17 Cara Menambah Ghz Processor Intel Dengan Menggunakan Overclock

Jika anda pernah mengalami situasi dimana komputer yang anda gunakan terasa lambat dan bekerja tidak maksimal, tentu anda akan merasa seperti terbebani ketika anda mengerjakan suatu tugas. Salah satu penyelesaian dari permasalahan ini adalah dengan cara menambah Ghz processor yang anda gunakan pada komputer anda. Hal ini juga dapat membenatu cara mengatasi laptop ngelag saat main game.

ads

Intel yang merupakan processor komputer yang paling umum digunakan oleh pengguna komputer merupakan salah satu processor yang dapat ditingkatkan nilai Ghz-nya untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Meskipun tidak semua macam – macam prosesor intel dapat melakukan proses untuk peningkatan tersebut.

Istilah Ghz atau gigahertz merujuk kepada satuan unit kecepatan dalam memproses informasi data yang ada di dalam komputer, hertz juga merujuk pada clock rate, atau siklus pengolahan data per detik yang dapat dilakukan pada CPU, dimana 1 Ghz setara dengan 1 juta hertz.

Upaya untuk meningkatkan frekuensi processor untuk meningkatkan kecepatan komputer melalui penambahan Ghz pada komputer juga dapat dikenal dengan sebutan Overclocking. Overclocking pada komputer akan membuat pengaturan yang dapat membantu meningkatkan performa dari suatu komputer tanpa harus mengupgrade komponen yang ada didalamnya.

Jika anda melakukan overclock nantinya anda akan melakukan pengaturan yang baru terhadap clock speed yang anda miliki pada processor anda. Overclock juga akan meningkatkan clock speed dari VGA dan motherboard yang tentu dapat meningkatkan kinerja dari performa komputer anda.  Anda juga bisa mengaturnya pada pengaturan BIOS komputer anda atau dengan menggunakan software tambahan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak semua processor itu dapat melakukan proses overclock. Jika anda memaksakan suatu processor yang salah untuk melakukan proses overclock, anda bisa merusak proecessor tersebut. Suatu processor yang tidak dapat melaksanakan overclock biasanya sudah memiliki alternatifnya pemaksimalan performa yang disebut dengan turbo boost. Secara garis besar turbo boost dapat dikatakan memiliki proses yang sama dengan over clock. Hanya saja dalam proses pengaturannya Turbo Boost sudah diperhitungkan dengan pengaturan yang membuat processornya lebih aman .

Perlu diingat pemaksaan dari overclock yang tidak dilengkapi dengan peralatan yang tidak mendukung dapat membuat processornya berpotensi mengalami kerusakan. Contohnya jika sistem pendingin pada komputer yang melaksanakan proses overclock tidak mendukung dengan baik, ini dapat membuat processor yang digunakan berada dalam potensi untuk mengalami kerusakan. Ini bisa terjadi karena processor tersebut tidak mendapatkan sistem pendingin yang baik.

Sangat penting untuk memperhatikan gejala- gejala CPU panas yang dapat memberikan efek negatif pada komputer anda. Didorong oleh kemajuan teknologi, dengan sedikit kejelian terhadap pemilihan motherboard, overclocking processor intel bukanlah suatu kendala yang besar.

Hal Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Overclock

Sebelum kita melakukan proses overclock yang merupakan cara menambah Ghz processor intel. Merupakan hal yang bijak untuk mengetahui apa saja yang perlu kita ketahui sebelum memulai proses overclock.

  • Untuk dapat melaksanakan proses penambahan Ghz Processor dengan baik anda perlu mengenal tentang motherboard serta BIOS yang digunakan pada komputer yang anda gunakan.
  • Anda juga perlu mengetahui cara me-reset kambali atau melakukan proses “clear CMOS” apabila terjadi kesalahan dalam proses Overclocking via BIOS.
  • Pelajari dan ketahui karakteristik temperatur suhu pada processor anda. Anda dapat mengetahuinya dengan  menggunakan perangkat software tambahan seperti Motherboard Monitor, CPU-Z, Aida32 atau software sejenisnya.
  • Ini sangatlah penting untuk diperhatikan karena dalam proses overclocking, nantinya akan menghasilkan temperatur yang cukup tinggi pada processor anda. Apabila tidak terpantau bisa mengakibatkan efek yang buruk pada komputer anda. Anda tentu tidak ingin mengalami gejala ciri -ciri motherboard rusak atau cpu yang rusak.
  • Pelajari dan ketahui mengenai cara kerja dan parameter- parameter yang berlaku pada software overclock yang anda gunakan. Performa yang baik akan bisa dicapai apabila pengaturan dan parameter yang dipakai benar – benar tepat  dengan  komputer anda. Kesalahan pada pengaturan overclock dapat memberikan pengaruh buruk yang dapat menjadi penyebab kerusakan motherboard ataupun cpunya.

