6 Fungsi Komputer Client Server

Komputer, sebuah perangkat elektronik yang memiliki kinerja layaknya sebuah pekerja. Dewasa ini, komputer berhasil menjalankan fungsi teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja, saat ini kita bisa mendapatkan informasi yang lebih cepat dalam media sosial atau portal berita yang disediakan dalam jaringan internet. Padahal, dulu kalau ingin mendapatkan informasi yang cepat harus membeli koran atau mendengarkan radio.

ads

Berbicara mengenai dunia komputer, saat ini penggunaan komputer sudah benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat. Jika sebelumnya orang-orang hanya sebatas untuk mencari informasi dan berselancar dalam dunia media sosial, maka saat ini sudah mulai diterapkan dalam hal-hal yang sifatnya lebih resmi. Akan tetapi, anda tetap harus mewaspadai dampak positif dan negatif internet yang ditimbulkan.

Ujian Nasional Berbasis Komputer, Pendaftaran online, dan sistem absensi online bisa menjadi contoh penggunaan komputer saat ini. Hal tersebut tidak terlepas mengenai salah satu jenis-jenis jaringan komputer yang bernama komputer client server. Apa itu komputer client server?

Pada dasarnya, komputer client server adalah suatu jaringan komputer yang pada saat komputer client memberikan perintah maka akan direspon oleh bagian server untuk dapat menjawab perintah tersebut.

Cara untuk dapat melakukan perintah kepada server adalah dengan menginstal sebuah aplikasi yang tujuannya mendukung komputer client agar mendapatkan respon dari server. Contoh kasus ini adalah web browser. Ketika kita membuka web browser lalu mengetik kata Google di web address, maka posisi kita sebagai komputer client yang meminta server agar dapat membuka situs Google.

Di dalam kehidupan sehari-hari, beberapa fungsi komputer client server adalah sebagai berikut.

1. Mengatur Tampilan Pengguna

Ketika komputer server memberikan layanan pada pengguna, perlu adanya alat untuk memberikan interface atau tampilan yang dapat memudahkan pengguna untuk menjalankan akses ke server. Nah, di sinilah peran komputer client sangat berarti. Dengan adanya komputer client, pengguna dapat lebih paham bagaimana cara mengakses ke server.

2. Media Penerima dan Pemeriksa Inputan Dari Pengguna

Seperti yang sudah dicontohkan pada web browser, dengan komputer client dapat mengetahui perintah apa yang diinput oleh user terhadap server. Contohnya, ketika kita ingin mengakses situs Google, pertama pengguna harus menggunakan aplikasi yang terdapat pada komputer client yakni web browser. Setelah itu ketik “Google” pada web address. Jika tidak ada masalah, maka pengguna dapat membuka situs “Google”.

3. Menyimpan Basis Data yang Dikirim ke Server

Pernahkah kamu melakukan pendaftaran secara online?. Jika pernah, pasti kamu tahu apa saja yang harus diisi dalam form pendaftaran itu. Data-data pribadi kita yang dimasukkan dalam form pendaftaran itu dinamakan data. Nah, untuk dapat memasukkan data pengguna, tentunya memerlukan komputer client.

Biasanya setelah semua data telah diisi maka, data tersebut akan dikirim ke dalam basis data yang ada pada server. Data pengguna yang sudah dikirim akan simpan di dalam server yang nantinya akan diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk itulah, kelebihan sistem basis data akan dirasakan pada fungsi komputer client ini.


4. Media Proses Aplikasi dari Server

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dengan adanya komputer client, aplikasi dari server dapat ditampilkan. Dengan begitu, pengguna dapat lebih mengerti apa saja isi aplikasi yang ada di dalam server. Meskipun begitu, pengguna tidak dapat mengakses suatu aplikasi lebih jauh. Sebab, hal tersebut harus mendapatkan persetujuan dari pihak pengembang.

5. Media Layanan Untuk Pengguna

Dengan menggunakan komputer client, secara tidak langsung pengguna mendapatkan layanan secara elektronik layaknya kita dilayani oleh seorang customer service. Ketika kamu membawa uang dari ATM, maka sadar atau tidak, hal itu juga salah satu manfaat dengan adanya komputer client. Bahkan saat kita menabung pun, sudah ada komputer client yang dapat melayani para nasabah tersebut.

6.  Mempercepat Layanan Kepada Pengguna

Mungkin kamu sadar atau bahkan kamu tidak. Fasilitas yang diberikan komputer client dapat mempercepat layanan yang diberikan kepada client. Contoh lainnya di supermarket. Dulu, untuk dapat mengetahui harga suatu barang dapat melihat pada harga barang yang sudah tertera di dalamnya.

Jika masih ragu, kamu akan menanyakan langsung pada petugas di supermarket. Sekarang, dengan adanya komputer, kamu hanya perlu scan barcode ke sebuah alat scanner yang sudah terhubung pada komputer. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui harga barang tersebut dengan lebih akurat dan juga cepat.

Selain mempercepat layanan, dengan komputer client pun dapat mempermudah pengguna dalam mendapatkan layanan. Seperti pendaftaran, kita tidak perlu mengantri dalam satu tempat. Sebab, kita dapat mengantri ditempat manapun selama ada komputer dan jaringan internet. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan bisa lebih cepat.

Itulah fungsi komputer client server dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata saat ini kita sudah merasakan manfaat yang besar dengan adanya komputer client server. Sudah terbukti perkembangan jaringan komputer ini sudah memberikan manfaat yang besar untuk umat manusia. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kamu semua.

, , , , ,