14 Cara Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Rusak Dengan Mudah

Bluetooth merupakan media transfer data nirkabel (wireless) yang cukup populer selain pengunaan media transfer lainnya. Ini dikarenakan tingkat kemudahan dan  efisiensinya yang cukup baik bagi kebanyakan pengguna terutama pengguna handphone dan laptop. Fungsi bluetooth pada komputer  merupakan hal yang esensial apabila anda ingin mempermudah proses transfer data antar perangkat yang memiliki perangkat Bluetooth.

ads

Kebanyakan laptop saat ini telah memiliki perangkat bluetooth yang disediakan bersamaan dengan laptopnya. Oleh karena itu anda tidak perlu lagi harus repot – repot membeli adaptor eksternal untuk dapat menggunakan Bluetooth. Penggunaan Bluetooth juga sudah semakin banyak dirasakan dalam kehidupan modern saat ini, mulai dari proses transfer data, untuk memutar audio pada speaker ataupun untuk menggunakan hardware wireless seperti keyboard dan mouse wireless.

Penggunaan Bluetooth lebih dipilih oleh banyak orang karena prosesnya yang  cukup mudah dan tidak merepotkan. Mouse wireless yang memiliki permasalahan dalam bluetoothnya dapat menjadi penyebab mouse wireless tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Meskipun telah digunakan oleh banyak orang Bluetooth perlu diakui tidak terhindarkan dari permasalahan. Untuk penggunaan Bluetooth terutama pada laptop, seringkali dapat mengalami permasalahan ataupun kerusakan terutama pada sistem perangkat lunaknya. Dengan perkembangan teknologi pengembangan software hingga sekarang permasalahan ini sudah mulai teratasi.

Disini saya ingin berbagi tentang cara memperbaiki Bluetooth laptop yang rusak. Akan tetapi sebelum kita membahas tentang hal itu akan lebih baik bila kita mengenal sedikit tentang apa – apa saja penyebab Bluetooth rusak pada laptop

Penyebab Bluetooth Rusak pada Laptop

Sama seperti perangkat keras lain yang pada umumnya terpasang pada sistem komputer atau laptop. Perangkat ini juga sangat rentan akan kerusakan dan permasalahan. Banyak penggunanya yang mengeluhkan perangkat Bluetooth yang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan seringkali tidak dapat berfungsi sama sekali.

Perangkat Bluetooth yang tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya kemungkinan besar berada pada mode disabled yang membuat proses transfer data baik saat mengirimkan data atau menerima data tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Seringkali ini merupakan permasalahan yang tidak disadari oleh penggunanya. Penyebab tidak berfungsinya bluetooth dengan baik dapat dikarenakan tidak terdeteksinya perangkat Bluetooth pada laptop yang anda pakai. Ini dapat dilihat dengan tanda bahwa mode invisible Bluetooth yang  sedang aktif. Anda perlu memperhatikan cara menghidupkan bluetooth di laptop.

Selain itu penyebab lain dari tidak berfungsinya Bluetooth dengan baik pada laptop adalah gangguan yang disebabkan oleh virus, malware atau kesalahan pengaturan dari penggunanya. Permasalahan tersebut juga dapat membuat perangkat Bluetooth tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Perbaikan Bluetooth yang Rusak Pada Laptop Secara Umum.

Setelah mengenal sedikit tentang penyebab Bluetooth yang rusak pada laptop. Ini dapat dijadikan pertimbangan untuk mengetahui permasalahan pada perangkat Bluetooth anda, sebelum anda mencoba untuk memperbaikinya. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki bluetooth laptop yang rusak.