Melakukan Overclock dengan menggunakan BIOS

Berikut merupakan langkah – langkah cara menambah Ghz dengan menggunakan Bios pada komputer anda.

  • Nyalakan atau restart komputer anda dan ikuti instruksi pada layar untuk memuat BIOS pada komputer anda.
  • Gunakan tombol navigasi pada keyboard . Dan pilih “OC Tweaker” atau “Advance” untuk AMI BIOS, pilih “Advance Chipset Features” atau “Frequency/ Voltage COntrol” untuk PhoenixBIOS. Tekan “Enter” untuk membuka menu selanjutnya.
  • Pilih “CPU Frequency Setting”, “CPU Frequency” atau pilihan yang sejenis dengan itu, dan tekan “Enter”.
  • Pilih nilai tertinggi dari pilihan yang ada, dan tekan “Enter”
  • Tekan “F10” untuk menyimpan dan keluar dari pengaturan yang ada. Untuk melakukan pengaturan diatas penting untuk memilih pilihan nilai yang sesuai dengan komputer anda agar komputer anda tetap dapat berjalan dengan stabil. Jika terdapat permasalahan atau kendala, kurangi nilai tersebut apabila komputer anda menunjukkan tanda – tanda ketidakstabilan.

Perlu diingat kembali bahwa tidak semua komputer atau BIOS dapat mendukung proses pelaksanaan Overclock pada komputer. Anda perlu membaca buku panduan yang anda miliki pada komputer atau motherboard yang anda gunakan untuk informasi lebih lanjut.

Melakukan Overclock dengan menggunakan Software XCPUScalar

XCPUScalar merupakan salah satu software tambahan yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pelaksanaan Overclock pada komputer anda. Cara menambah GHZ pada komputer dengan processor Intel dengan menggunakan software ini bisa dikatakan cukup mudah.

Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan proses Overclock pada komputer dengan menggunakan software XCPUScalar.


  1. Sebelum menggunakan software XCPUScalar anda perlu mendownload dan menginstall software ini .
  2. Setelah terinstall buka software ini untuk bisa mengakses fitur – fitur yang ada didalamnya.
  3. Untuk menambahkan Ghz processor Intel anda bisa mengklik tab speed lalu menggeser slider yang ada. Penting bagi anda untuk mengetahui kecepatan dari processor yang anda miliki sebelum melakukan proses perubahan dari nilai Ghz pada processor komputer anda.
  4. Lakukan penggeseran nilai dari yang kecil ke terbesar secara perlahan. Setelah itu tekan enter.
  5. Jika komputer anda dapat berjalan dengan stabil anda bisa menambahkan nilai tersebut sekali lagi
  6. Langkah tersebut dapat dilakukan secara bertahap hingga anda memperoleh kecepatan prosesor yang anda inginkan.
  7. Jika terdapat tanda – tanda ketidak stabilan, segera hentikan proses penambahan kecepatan Ghz yang anda lakukan dan kurangi nilai tersebut.

Dalam melakukan cara  menambah Ghz processor Intel, sangat penting untuk melakukan pengukuran kinerja dari processor yang anda gunakan. Pengukuran ini sebaiknya anda lakukan sebelum komputer mengalami overclock dan sesudahnya.

Dengan melakukan hal tersebut kita dapat mengetahui dan mengukur hasil yang pasti dari pengaturan overclock yang telah kita lakukan. Jika pengaturan dari overclock sebelumnya dapat mencapai performa yang kita inginkan.

Itu tadi pembahasan mengenai cara menambah Ghz Processor Intel. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : CPU