Home » Hardware » CPU » Kelebihan dan Kekurangan Chipset Hisilicon Kirin yang Gak Banyak Dipahami Awam

Kelebihan dan Kekurangan Chipset Hisilicon Kirin yang Gak Banyak Dipahami Awam

by Elang Hendy Subrata

Pasar smartphone saat ini terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini juga tidak terlepas dari perkembangan jaringan komputer yang juga tersus mengalami kemajuan. Berbicara mengenai brand smartphone, pastinya kamu hanya mengetahui dua macam sistem operasi yang digunakan yakni Android dan iOs dan Windows phone yang akhirnya gagal bersaing dengan dua OS tersebut.

Meskipun saat ini OS masih dikuasai oleh Android dan iOS, namun hal tersebut tidak berlaku dengan processor yang digunakan. Mungkin buat orang yang awam dalam dunia gadget hanya mengetahui Mediatek dan Snapdragon saja yang selalu bersaing dalam hal processor. Padahal masih ada lagi processor yang mulai bersaing dengan mereka yakni Exynos dan Hisilicon Kirin.

Exynos sendiri merupakan sebuah processor yang buat Samsung dan saat ini lebih banyak digunakan pada smartphone buatan negeri ginseng tersebut. Lalu bagaimana dengan Kirin? Untuk menegtahuinya berikut penjelasan lengkapnya.

Processor Hisilicon Kirin

Processor Hisilicon kirin merupakan sebuah processor yang dibuat oleh Huawei. Huawei merupakan sebuah vendor dari Tiongkok yang sudah malang melintang membuat produk-produk telekomunikasi, khsususnya modem dan smartphone. Saat ini, Huawei tidak hanya fokus membuat smartphone saja, namun meeka juga telah membuat processor sendiri yang bernama Hisilicon Kirin. Sama halnya dengan urutan procesor Exynos buatan Samsung, Hisilicon Kirin buatan Huawei juga sudah dipublikasikan sampai Kirin 980.

Jika kamu sudah mulai mengetahui apa itu processor Hisilikon Kirin, pastinya amu penasaran mengenai apa saja keunggulan processor ini. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

Keunggulan Hisilicon Kirin

  • Kecepatan proses data yang kencang

Ketika kamu sedang menggunakan smartphone, pastinya kamu mengharapkan kinerja yang cepat, baik saat memindahkan menu-menu, menghidupkan aplikasi, menggeser-geser screen menu, dan hal-lain sebagainya. Dengan menggunakan fungsi  processor ini, kamu dapat leluasa saat menggunakan smartphone. Bahkan saat kamu melakukan mutitasking atau membuka banyak aplikasi sekaligus, bermain game, menggunakan aplikasi berat, smartphone tetap kencang seperti biasa.

  • Hemat daya baterai

Salah satu hal yang paling menyebalkan saat menggunakan smartphone adalah daya baterai yang cepat habis. Hal ini sangatlah menjengkelkan apalagi ketika kita sangat membutuhkannya. Salah satu penyebab baterai smarphone cepat habis adalah faktor processor. Ketika smartphone sedang dijalankan, otomatis kinerja processor juga sedang digunakan dan processor membutuhkan daya agar dapat bekrja maksimal.

Untungnya processor Kirin ini diklaim dapat menghemat daya pada baterai smartphone. Jumlah penghematan dayanya bisa mencapai 40%. Hal tersebut terhitung sangat baik untuk ukuran processor.

  • Penggunaan Grafik yang meningkat

Kualitas grafik juga sangat berpengaruh pada smarphone. Tidak hanya sekadar bercahaya saja, tetapi juga dapat memberikan rasa nyaman pada mata. Dengan menggunakan processor ini, penggunaan grafik pada smartphone dapat ditingkatkan sehingga kualitas gambar yang dihasilkan juga lebih baik. Selain itu, garfik yang dihasilkan dengan menggunakan processor ini dapat memanjakan mata pengguna.

  • Kualitas foto lebih meningkat

Dengan dimasukannya chip Image Signal Processor (ISP), kualitas foto yang diambil dapat lebih detail. Hal ini sangat berguna untuk kamu yang suka melakukan foto-foto maupun selfie dengan kualitas kamera yang baik. Kualitas foto yang dihasilkan juga diklaim jauh lebih baik dibandingkan smartphone yang menggunakan Snapdragon.

Meskipun terlihat sempurna, processor ini juga memiliki beberapa kelemahan sebagi berikut.

Kekurangan Hisilikon Kirin

  • Harga yang mahal

Sama halnya dengan Exynos buatan Samsung, Hisislikon Kirin juga lebih difokuskan untuk smartphone tipe flagship atau smartphone yang ditujukan pada pengguna-pengguna yang memiliki budget lebih. Hal ini tidak menjadi kejutan mengingat keunggulan-keunggulan yang dimiliki menunjukan bahwa processor ini dibuat secara khusus.

  • Hanya untuk smartphone Huawei

Sama halnya dengan Samsung yang menciptakan processor Exynos untuk produk-produk Samsung. Processor Kirin ini juga diciptakan oleh Huawei hanya untuk produk-produk dari vendor Huawei saja. sampai saat ini masih belum ada kepastian apakah processor ini akan disematkan pada smartphone di luar Huawei atau tidak.

Jika kamu menginginkan sebuah smartphone dengan kualitas terbaik dan menggunakan processor yang berbeda dari smartphone pada umumnya, maka kamu perlu menggunakan smartphone buatan Huawei. Itu pun dengan catatan kamu punya budget untuk membelinya.

Meskipun saat ini processor smartphone batu memiliki 4 jenis processor saja, namun hal tersebut masih bisa berkembang. Bisa jadi di masa yang akan datang, akan muncul sebuah processor baru yang bisa bersaing dengan para pendahulunya. Bahkan processor tersebut dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat dengan kualitas setara smartphone flagship. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

You may also like