3 Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetoothnya

Bluetooth adalah salah satu jenis perangkat koneksi yang dewasa ini banyak digunakan oleh berbagai macam orang untuk menghubungkan perangkat yang mereka miliki. Mulai dari telepon genggam sampai dengan laptop atau komputer, bluetooth menjembatani koneksi yang diperlukan oleh berbagai perangkat tersebut secara cepat dan relatif lebih mudah apabila dibandingkan dengan menggunakan kabel ataupun mengandalkan koneksi yang lainnya.

ads

Dengan kemudahan dalam menggunakan bluetooth itulah, maka kita perlu memastikan bahwa perangkat laptop atau komputer yang kita miliki mampu menghubungkan perangkat-perangkat lain yang perlu untuk dihubungkan. Oleh karena itulah apabila perangkat keras kita pada awalnya tidak memiliki perangkat keras bluetooth, maka kita pun harus mengetahui bagaimana cara untuk memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya atau cara menginstall bluetooth di laptop. Apakah kamu telah mengetahui bagaimana cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya? Apabila kamu belum mengetahuinya, maka tentu saja kamu harus membaca artikel yang satu ini sampai tuntas!

Berikut ini adalah beberapa cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya, yang bisa kamu terapkan di laptop yang kamu miliki.

1. Memasang bluetooth di motherboard laptop

Salah satu cara memasang bluetooth yang bisa kamu lakukan di laptop yang tidak ada bluetoothnya adalah dengan memasang perangkat bluetooth tambahan di dalam motherboard laptop yang kamu miliki. Cara yang satu ini cukup beresiko apabila kamu tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengubungkan antara perangkat keras bluetooth yang kamu beli dengan motherboard laptop yang kamu miliki. Apabila kamu salah menghubungkan, bisa saja kerusakan yang cukup parah terjadi pada motherboard yang kamu miliki. Oleh karena itulah kamu harus benar-benar hati-hati untuk melakukannya.

Akan tetapi cara ini memiliki keunggulan, yaitu perangkat bluetooth yang kamu miliki bisa terpasang secara internal dan bisa dibawa ke mana saja karena sudah tertanam di dalam laptop yang kamu miliki. Apabila kamu ingin mencoba cara yang satu ini, perlu diperhatikan dengan betul kecocokan dari perangkat keras bluetooth yang ingin kamu coba hubungkan dengan motherboard yang kamu miliki. Apabila tidak cocok, maka sekalipun kamu telah berhasil membongkar laptopmu dan mencoba untuk memasangnya, akan tetapi tetap saja perangkat keras yang kamu miliki tersebut tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Apabila kamu tidak bisa melakukan pemasangan secara mandiri, maka kamu bisa memanfaatkan jasa tukang service komponen laptop untuk memasangkan perangkat bluetooth di motherboard yang kamu miliki. Akan tetapi, harap dicatat sekali lagi bahwa cara yang satu ini sangat mengandung resiko, lakukanlah dengan menyadari risko tersebut. Akan tetapi, apabila risiko yang terlalu besar tersebut tidak bisa kamu atasi dengan baik, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan cara yang lain untuk memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya di bawah ini. Jangan lupa untuk mempelajari bagaimana cara menghidupkan bluetooth di laptop juga ya.

2. Memasang bluetooth dengan menggunakan perangkat dongle bluetooth

Cara kedua yang bisa kamu terapkan untuk menginstall bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya sejak awal adalah dengan memasang bluetooth dongle yang biasanya dijual di toko-toko peralatan komputer. Bluetooth dongle adalah salah satu perangkat keras yang bisa digunakan untuk menginstall perangkat bluetooth yang dijembatani dengan menggunakan koneksi USB.


Pada dasarnya, bluetooth dongle bekerja dengan cara memasang perangkat bluetooth melalui USB, layaknya pad adongle WiFi ataupun dongle yang lainnya. Perangkat dongle bluetooth cenderung mudah dipasang dan digunakan karena sifatnya yang tinggal plug-n-play. Akan tetapi, menggunakan perangkat bluetooth lewat USB tentu saja mensyaratkan agar perangkat tersebut dibawa setiap saat khususnya apabila kamu ingin menggunakan koneksi bluetooth melalui laptop yang kamu miliki.

Pada umumnya perangkat dongle bluetooth lebih cenderung dipilih untuk memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya. Hal ini disebabkan karena kemudahan, rendahnya risiko dan berbagai kelebihan lainnya yang bisa menutupi kekurangan dari penggunaan perangkat dongle, salah satunya daari segi fleksibilitas yang dimiliki. Apabila kamu lebih suka memasang bluetooth dengan praktis dan minim risiko, maka kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Akan tetapi kamu juga harus memilih perangkat dongle yang akan kamu install lo ya, karena di pasar sana banyak sekali perangkat dongle yang dijual tanpa kualitas yang benar-benar bagus.

Apabila terdapat masalah peripheral device, jangan lupa untuk melakukan cara mengatasi bluetooth peripheral device agar bisa diatasi.

3. Menginstall driver dan perangkat pendukung

Setelah kamu menentukan apakah kamu ingin menggunakan cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya dengan cara pertama atau kedua, maka cara berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan instalasi driver dan perangkat pendukung lainnya yang memungkinkan dirimu untuk memanfaatkan perangkat bluetooth yang baru kamu instal dengan baik.

Driver dan perangkat pendukung biasanya sangat diperlukan tidak peduli apakah kamu menggunakan dongle ataupun menggunakan perangkat bluetooth yang terpasang secara internal. Hal itu disebabkan karena komunikasi dengan perangkat keras bluetooth yang kamu pasang dengan sistem operasi yang kamu miliki bisa berjalan dengan sempurna apabila terdapat driver yang cocok dengan sistem operasi yang kamu miliki.

Untuk menginstall driver dan perangkat lunak lain yang kamu butuhkan, biasanya kamu bisa melakukannya dengan mudah. Pada sistem operasi Windows misalnya, kamu hanya perlu melakukan instalasi dengan cara mengklik dua kali terhadap file *.exe yang telah disediakan oleh perusahaan pembuat dongle atau perangkat bluetooth yang baru kamu pasang. Sementara itu, di sistem operasi yang lain biasanya telah tersedia cara tersendiri untuk melakukan instalasi driver dan berbagai hal lain yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras bluetooth yang kamu install dengan sempurna. Dengan driver yang tepat, kamu juga bisa menghemat baterai laptop lo, sebagai salah satu cara memperpanjang umur baterai laptop.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya dan bisa kamu coba mulai saat ini juga apabila kamu tertarik untuk memasang perangkat bluetooth pada perangkat laptopmu. Tentu saja memasang atau tidak memasang bluetooth sepenuhnya berada dalam keputusanmu, akan tetapi apabila kamu tidak sering menggunakan bluetooth, alangkah baiknya apabila kamu meminjam dongle bluetooth saja dari orang lain yang memiliki perangkat tersebut. Atau bila tidak, gunakan saja koneksi semacam USB yang biasanya juga tersedia di laptopmu. Jangan lupa untuk mempelajari pula cara memperbaiki bluetooth laptop yang rusak.

Atas beberapa pertimbangan di atas, semoga kamu bisa menentukan pilihan dengan baik, apakah kamu akan tetap memasang bluetooth di laptopmu dengan membelinya ataukah kamu melakukannya dengan cara lain sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Apa pun keputusan yang kamu pilih, jangan lupa untuk membaca artikel dari DosenIT lainnya yang pastinya sangat cocok untukmu yang minat pada dunia teknologi informasi dan komunikasi.

Selamat membaca!

, ,
Oleh :
Kategori : Bluetooth