5 Urutan Prosesor Exynos Terbaik

Kecanggihan dunia teknologi komputer sudah dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Mulai dari generasi pertama yang ukurannya sebesar sebuah ruangan hingga sekarang yang dapat kita gunakan hanya sebesar jam tangan saja. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras para pengembang komputer dalam melakukan berbagai macam inovasi.

ads

Jika kita berbicara mengenai inovasi, hal pertama yang terlintas tentang inovasi dalam teknologi dan informasi adalah teknologi smartphone. Dulu tidak pernah terbayangkan bahwa ponsel yang tugasnya hanya untuk menelepon dan mengirim pesan, kini dapat melakukan hampir semua layanan pekerjaan sehari-hari. Mulai dari fitur hiburan standar seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game sampai dapat melakukan belanja secara online. Namun, hal serupa juga ternyata memiliki bahaya, seperti bahaya kecanduan internet yang kian mewabah pada kaum remaja saat ini.

Inovasi di dalam teknologi smartphone tidak hanya berhubungan dari sisi layanan saja. Inovasi juga dapat kita temukan pada bagian komponen-komponen pada smartphone, salah satunya bagian processor. Jika kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer pasti sudah mengenal dua merk processor yang terus bersaing yakni Intel dan AMD.

Hal itu juga berlaku di dunia smartphone, jika pada komputer jenis PC lebih sering dominan persaingan Intel dan AMD, maka pada smartphone, ada perbedaan mediatek dan snapdragon. Meskipun kedua processor tersebut sering bersaing, ada satu processor yang gaungnya tidak besar, namun dari sisi kualitas tidak kalah hebat dengan processor lainnya. Nama processor itu adalah Exynos.

Pasti sebahian masih asing dengan processor satu ini. Hal ini tidaklah mengherankan karena processor ini hanya diproduksi oleh Samsung dan hanya digunakan pada smartphone yang dibuat oleh Samsung sendiri. Jenis smartphone yang dapat menggunakan processor ini juga tidak sembarangan. Hanya smartphone tipe flagship yang bisa menggunakan processor ini. Beberapa keunggulan processor ini adalah berikut ini.

  • Processor ini dapat menghemat daya pada baterai smartphone meskipun pemakaiannya cukup sering digunakan.
  • Dari sisi kecepatan juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan smartphone flagship lainnya. Kecepatannya dapat mencapai 1,6 Ghz.
  • Processor Exynos memiliki keunikan tersendiri, yakni HMP. HMP adalah sebuah konfigurasi yang membuat core di dalam processor dapat melakukan tugas secara bersama-sama. Dengan begitu, kinerja pada ponsel dapat lebih optmal.
  • Penggunaan fungsi processor ini dapat memberikan kenyamanan saat pengguna membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.

Meskipun terlihat memiliki banyak kelebihan, processor Exynos ini juga memiliki kelemahan di antaranya sebagai berikut.

  • Biaya yang dikeluarkan untuk processor ini cukup mahal. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika hanya smartphone kelas atas saja yang dapat menggunakan processor ini.
  • Terkadang, jika smartphone terus menerus digunakan, kepanasan tidak dapat dihindari.

Setelah mengenal beberapa kelebihan dan kekurangan processor Exynos, berikut adalah urutan processor Exynos dari generasi ke generasi berikut ini.

  • S5PC110

Seri S5PC110 adalah seri pertama dari processor Exynos. Diluncurkan pada tahun 2010, Samsung menyematkan jenis processor ini pada smartphone Samsung Galaxy S. Pada saat itu, nama lain untuk tipe S5PC110 adalah Exynos 3 Single.

  • Exynos 4210 SoC

Setelah kesuksesan yang didapatkan pada versi Exynos 3 single, Samsung kembali membuat seri lanjutannya. Kali ini bernama Exynos 4210 SoC. Processor ini disematkan pada smartphone Samsung seri Galaxy S II. Processor ini diuncurkan satu tahun setelah seri pertama.


  • Exynos 4212

Masih pada tahun yang sama dengan poin kedua, yakni 2011, Samsung meluncurkan versi pembaharuan dari Exynos 4210 SoC, yaitu Exynos 4212. Fitur tambahan yang disematkan pada processor ini adalah penambahan frekuensi dan juga bagian grafis 3D sebesar 50 persen. Processor ini juga diklaim memiliki kualitas yang naiknya sampai 30 persen jika dibandingkan processor sebelumnya.

  • Exynos 5250/ Exynos 5 Dual

Masih pada tahun yang sama juga, Samsung kembali mengumumkan processor yang baru. Processor itu bernama Exynos 5250 yang akhirnya diganti menjadi Exynos 5 dual. Kelebihan pada processor ini terletak pada memori badwidthbta sebesar 12,8 GB/s.

Selain itu, processor ini juga dapat mengompres atau istilah dalam dunia edit video adalah “dekoder” video yang ukurannya bisa mencapai 1080p sehingga dapat menggunakan macam-macam software editing video. Processor ini telah digunakan untuk sebuah super komputer yang masih dalam bentuk prototipe sekitar tahun 2015. Selain itu, processor ini juga digunakan pada sebuah komputer server.

  • Exynos 4 Quad

Setahun berikutnya atau sekitar tahun 2012, Samsung meluncurkan processor terbarunya yang bernama Exynos 4 Quad. Processor ini digunakan pada smartphone Samsung dengan tipe Galaxy S III serta Galaxy Note II. Keunggulan yang mecolok pada processor ini adalah penggunaan daya baterainya yang cukup sedikit sehingga smartphone tersebut dapat bertahan lebih lama.

Itulah Urutan processor Exynos dari generasi ke generasi saat ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika processor ini memang hanya dikususkan untuk smartphone Samsung tipe flagship saja. Oleh karena itu, jika kamu mencoba processor ini, pastikan uangmu cukup untuk membelinya. Perlu diketahui juga akan dampak positif dan negatif internet yang kian meluas ini.Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang pada kamu semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hardware