Home » Tekno » Telekomunikasi » 7 Fitur Tersembunyi Ios 10 yang Jarang Diketahui

7 Fitur Tersembunyi Ios 10 yang Jarang Diketahui

by Elang Hendy Subrata

Ios merupakan sebuah jenis Sistem Operasi Komputer buatan Apple yang cukup terkenal. Semenjak diluncurkan sekitar tiga tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2016,  sistem operasi ini cukup diminati oleh sebagian konsumen khususnya bagi penggemar Apple.

Hal itu disebabkan banyak fitur-fitur yang diperbaharui sehingga banyak pengguna yang merasa terbantu dengan fitur-fitur tersebut. Ditambah lagi, ada bebeapa fitur tersembunyi yang bisa membantu Anda dalam memaksimalkan potensi Iphone yang menggunakan Ios 10 ini. jika Anda ingin mengetahuinya lebih dalam, berikut ulasan Fitur Tersembunyi Ios 10.

1. Fitur Voicemail Transkripsi  

Fitur Tersembunyi Ios 10 pertama adalah adanya sebuah transkrip yang menggunakan pesan suara. Fungsi ini bisa digunakan pada saat ada seseorang yang mengiriman pesan suara pada Anda. Ketika seseorang mengirimkan pesan suara, maka pada Iphobe yang menggunakan sistem Ios 10 akan menuliskan isi pesan tersebut secara otomatis. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, Anda harus menyentuh pesan suara lalu Anda baru bisa membaca hasil transkrip pesan suara yang diterima. Baca juga mengenai fitur-tersembunyi-hp-samsung, ciri-ciri-motherboard-hp-rusak, cara-menghilangkan-jamur-di-body-metal-hp, dan processor-hp-yang-bagus-untuk-game.

2. Menghapus Aplikasi bawaan

Aplikasi bawaan dari pabrikan ponsel terkadang ada yang tidak pernah kita gunakan. Untuk menghapus aplikasi bawaan pun terkadang sangat susah dilakukan. Untunglah bagi Anda yang ponselnya sudah menggunakan Ios 10 sebab di dalam sistem operasi ini terdapat fitur untuk menghapus aplikasi bawaan dari pabrikan dengan cukup mudah.

Cara untuk menghapusnya pun cukup mudah. Pertama Anda cari terlebih dahulu aplikasi mana yang akan dihapus. Setelah menemukannya, tahan agak lama pada aplikasi tersebut agar muncul tanda silang yang ukurannya kecil. Setelah tanda silangnya sudah muncul, barulah Anda tekan tanda silang tersebut. Secara otomatis aplikasi akan terhapus dengan data-data di dalamnya. Akan tetapi, tidak semua aplikasi bawaan dapat dihapus dengan mudah sehingga hal tersebut cukup disayangkan.

3. Opsi tutup semua tab pada browser safari

Browser Safari merupakan salah satu browser terbaik bawaan buatan Apple untuk setiap perangkatnya. Tak terkecuali pada perangkat Iphone. Akan tetapi pada Iphone yang menggunakan sistem operasi Ios 10 terdapat fitur rahasia pada Browser Safari. Fitur tersebut memungkinkan tab dapat ditutup semua dengan sekali tekan. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi capek-capek menutup tab satu persatu. Caranya pun cukup mudah. Anda tinggal buka tab, lalu akan muncul “Close Tab … tab”. Titik-titik tersebut menujukan jumlah tab yang dibuka sehingga jika jumlah tab ada 8, maka 8 tab akan tertutup semua dalam satu kali klik.

4. Fitur fingerprint untuk membuka kunci

Pada Iphone yang menggunakan sistem operasi Ios 10, Anda dapat menggunakan sistem kunci layar menggunakan fingerprint. Hal ini cukup mutakhir karena pada sistem operasi sebelumnya, cara membuka kunci layar adalah dengan cara standar, yakni menekan tombol Home. Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah Anda masuk ke bagian setting yang berada di bagian Accessibilty. Setelah itu, tekanlah tombol Home. Selanjutnya Anda aktifkan fungsi Fingerprint. Setelah fitur fingerprint telah Aktif, Anda tinggal tempelkan saja hari Anda yang telah di scan sebelumnya.

5. Penambahan tombol back

Fitur yang sangat berguna lainnya untuk Anda adalah penambahan tombol back yang lokasinya persis di samping kiri di bagian notofikasi Wi-Fi. Tombol back ini sangat penting ketika Anda membuka aplikasi lain namun tidak ingin menutup aplikasi sebelumnya. Contohnya saja ketika Anda membuka aplikasi browser tapi di saat bersamaan Anda juga ingin membuka aplikasi pesan tanpa menutup aplikasi browser, maka Anda tinggal tekan saja tombol back dan bukalah aplikasi pesan.

6. Aktifkan fitur kamera

Biasanya ketika kita ingin membuka aplikasi kamera saat ponsel dalam keadaan terkunci, maka kita cukup geser atau usap jari kita pada icon kamera. Akan tetapi, pada Iphone yang menggunakan Ios 10, kita tidak dapat menemukan ikon kamera pada saat ponsel dikunci. Meskipun begitu sebetulnya ada cara pintas untuk masuk ke aplikasi kamera saat ponsel terkunci, yakni usap jari Anda ke kanan. Secara otomatis aplikasi kamera akan terbuka.

7. Notifikasi telepon saat berkendara

Pada saat kita sedang mengendarai sepeda motor atau mengendarai mobil dan kita menerima telepon, maka hal yang biasa kita lakukan adalah berhenti lalu memeriksa siapa yang menelepon. Akan tetapi, pada sistem Operasi Ios 10 ini, kita tidak perlu melakukan lagi hal tersebut. Sebab asisten digital pada Iphone akan mengumumkan siapa yang menelepon Anda. Hal ini tentunya membuat kita lebih tenang jika ada nomor asing menelepon, maka kita bisa mengabaikannya.

Untuk dapat mengaktifkan asisten digital ini, kita masuk ke bagian setting. Setelah itu, masuklah ke bagian Phone dan masuk juga ke bagian Announce Calls. Anda tinggal aktifkan saja apakah memilih “Always”, “Headphone & Car”, dan “Headphone only” saat ada telepon yang masuk. Setelah diaktifkan, maka asisten digital dapat digunakan.

Itulah 7 fitur tersembunyi Ios 10 yang belum banyak diketahui. ANda bisa membaca referensi lainnya mengenai Iphone seperti cara mengecek IMEI Iphone secara online dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like