  1. Pertama buka jendela Service Windows pada Laptop anda.
  2. Untuk melakukan itu pilih tombol Start.
  3. Kemudian pada menu pencarian ketik services.
  4. Nantinya akan muncul pilihan layanan yang berkaitan dengan services, pilih “Services.exe” atau services.
  5. Selain cara yang tadi anda juga dapat menggunakan tombol Windows+R (Tekan Tombol Windows dan Keyboard R secara bersamaan).
  6. Setelah anda menekan tombol keyboard tersebut nanti akan muncul jendela kecil, disana ketik service.msc.
  7. Setelah jendela services terbuka, carilah fitur Bluetooth Support Service dan Bluetooth Service.
  8. Nanti pada bagian fitur Bluetooth Support Service lihat apakah keduanya berada dalam keadaan “Disabled” atau “Started”
  9. Apabila anda melihat statusnya dalam keadaan Disabled, maka klik kanan pada Bluetooth service, kemudian aktifkan fitur tersebut.
  10. Setelah itu pilih tombol start.
  11. Untuk dapat mengaktifkan Bluetooth secara langsung saat Windows melakukan Startup, anda dapat memilih Bluetooth Support Service, kemudian klik kanan, dan pilih properties.
  12. Lihat tab Startup Type.
  13. Dalam pilihannya pilih bagian Automatic.
  14. Setelah anda melakukan pengaturan tadi. Simpan semua perubahannya dengan menekan tombol OK.

Solusi diatas merupakan solusi terhadap permasalahan cara memperbaiki Bluetooth laptop rusak yang paling umum ditemui. Jika solusi permasalahan diatas tidak dapat menyelesaikan permasalahan pada Bluetooth laptop anda yang rusak. Mungkin saja penyebab permasalahan Bluetooth laptop anda yang rusak bukan hal yang umum ditemukan, dan bisa saja disebabkan oleh driver Bluetooth yang bermasalah.

Berikut merupakan cara memperbaiki blutooth laptop rusak yang mungkin disebabkan driver yang bermasalah.

Perbaikan Bluetooth Laptop yang Rusak Akibat Driver yang Bermasalah.

Sebelum kita membahas tentang bagaimana menyelesaikan permasalahannya anda harus memastikan kembali bahwa Bluetooth yang anda miliki benar – benar tidak berfungsi sebgaimana mestinya. Anda dapat menginstall ulang driver Bluetooh anda yang dapat diperoleh bersamaan dengan DVD penginstallan laptop anda, atau dari situs resmi penyedia perangkat laptop atau Bluetooth anda. Anda juga dapat menggunakan software pencari driver otomatis tanpa koneksi internet untuk membantu mengupdate driver pada laptop anda dengan lebih mudah.

Dalam penyelesaian cara memperbaiki bluetooh laptop yang rusak terdapat beberapa cara lagi yang dapat anda lakukan cara- cara tersebut meliputi sebagai berikut :

Mengupdate Driver Bluetooth

Driver Bluetooth yang tidak terupdate dapat memberikan masalah kepada kinerja dari perangkat Bluetooth. Untuk mengupdate driver Bluetooth, anda dapat melakukan langkah – langkah berikut :

  • Cek driver anda pada My Computer
  • Kemudian pilih fitur Device Manager
  • Klik kanan pada Driver Bluetooh yang anda gunakan
  • Klik Update Driver, nantinya Windows akan melakukan pengecekkan terhadap update yang tersedia.
  • Setelah itu proses update akan dilakukan secara otomatis.

Menggunakan software eksternal untuk mengupdate driver anda.


Menggunakan software eksternal untuk mengupdate bluetooth dapat menyelesaikan kebanyakan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan transfer data Bluetooth. Akan tetapi untuk dapat mengupdate driver Bluetooth, anda perlu menguinstall semua driver yang berkaitan dengan Bluetooth anda. Berikut merupakan langkah – langkahnya.

  • Uinstall Driver Bluetooh yang ada pada komputer anda.
  • Setelah itu restart sistem anda, nantinya sistem anda akan meminta untuk menginstall driver bluetooh anda. Pilih Ignore.
  • Kemudian download softtware Bluetooth installer yang dapat anda cari melalui situs resminya lewat Google.
  • Setelah anda mendownloadnya silahkan install dengan mengikuti petunjuk – petunjuknya.

Selain cara diatas terdapat juga cara mengatasi bluetooh peripheral device yang merupakan cara mengatasi permasalahan lainnya yang membuat Bluetooth laptop rusak. Ini dapat dilakukan apabila cara – cara diatas tidak dapat mengatasi permasalahan tersebut. Anda bisa mencoba cara tadi untuk menyelesaikan masalahnya.

Itu tadi pemabahasan mengenai cara memperbaiki bluetooth laptop yang rusak. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Bluetooth