Home » Hardware » CPU » 7 Cara Kerja CPU pada Sistem Komputer

7 Cara Kerja CPU pada Sistem Komputer

by Elang Hendy Subrata

CPU atau singakatan Central Processing Unit adalah pusat dari segala sistem yang terdapat pada sebuah komputer. Fungsi CPU memang untuk dapat menjalankan semua perangkat keras komputer dapat berjalan dengan baik. CPU juga terkadang dianggap sebagai processor di dalam sebuah perangkat baik itu di dalam komputer maupun di dalam laptop. Meskipun istilah CPU sering didengar oleh hampir setiap orang, namun masih banyak yang belum paham bagaimana Cara Kerja CPU di dalam sistem sebuah komputer. Untuk mengetahui seperti apa cara kerja CPU berikut ulasannya.

1. RAM tempat pertama intstruksi dari device

Saat sebuah instruksi pertama datang dari device yang akan digunaka, maka perangkat keras pertama yag akan menerima perintah adalah bagian RAM komputer. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi RAM adalah untuk menjalankan berbagai software maupun aplikasi di dalam komputer atau laptop. namu, ternyata ketika semua perangkat akan siap-siap dijalankan, RAM ini berfungsi sebagai komponen pertama yang menggerakannya.

2. Perintah disimpan pada Control Unit, sedangkan data disimpan pada Working Storage

Saat sebuah perintah dilakukan oleh user, perintah tersebut akan disimpan sementara pada bagian unit kontrol di bagian program storage. Sedangkan jika yang dilakukan user adalah data, maka data tersebut akan disimpan sementara pada bagian working storage. Hal ini membuat data perintah dan data penyimpanan tidak akan tertukar maupun bercampur.

3. Untuk Eksekusi, perintah langsung dari unit kontrol

Apabila sebuah register sudah siap untuk melakukan eksekusi, maka bagian unit kontrol akan memberikan perintah di bagian proram storage. Perintah tersebut akan ditampung terlebih dahulu melalui instruction register. Untuk perintah yang ada di dalam alamat memori, maka perintahnya ditampung pada bagian program counter.

4. ALU mengambil alih operasi perhitungan

ALU atau Aritmetical and Logical Unit adalah salah satu unit yang berada di dalam CPU. Fungsi unit ini adalah sebagai perhitungan ketika akan dilakukan proses sebuah data. ALU akan bekerja ketika sebuah perintah berhubungan dengan proses hitung data seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian. Sementara itu, data yang berasal dari working storage akan diambil alih oleh bagian unit kontrol ke bagian general purpose register.

5. Semua hasil akan ditampung pada bagian Accumulator

Semua proses data dan perintah dari poin pertama hingga keempat selesai dilakukan, maka semua hasil tersebut akan ditampung pada bagian Accumulator. Fungsi dari accumulaor atau bagian register accumulator adalah menyimpan semua hasil operasi yang terjadi pada bagian ALU. Selain itu, fungsi lannya adalah sebagai bagian register data masukan ke bagian penjumlah.

6. Unit kontrol kembali ambil alih dari register Accumulator

Setelah bagian register Accumulator selesai mengolah semua data dari ALU, proses selanjutnya adalah Unit Control akan mengambil kembali hasil semua datanya ke bagian Working Storage. Bisa dikatakan unit control memegang peranan penting untuk semua aktivitas didalam sebuah CPU.

7. Unit Control menjemput hasil di dalam working storage

Setelah unit control memasukkan semua data ke dalam working storage, maka unit control akan “menunggu” bagian working storage agar pengerjaannya selesai. saat bagian working storage telah selesai mengolah semua datanya, maka hasil data akan kembali diambil oleh bagian unit control. Hasil tersebut akan dibawa oleh unit control ke bagian output storage. Dari bagian output storage ini, maka hasil pengolahan data akan disebarkan lagi ke bagian perangkat output yang sedang dipasang. Begitulah seterusnya saat komputer sedang dinyalakan.

Itulah cara kerja CPU di dalam sistem komputer. Jika kita melihat dari alur yang diulas dari poin pertama hingga pada poin terakhir, maka kita berpikir kalau alurnya seolah-olah cukup rumit dan memakan waktu yang sangat lama. Akan tetapi, kejadian di dalam proses kerja sebuah CPU itu hampir sepersekian detik. Mirip dengan sistem kerja di dalam sebah tubuh manusia.

Selain itu, dari ulasan di atas juga, kita melihat bahwa unit control memiliki perang yang sangat banyak data alur kerja sebuah CPU. Pada dasarnya, fungsi unit control memang melaksanakan tugas dalam bagian pengawasan, serta pengendalian dalam keseluruhan sistem yang terdapat pada komputer. Unit control juga memiliki kewenangan untuk mengeksekusi berbagai perintah yang terdapat di dalam alur kerja CPU. Contohnya seperti membangkitkan atau mengatur beberapa sinyal-sinyal pengatur agar sesuai dengan alurnya. Unit control ini juga dapat menyesuaikan beberapa operasi maupun arus data dari beberapa alamat bus dan data bus di dalam CPU.

Apabila Anda masih penasaran dengan beberapa hal yang berhubungan dengan CPU, Anda bisa melihat beberapa referensi mengenai jenis-jenis CPU, bagian-bagian CPU dan juga manfaat CPU bagi User. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda dan juga semua pembaca.

You may also like