Home » Hardware » 5 Tips Memilih Earphone yang Bagus Sebelum Membelinya

5 Tips Memilih Earphone yang Bagus Sebelum Membelinya

by Elang Hendy Subrata

Penggunaan earphone saat ini sudah sangat umum digunakan oleh banyak orang. Biasanya, earphone lebih banyak digunakan untuk aktivitas hiburan seperti mendengarkan musik, menonton video, dan juga bermain game. Saat kita membeli smartphone, akan selalu terdapat earphone bawaan sebagai salah satu aksesoris dalam penjualannya.

Akan tetapi, kualitasnya yang standar terkadang membuat kita ingin membeli earphone baru yang dapat mengeluarkan suara yang lebih bagus. Sebelum Anda asal membeli earphone, sebaiknya simak terlebih dahulu beberapa Tips Memilih Earphone berikut ini.

1. Perhatikanlah jenis musik yang sering didengar

Setiap musik memilik genre yang berbeda-beda. Begitu juga dengan jenis earphone yang dipakai. Umumnya, earphone yang bagus adalah earphone yang sesuai dengan jenis musik didengar. Contohnya saja musik hip-hop dan metal lebih cocok dengan earphone yang jenisnya warm atau mempunyai output suara yang lebih cenderung bass. Hal tersebut disebabkan suara vokal akan jauh lebih pelan jika dibandingkan suara pada bass. Contoh lainnya adalah musik Rok dan musik Klasik, pada jenis musik Rok dan Klasik akan jauh lebih pas pada earphone yang tipenya bright. Sebab, tipe earphone bright dapat mengeluarkan suara yang lebih treble.

2. Kenyamanan Earphone

Earphone saat ini memiliki jenis yang lebih bermacam-macam. ada jenis earphone yang menutupi seluruh lubang telinga, ada yang memiliki jenis standar, dan masih banyak jenis earphone lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan Anda saat menggunakan earphone. Tentu akan menjadi sia-sia jika Anda menggunakan earphone namun telinga Anda tidak nyaman atau cepat pegal. Maka dari itu, desain dari earphone sangat berpengaruh.

3. Earphone kabel atau Earphone Wireless

Seiring dengan perkembangan zaman, earphone saat ini pun tidak hanya menggunakan kabel saja. Banyak juga earphone yang menggunakan jenis wireless untuk pilihan yang bisa Anda pilih. Keunggulan dari earphone wireless ini adalah tidak perlu repot-repot mengatur kabel saat digunakan maupun setelah digunakan. Akan tetapi, kelemahan yang sering terjadi pada earphone wireless adalah rentang waktunya yang tidak bisa lebih lama. Umumnya earphone wireless tidak bisa tahan lebih dari satu jam.

Sedangkan pada earphone kabel, keunggulannya tentu lebih lama digunakan. hal itu tergantung kekuatan baterai perangkat yang digunakan. hanya saja kelemahan dari earphone kabel ini adalah pengaturan kabelnya saat digunakan maupun tidak digunakan yang terkadang sangat merepotkan. Apalagi jika kabel sampai berbelit-belit bisa membuat earphone cepat rusak. Maka dari itu, sekali lagi ini sangat tergantung pada kebutuhan Anda sendiri.

4. Fitur tambahan pada Earphone

Earphone pun tidak hanya digunakan untuk mendengarkan lagu saja. beberapa brand membuat Earphone yang memiliki fitur-fitur unik untuk menarik pelanggan. Contohnya seperti fitur Noise cancellation. Fitur ini memungkinkan Anda lebih menikmati musik tanpa terganggu suara-suara lingkungan sekitar. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin mendengarkan musik, video, atau bermain game di kendaraan umum.

Selain itu, fitur-fitur seperti sensitifitas suara juga bisa Anda pertimbangkan. Sensivitas suara ini memungkinkan Anda untuk tidak harus menaikkan volume karena suaranya bisa kencang terdengar meskipun Anda menggunakan volume yang kecil.

Fitur selanjutnya yang mungkin membuat Anda menginginkannya adalah fitur suround system sound. Surround ini membuat suara yang dihasilkan lebih “luas”. Sistem sound seperti ini biasa digunakan pada bioskop-bioskop, namun beberapa produsen ada yang membuat earphone menggunakan sistem ini. dengan adanya fitur suround ini Anda akan seolah-olah mendengarkan musik, video, atau bermain game dari berbagai sumber.

5. Anggaran yang Anda miliki

Hal yang paling penting lainnya Tips Memilih Earphone adalah anggaran yang Anda miliki. Janganlah Anda memaksakan ingin membeli earphone baru yang memiliki banyak fitur namun anggaran yang dimiliki tidak tercukupi. Belilah earphone yang sesuai dengan anggaran yang ada dan jangan sampai Anda menghabiskan semuanya. Sebab kita tidak tahu apakah nantinya akan ada pengeluaran apa yang tidak terduga. Maka dari itu, bijak-bijaklah dalam mengeluarkan uang.

Itulah 5 tips memilih earphone yang berkualitas baik sebelum membelinya. Menggunakan earphone memang sangat menyenangkan karena kita dapat menikmati suara yang keluar dari perangkat yang kita gunakan. Ditambah lagi setiap detail suara akan jauh lebih terasa saat menggunakan earphone dibandingkan memakai speaker.

Selain melalui earphone, anda juga bisa menggunakan perangkat lain seperti headset, terutama headset gaming. Jika Anda tertarik untuk membeli headset gaming, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu tips memilih headset gaming yang berkualitas baik serta nyaman digunakan. jika Anda belum tahu cara menggunakan headset tipe wireless seperti Headset bluetooth, Anda juga perlu mempelajari cara menggunakan headset Bluetooth pada perangkat laptop, PC, maupun smartphone. Akan tetapi, jangan terlalu sering menggunakan headset maupun earphone karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan telinga. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.  

You may also like