Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » 5 Tips Memilih Casing PC Gaming yang Aman dan Kuat

5 Tips Memilih Casing PC Gaming yang Aman dan Kuat

by Elang Hendy Subrata

Umumnya, saat kita akan membeli sebuah PC terutama PC gaming, kita akan lebih memilih komponen-komponen komputer penting secara umum. Contohnya seperti RAM komputer, VGA, CPU, Harddisk, dan semacamnya. Namun, bagaimana dari sisi casing?

Banyak pengguna yang bahkan tidak begitu peduli dengan casing PC, terutama pada bagian CPU. Padahal, casing CPU juga sangat berpengaruh terhadap kinerja beberapa komponen-komponen di dalamnya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengetahui apa saja hal penting yang harus dilihat saat akan memilih casing PC, berikut ulasan Tips Memilih Casing PC.

1. Pilih desain yang cocok untuk mengeluarkan panas

Desain pada casing PC bermacam-macam. ada yang terlihat sangat keren sampai casing yang terlihat biasa saja. namun, hal yang paling ditekankan pada bagian desain ini adalah fungsi utamanya, yakni menjaga suhu komponen komputer. Seperti yang telah diketahui bahwa PC gaming dapat membuat kinerja pada setiap komponen bekerja ekstra keras. Otomatis, setiap komponen akan sering mengeluarkan hawa panas saat kita bermain game di PC. Nah jika kita memilih desain PC yang sangat buruk dalam mengeluarkan hawa panasnya, maka sudah pasti komponen komputer akan semakin panas. Akibatnya, PC akan terkena overheat dan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Maka dari itu, bagian ini sangatlah penting.

2. Ukuran casing

Hal ini juga berhubungan dengan poin pertama, hanya saja bagian ini lebih fokus pada bagian ukurannya. Memilih ukuran casing juga sangat berpengaruh karena berhubungan dengan jumlah komponen pada bagian CPU. Jika kita memilih casing yang ukurannya lebih besar, maka setiap komponen akan diberikan ruang nafas yang lebih baik. Ditambah lagi, jiak Anda memilih ukuran casing yang besar, Anda bisa melakukan upgrade suatu saat nanti tanpa perlu ganti casing.

Sebaliknya, jika Anda memilih ukuran casing yang kecil atau sedang, setiap komponen akan sulit diberikan nafas sehingga dikhawatirkan setiap komponen akan terjadi korsleting listrik karena potensi saling bersentuhan akan semakin besar. meskipun begitu, hal ini dikembalikan lagi dengan kebutuhan Anda sendiri apakah lebih menginginkan casing yang kecil, menengah, atau besar.

3. Kemudahan dalam pengaturan kabel

Setiap komponen komputer selalu dihubungkan dengan menggunakan kabel-kabel. Nah, posisi setiap kabel ini juga harus diatur dengan  baik dan ini juga berpengaruh dengan poin kedua serta poin ketiga sebelumnya. Tidak peduli seperti apa ukuran maupun jenis casing yang digunakan, jiak manajemen kabelnya buruk maka hal ini akan berpengaruh buruk terhadap aliran data, bahkan kualitas perangkat itu sendiri.

Selain berhubungan dengan kinerja, pengaturan kabel yang enak pun juga dapat menambah estetika. Saat ini cukup tren casing PC yang bagian sampingnya tidak tertutupi atau menggunakan penutup yang transparan. Bisa kita bayangkan jika kita melihat kabel yang berantakan di dalam CPU membuat kita pun tidak nyaman melihatnya. Oleh sebab itu pilihlah casing PC yang dapat membantu Anda dalam mengatur kabel-kabel komponen komputer agar terlihat lebih rapi.

4. Slot Optical Drive Bay

Optical Drive atau slot untuk pemutar CD atau DVD juga perlu Anda perhatikan. Apakah Anda membutuhkan slot ini atau tidak? Hal ini disebabkan setiap casing PC ada juga yang tidak menyediakan slot DVD Drive. Memang saat ini penggunaan Optical Drive tidak begitu digandrungi oleh beberapa orang. Di zaman sekarang, jika kita ingin mengirimkan file besar sudah dapat dilakukan melalui email.

Bahkan jika kita ingin menyimpan data backup pun sudah ada sistem cloud server yang jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan CD maupun DVD. Begitu juga jiak kita ingin file game pun dapat download  atau membelinya pada situs-situs internet seperti Steam. Akan tetapi, hal ini dikembalikan pada kebutuhan Anda sendiri. Apalagi jika Anda gunakan PC untuk kegiatan lain seperti untuk kegiatan berjualan, atau bisnis, optical drive masih perlu dibutuhkan oleh beberapa orang.

5. Akses kipas tambahan

Dalam sebuah PC gamer, keberadaan kipas sangat dibutuhkan. Bisa kita bayangkan betapa panasnya komponen komputer saat kita gunakan untuk bermain game. Maka dari itu, fungsi kipas adalah untuk mendinginkan komponen agar suhunya tetap terjaga. Namun, satu kipas terkadang tidak cukup untu mendinginkan beberapa komponen. perlu ada slot tambahan untuk kipas selanjutnya pada komponen yang lain. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih casing yang memiliki slot tambahan untuk kipas. Namun, jangan sampai ventilasi untuk pengeluaran hawa panas komputer menjadi terhambat.karena penambahan kipas tambahan ini.

Itulah 5 tips memilih casing PC gaming yang aman dan kuat. Apabila saat pembelian casing PC selalu tersetrum listrik, sebaiknya Anda pelajari penyebab casing PC nyetrum di berbagai sumber terpercaya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan pembaca semuanya.

You may also like