Inilah Cara Mengecek Plagiarisme Online Gratis

Plagiarisme merupakan sebuah tindakan peniruan yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok terhadap suatu karya orang lain secara keseluruhan lalu karya tersebut diklaim sebagai karya sendiri. Suatu karya dianggap sebagai plagiat jika tingkat kemiripan mencapai lebih dari 80%. Plagiarisme sendiri juga bisa dianggap pencurian dalam bentuk ide.

ads

Dalam kasus saat ini, plagiat lebih banyak ditemukan dalam bentuk tulisan. Tulisan-tulisan yang telah dibuat sangat rentan terhadap plagiarisme. Sebab, teknis pemeriksaan karya plagiat dalam bentuk karya tulis cukup sulit dilakukan. Selain karena acuannya yang memang susah didapatkan. Waktu untuk melakukan pemeriksaan pun cukup lama karena harus memastikan sumber mana yang dia ambil. Itu pun belum ditambah apakah sumbernya yang dia ambil bisa dipertanggung jawabankan atau tidak.

Ditambah lagi, dengan semakin maju perkembangan jaringan komputer, kasus plagriarisme karya tulis semakin dipermudah dengan mencari sumbernya di internet. Bahkan sudah ada istilah sendiri dalam kasus plagiat karya tulis yang dinamakan “kopi-paste”. Istilah tersebut merujuk kepada sebuah fungsi tombol keyboard komputer yang artinya kamu dapat menyalin atau “Copy” banyak tulisan dari berbagai sumber, lalu timpahkan atau “Paste” dalam sebuah file hanya dalam beberapa klik saja. Tentunya hal tersebut merupakan dampak positif dan negatif internet dalam kehidupan sehari-hari. di satu sisi menguntungkan karena mendapatkan informasi yang berlimpah, tapi di sisi lain juga merugikan karena plagiarisme ini.

Untungnya saja, para pengembang aplikasi melihat hal tersebut sebagai peluang untuk melawan para plagiat. Caranya adalah dengan menciptakan aplikasi-aplikasi untuk memeriksa tingkat plagiarisme karya seseorang atau kelompok. Untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya, berikut cara mengecek plagiarisme online gratis.

  • SmallSEOtools

Aplikasi ini sering digunakan oleh para blogger untuk mengetahui tingkat plagiarisme dalam suatu karya tulis. Aplikasi SmallSEOtools ini masih bisa digunakan dalam bentuk website dan belum dibuat versi desktop maupun mobile. Aplikasi ini juga sering digunakan oleh para blogger karena kemudahannya dan tentunya juga gratis dengan fitur yang cukup lengkap.

Untuk cara menggunakannya berikut adalah tahapannya

  1. Pertama-tama kunjungi website SmallSEOtools
  2. Lalu, pilih bagian plagiarism checker
  3. Nanti akan muncul halaman untuk mengecek tingkat plagiatnya. Batas kata yang bisa dimasukan pada kotak ceknya adalah 1000 kata. Jika kamu mempunyai jumlah tulisan yang lebih dari 1000, maka harus dibagi dua.
  4. Copy dan paste karya tulis ke dalam kotak cek yang sudah disediakan atau cara yang kedua yakni import karya tulisan yang dalam bentuk word.
  5. Setelah itu klik “Check Plagiarism”.
  6. Nantinya akan muncul indikator warna berapa persen tingkat plagiatnya. Jika berwarna hijau, berarti tulisan tersebut bebas plagiat. Sedangkan jika berwarna merah, maka tulisan itu mengandung plagiat. Hebatnya lagi akan ditunjukan tulisan mana  yang mengandung plagiat dan jika kamu klik tulisan itu, akan diarahkan langsung pada sumber plagiat.
  • Copyscape

Aplikasi yang kedua adalah Copyscape. Copyscape juga merupakan aplikasi dalam bentuk website yang dapat kamu gunakan sebagai aplikasi anti palgiarisme. Selain keunggulannya dalam mendeteksi plagiat pada tulisan. Copyscape juga dapat digunakan sebagai alat untuk mendeteksi situs yang terindikasi plagiat juga. Hanya saja, untuk dapat menikmati fitur itu harus menggunakan versi berbayar. Sedangkan untuk versi gratis hanya dapat menggunakan fitur untuk cek plagiarisme karya tulis.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Jika kamu memiliki tulisan yang sudah dimuat pada sebuah website, copy alamat websitenya dan paste pada kotak “search” yang sudah disiapkan. Lalu klik “Go”. Nanti akan muncul halaman yang berisi link mana saja yang menjadi sumber plagiatnya. Jika kamu menginginkan fitur yang lebih kompleks, bisa menggunakan versi premiumnya.

  • Plagscan

Aplikasi berikutnya adalah Plagscan. Sama halnya dengan situs-situs plagiarisme lainnya, situs juga digunakan sebagai ala untuk mengecek tingkat plagiat karaya tulis di internet. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut :


  1. Pertama-tama kamu harus membuat akun terlebih dahulu
  2. Setelah kamu membua akun, maka kamu akan diarahkan pada halaman yang nantinya digunakan untuk mengecek karya tulis.
  3. Cara mengeceknya dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, import file. Kedua copy-paste dan yang ketiga dari link web. Pilhlah dari ketiga cara tersebut.
  4. Setelah itu klik “Check” dan sistem akan memroses tuisannya.
  5. Setelah selesai melakukan proses, akan muncul hasil laporannya, klik “report”
  6. Di sana akan ditunjukan tulisan mana saja yang terindikasi plagiat atau tidak. Jika tulisan berwarna merah, maka tulisan tersebut adalah plagiat. Jika kamu klik tulisan tersebut, maka akan diarahkan ke link website asal plagiat.

Sayangnya untuk versi gratisnya memilki keterbatasan kredit sebanyak 20 kredit. Jika kreditnya sudah habis, kamu harus menggunakan versi premium untuk dapat menggunakan fiturnya.

  • Unicheck

Aplikasi selanjutnya adalah Unicheck. Unicheck sendiri merupakan aplikasi yang juga cukup banyak digunakana oleh orang-orang, terutama para akademisi, penulis, dosen, dan bahkan samapi editor sekalipun. Kelebihan yang paling utama adalah dari sisi detail pengecekan kata-katanya. Aplikasi ini dapat mencari sumber di internet hingga mencapai 16 miliar halaman. Hanya saja untuk versi gratis, kamu dapat menggunakan aplikasi ini selama 14 hari saja. Selain itu jumlah kata yang bisa di cek pada aplikasi ini sebanyak 275 kata.

Itulah cara mengecek plagiarisme online gratis yang bisa kamu manfaatkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang banyak.

, , , ,