9 Cara Menggunakan Headset Bluetooth Pada Laptop Dan Pc

Headset Bluetooth merupakan headset yang menggunakan sambungan bluetooth untuk melakukan penyambungan koneksi antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lainnya. Bluetooth Headset memungkinkan penggunaan koneksi wireless diantara headset dengan perangkat yang memiliki fitur bluetooth seperti laptop atau HP pada umumnya. Bagi anda yang mungkin belum terlalu memahami perkembangan teknologi dari bluetooth, secara singkat Bluetooth merupakan sebuah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan berbagai perangkat antara yang satu dengan yang lainnya dengan menggunakan media komunikasi radio frekuensi jangka pendek yang mudah dan juga efisien.

ads

Bluetooth merupakan standar teknologi yang digunakan untuk menukarkan data pada jarak jangka yang pendek. Bluetooth dapat digunakan selama perangkat yang disambungkan masih belum melebihi batas jangkauan yang dimiliki oleh perangkat Bluetoothnya. Ditemukan oleh telecom vendor Ericson di tahun 1994, awalnya penggunaan bluetooth merupakan sebuah pilihan yang dilihat hanya sebagai penggunaan wireless  pengganti dari penggunaan kabel data RS-232 pada perangkat tersebut.

Dengan teknologi ini, anda dapat melakukan koneksi hingga mencapai 7 buah macam koneksi secara bersamaan, yang mencakup perangkat handphone, headsets, camera, perangkat GPS, printer, keyboard, handheld computer, dan mobil yang memiliki fitur Bluetooth. Fungsi bluetooth pada komputer biasanya digunakan untuk menyambungkan perangkat keyboard, mouse, keyboard ataupun perangkat wireless lainnya yang memiliki sambungan bluetooth. Dalam kasus penggunaan bluetooth pada mobil, sebuah headset memungkinkan para pengguna mobil untuk menggunakan handphone melalui sistem audio mobil dan pada sebuah layar navigasi onboard.

Sebuah headset bluetooth merupakan perangkat yang sederhana yang cukup ringan, dengan berbagai macam model yang diantaranya kebanyakan memiliki berat sekitar 30 g. Penggunaan headset bluetoothmemungkinkan penggunanya untuk menggunakan telepon tanpa harus menggunakan sambungan kabel, bahkan jika perangkat handphone anda sedang berada dalam tas, kantong, atau di sudut ruangan. Dengan keluarnya versi Bluetooth yang makin terbaru, sangatlah penting untuk pengguna headset untuk memastikan bahwa perangkat Bluetooth mereka kompatibel untuk digunakan satu sama lain.

Penggunaan Bluetooth yang Umum

Penggunaan perangkat headset bluetooth ataupun perangkat lainnya yang memanfaatkan fitur bluetooth sebagai sambungan koneksinya memungkinkan para penggunanya tidak repot – repot dengan kabel yang melilit yang bisa dialami pengguna headset ataupun perangkat lainnya yang menggunakan kabel. Penggunaan perangkat bluetooth dibatasi dengan jarak jangkauan maksimal 10 meter antara perangkat yang digunakan dengan perangat yang disambungkan. Tentu sebelum dapat digunakan pada perangkat bluetooth atau laptop pengguna harus setidaknya mengetahui cara menginstall bluetooth di laptop.

Menggunakan headset memang memudahkan kita dalam menikmati musik tanpa perlu mengganggu orang lain. Selain itu headset juga dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi menggunakan telepon meski sedang berkendara.


Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Untuk dapat mengubungkan headset bluetooth ke perangkat yang singin kita sambungkan, hanya dengan memasukkannya ke dalam colokan perangkat yang disambungkan tidak akan bisa membuat perangkat bluetooth anda untuk digunakan. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan sebelum anda bisa menggunakan perangkat bluetooth anda. Jika anda mengalami kesulitan akan hal tersebut anda dapat mencoba langkah – langkah berikut untuk menggunakan headset bluetooth anda pada perangkat laptop.

