya cukup memakan waktu. Itupun belum ditambah dokumen persyaratan yang diajukan. Apabila kita terburu-buru dan kelupaan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan check ini, maka kamu akan ketinggalan pesawat.

ads

Untunglah dengan adanya perkembangan jaringan komputer, hal tersebut bisa diatasi dengan lebih mudah dan juga cepat. Check in pesawat saat ini juga dapat dilakukan melalui dua cara yakni melalui website maskapai bersangkutan atau menggunakan aplikasi Android. Bagaimana tahapan-tahapannya? Berikut cara cek in online pesawat menggunakan website dan Android.

Cek in melalui website

Untuk dapat cek in melalui website maskapai, kamu harus mengunjungi website maskapai masing-masing penerbangan di Indonesia. Beberapa maskapai yang memberikan fasilitas cek in secara online adalah sebagai berikut.

  • Garuda Indonesia

Sebagai maskapai penerbangan kelas dunia, Garuda Indonesaia telah membuat website dengan fasilitas beli tiket secara online, jadwal penerbangan, dan tentunya cek in online. Untuk dapat melakukan cek ini online, ikutilah tahapan berikut ini.

  1. Sebelumnya kamu sudah membeli tiket penerbangan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, masuk ke website resmi Garuda Indonesia di www.garuda-indonesia.com
  3. Jika sudah, klik menu “Check ini” yang ada di sebelah kanan
  4. Jika kamu mengekliknya, akan muncul pop-up yang isinya mengenai persyaratan-persyaratan yang akan menjadi infomasi saat kamu akan melakukan penerbangan.
  5. Jika sudah membacanya secara seksama, ceklis pada bagian “Saya sudah membaca Online Check in Informasi” sambil klik “Lanjutkan”
  6. Jika selesai, masukanlah data-data yang ada dalam tiket yang telah kamu pesan. Mulai dari tanggal berangkat, nomor E-tiket, dan juga nomor referensi.

Apabila semua data sudah dimasukan, klik “Lanjutkan”.

  • Nantinya, kamu akan memilih kursi di dalam kabin sesuai keinginan. Ditambah lagi, kamu juga akan memilih boarding pass berdasarkan terima surat maupun SMS yang diterima.
  • Apabila selesai, maka kamu sudah berhasil melakukan check in secara online.

Untuk melakukan cek in dari website Garuda Indonesia, kamu dapat melakukannya saat empat jam sebelum melakukan pemberangkatan. Akan tetapi, jika kamu melakukan cek in untuk perjalanan domestik saja, maka kamu dapat melakukannya sampai dua jam sebelum pemberangkatan.

  • Citilink

Bagaimana dengan maskapai penerbangan Citilink? Sama halnya dengan maskapai yang dilakukan pada Garuda Indonesia. Kamu dapat melakukan cek in pada maskapai penerbangan dengan cara sebagai berikut.

  1. Pertama kamu harus membeli tiket pesawatna terlebih dahulu
  2. Setelah itu, kunjungi website resminya di https://book.citilink.co.id/SearchwebCheckin.aspx.
  3. Di sana akan ada halaman yang harus kamu isi berdasarkan data yang ada dalam tiket yang kamu beli.
  4. Setelah selesai, klik “Find Booking” sehingga kamu akan melihat petunjuk dan juga persyaratan yang berhubungan dengan penerbangan yang akan kamu ambil.
  5. Scroll saja persyaratan tersebu hingga kamu menemukan tulisan “Check in Now”.
  6. Setelah kamu klik “Check in Now”, kamu sudah berhasil melakukan cek in.

Untuk dapat melakukan cek in menggunakan Citilink, kamu harus melakukannya maksimal dua minggu sebelumnya serta lima jam sebelum pemberangkatan.

  • Lion Air

Salah satu maskapai yang cukup dibanyak digunakan oleh penumpang Indonesia ini juga dapat melakukan cek in secara online. Cara untuk melakuka cek ini pun sama saja dengan maskapai yang lainnya. Hanya saja, perbedaanny adalah dari sisi waktu yang bisa digunakan ketika ingin melakukan cek in secara online. Untuk maskapai Lion air, kamu dapat melakukan cek in sehari sebelumnya dan batas untuk melakukan cek in di maskapai Lion air adalah 4 jam sebelum keberangkatan.


  • Air Asia

Air Asia cukup dikenal sebagai salah satu maskapai yang cukup banyak dipilih oleh para penumpang di Indonesia. Saat ini Air Asia juga telah membuka website untuk para calon penumpang. Mulai dari pemesanan tiket secara online sampai melakukan cek in secara online. Unuk dapat melakukan cek in secara online, kamu dapat melakukannya di www.airasia.com. Sama halnya dengan situs-situs maskapai penerbangan lainnya, cara untuk melakukannya sama saja. Hanya, untuk dapat melakukan cek in, kamu bisa melakukannya mulai dari 14 hari sebelumnya. Batasnya sendiri sampai 60 menit menjelang keberangkatan.

Check in melalui aplikasi Android

Dengan semakin banyaknya pengguna smarphone yang berbasis Android, para maskapai penerbangan juga telah membuat aplikasi yang dapat diakses melalui telepon pintar ini. Cara untuk melakukan check in melaui aplikasi Android adalah sebagai berikut.

  1. Unduh dan instal aplikasi Traveloka di dalam Pla Store.
  2. Setelah itu login atau melakukan registrasi terlebih dahulu
  3. Apabila sudah dilakukan, buka menu e-tiket serta masuk ke menu “Check in online”.
  4. Pertama kamu aka diperlihatkan halaman mengenai persyaratan dan juga kebijakan mengenai check in online ini. Jika sudah paham, ceklis “setuju”.
  5. Setelah itu, kamu akan masuk ke dalam menu data-data yang harus kamu isi termasuk kursi yang kamu inginkan. Setelah itu klik “Check In”.
  6. Jika sudah selesai, kamu akan mendapatkan boarding pass dan akan dikirimkan melalui email
  7. Kamu telah berhasil melakukan chek in melalui aplikasi traveloka.

Itulah cara cek in online pesawat menggunakan website dan juga aplikasi Android. Dengan adanya chek in online, hal itu menunjukan bahwa fungsi website bagi perusahaan sudah mulai dipahami. Selain itu, maskapai penerbangan pun sudah menyadari manfaat jaringan komputer untuk kepentingan pelanggan dan juga administrasi perusahaan tersebut. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi lebih pada kamu.

, , , ,