  1. Tentu sebelum memulainya anda harus memiliki laptop  atau komputer yang memiliki perangkat bluetooth didalamnya. (Jika komputer anda tidak memiliki perangkat bluetooth yang terpasang didalamnya, anda dapat membeli perangkat bluetooth eksternal yang dapat dipasangkan pada komputer anda. Ini merupakan salah satu alternatif dari cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya.)
  2. Jika anda sudah yakin laptop atau komputer anda sudah memiliki perangkat bluetooth jangan lupa untuk memastikan laptop atau komputer anda telah memiliki driver yang sesuai dengan perangkat bluetooth yang dipasang. Dengan memiliki driver yang cocok dengan perangkat bluetooth yang dipasang akan memungkinkan komputer atau laptop anda menggunakan fitur bluetooth anda dengan maksimal. Anda dapat mencoba cara instal driver tanpa cd jika anda kesulitan dalam melakukan proses penginstallan driver pada laptop atau PC anda.
  3. Setelah anda yakin bluetooth dan drivernya telah terpasang dengan baik dan benar. Kita bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Buka jendela perangkat bluetooth yang ada pada komputer anda. Pada penggunaan Windows anda dapat membukanya dengan mencari menu Bluetooth pada search menu yang ada pada menu start.
  4. Setelah jendela bluetooth telah terbuka anda akan melihat perangkat apa saja yang tersambung dengan perangkat laptop atau PC anda.
  5. Jika perangkat bluetooth headset anda telah terdeteksi pada laptop atau komputer anda, selanjutnya pilih dan klik next untuk melanjutkannya.
  6. Kemudian akaun muncul pesan yang menyatakan bahwa perangkat telah dipasangkan dengan komputer atau laptop anda.
  7.  Pada saat ini headset bluetooth anda masih belum bisa digunakan. Untuk melanjutkannya anda perlu melanjutkan beberapa langkah lagi.
  8. Buka display bluetooth yang terpasang pada laptop atau komputer anda. Nantinya akan muncul perangkat yang siap untuk dipasangkan. Klik kanan menggunakan mouse atau touchpad laptop anda pada bagian perangkat headset yang terlihat di Jendela yang terbuka.
  9. Selanjutnya klik connect untuk menyambungkan headset bluetooth anda pada komputer atau laptop yang digunakan.

Langkah – langkah cara menggunakan headset bluetooth pada laptop anda agar berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi jika masih terdapat beberapa permasalahan pada penggunaan headset bluetooth anda , coba ikuti langkah – langkah berikut.

  • Jika suara pada komputer atau laptop anda masih belum muncul pada headset bluetooth yang telah anda pasangkan tadi, malah keluar dari speaker yang terpasang pada komputer atau laptop anda. Klik kanan pada icon volume di system tray OS Windows anda.
  • Dari sana klik playback device. Nantinya akan muncul jendela baru yang memperlihatkan speaker yang aktif. Anda perlu mengubah pilihan defaultnya menjadi dvice headset bluetooth yang anda sudah pasangkan tadi. Kemudian klik OK.
  • Jika anda ingin mengembalikan pengaturannya seperti semula, anda tinggal mengulangi kembali pengaturan yang sudah dibahas tadi. Jika masih tidak bisa anda dapat mencoba cara mengatasi sound pc tidak bunyi.

Sebagai pengguna headset perlu diingat juga bahwa menggunakan headset terlalu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan., terutama bagi kesehatan telinga. Ada banyak kasus dimana orang – orang mengalami kerusakan pendengaran karena menggunakan headset dengan jangka waktu yang lama. Tentu sebagai pengguna yang bijak anda tidak ingin mengalami hal itu. Gunakanlah headset untuk mendengarkan musik atau aktifitas lainnya dengan jangka waktu yang tidak berlebihan.

Itu tadi pembahasan mengenai pembahasan mengenai cara menggunakan headset Bluetooth pada laptop dengan mudah pada laptop atau pc

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hardware