5 Software Pencari Driver Otomatis Tanpa Koneksi Internet Tanpa Ribet

Driver merupakan “jembatan” antara sistem operasi dengan perangkat keras yang terhubung ke komputer, sistem operasi Windows sebenarnya sudah di lengkapi dengan “segudang” driver built-in yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan perangkat keras baru seperti printer, mouse, flashdrive dan lain sebagainya sehingga perangkat keras tersebut dapat “terbaca” dengan baik oleh sistem operasi Windows.

ads

Namun driver built-in Windows sangat terbatas khususnya untuk perangkat keras dengan fungsi khusus, misalnya Anda tidak akan menemukan fitur “head clean” yang merupakan salah satu cara mengatasi tinta printer tidak keluar jika Anda hanya menggunakan driver built-in saja.

Masalah driver pada sistem operasi Windows juga dapat menjadi penyebab printer macet, kemampuan grafis (layar LCD/LED) tidak optimal dan masih banyak lagi, oleh karena itu penting untuk Anda untuk memiliki software pencari driver otomatis, kebanyakan software pencari driver otomatis membutuhkan koneksi Internet untuk men-download driver yang di butuhkan, hal tersebut tentunya merepotkan bukan? Pada pembahasan kali ini Saya akan membahas mengenai software pencari driver otomatis tanpa koneksi Internet.

1. DriverPack Solution Offline

DriverPack Solution merupakan perangkat lunak gratis yang berguna untuk mencari driver secara otomatis dengan memindai (scanning) perangkat keras dan sistem operasi (Windows) kemudian memilih driver terbaik yang sesuai untuk perangkat keras dan sistem operasi yang bersangkutan.

Jika anda men-download DriverPack Solution versi online, maka Anda akan mendapatkan perangkat lunak yang berukuran sangat kecil, hal tersebut di karenakan DriverPack Solution versi online bekerja dengan database online, driver yang di butuhkan dan yang akan di install pada komputer akan di download secara otomatis, artinya DriverPack Solution versi online dapat bekerja hanya apabila komputer terhubung ke jaringan Internet.

Jika anda men-download DriverPack Solution versi offline, maka Anda akan mendapatkan perangkat lunak yang berukuran sangat besar (berformat ISO), hal tersebut di karenakan DriverPack Solution versi offline bekerja dengan database offline, driver yang di butuhkan dan yang akan di install pada komputer sudah termasuk di dalam file ISO yang Anda download tersebut, artinya DriverPack Solution versi offline dapat bekerja tanpa koneksi Internet.

Beberapa fitur yang di miliki DriverPack Solution Offline antara lain :

  • Dapat bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP
  • DriverPack Solution merupakan perangkat lunak yang ringan sehingga dapat berjalan dengan baik pada berbagai spesifikasi komputer.
  • DriverPack Solution merupakan perangkat lunak portable sehingga bisa langsung Anda jalankan pada hard drive manapun termasuk perangkat portable (USB Flashdrive atau USB Hard Disk Drive).
  • Anda dapat meng-install semua driver yang di butuhkan sekaligus.
  • Menampilkan versi driver yang telah ter-install dan yang akan di-install, memudahkan Anda untuk mengetahui driver yang telah usang atau yang terbaru.
  • Menampilkan daftar driver yang ter-install sekalipun driver tersebut tidak membutuhkan pembaruan.
  • Anda dapat men-download paket driver spesifik, misalnya driver Chipset, Bluetooth, Card Reader, Perangkat Input (Mouse, TouchPad, JoyStick, dll), Network Card, Controller, Modem, Monitor, Smartphone, Printer, Sound Card, TV-Tuner, Video Card, WebCam, perangkat Wi-Fi atau perangkat lain. Misalnya Anda hanya membutuhkan driver Bluetooth saja, Anda akan mendapatkan paket driver Bluetooth dari berbagai manufaktur seperti Logitech, Motorola, Realtek, Broadcom, dll. Anda dapat men-download-nya dalam format 7Z dengan ukuran yang jauh lebih kecil di bandingkan dengan men-download keseluruhan file ISO.

2. Snappy Driver Installer (SDI) Full

Snappy Driver Installer (SDI) versi Full merupakan perangkat lunak yang serupa dengan DriverPack Solution Offline. Snappy Driver Installer memiliki koleksi driver yang membuatnya mampu mengakses driver yang di butuhkan dengan cepat bahkan saat tidak ada koneksi Internet.

Anda harus men-download semua file yang di butuhkan termasuk kumpulan driver yang di miliki Snappy Driver Installer melalui TORRENT, secara keseluruhan file yang harus Anda download sekitar 13.5 GB. Jika Anda kesulitan dalam menggunakan perangkat lunak torrent client seperti BitTorrent, gunakan Opera, web browser Opera merupakan salah satu browser terbaik yang telah terintegrasi dengan protokol torrent.

Beberapa fitur yang di miliki Snappy Driver Installer (SDI) Full antara lain :

  • Snappy Driver Installer bekerja pada komputer dengan sistem operasi Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP baik 32-bit maupun 64-bit.
  • Semua driver yang di download dengan Snappy Driver Installer di sebut “driverpacks” yang merupakan kumpulan (pack) driver dari berbagai jenis perangkat keras (Sound Card, Video Card, dll).
  • Semua “driverpacks” yang tersedia dapat di download melalui TORRENT.
  • Snappy Driver Installer (dalam Expert Mode) mengijinkan Anda untuk mem-filter hasil untuk menampilkan driver yang belum ter-install, driver dengan versi lebih baru dari driver yang telah ter-install (perlu di perbarui), serta menampilkan driver terkini atau driver yang telah usang saja.
  • Snappy Driver Installer dapat menampilkan driver duplikat (biasanya terjadi konflik), atau driver yang tidak valid.
  • Snappy Driver Installer menampilkan informasi mengenai manufaktur driver dan HardwareID yang sesuai antara driver yang ter-install dengan driver yang akan di-install.
  • Anda dapat menggunakan Snappy Driver Installer untuk mencari dan membuka file INF (information) dari driver tertentu.

3. Sam Drivers 15.5

Meskipun tidak menggunakan kata “pack” pada namanya, Sam Drivers 15.5 sebenarnya merupakan perangkat lunak yang berisi koleksi / kumpulan driver, Sam Drivers 15.5 di kembangkan oleh SamLab (http://samlab.ws) dan dapat Anda download secara gratis (via TORRENT, BitTorrent adalah salah satu software yang digunakan untuk mengakses Internet melalui protokol “torrent”) untuk mencari driver otomatis tanpa koneksi Internet.

Untuk dapat menggunakan Sam Drivers 15.5 tanpa koneksi Internet, sebelumnya Anda harus men-download terlebih dahulu file ISO yang berisi kumpulan driver, ukurannya “cukup” besar sekitar 10 GB. Driver yang di milikinya kompatibel dengan berbagai sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8/8.1 baik 32-bit mapupun 64-bit.

Beberapa fitur yang di miliki Sam Drivers 15.5 antara lain :

  • Dilengkapi dengan driver detector, untuk mendeteksi driver yang ter-install, belum ter-install, atau driver lawas yang perlu di perbarui.
  • Dilengkapi dengan driver updater, secara otomatis (bisa juga di lakukan secara manual dengan beberapa notifikasi) meng-update driver lawas untuk kinerja perangkat keras yang lebih optimal.
  • Dilengkapi dengan driver downloader, berguna untuk men-download driver yang di butukan secara online, biasanya download di lakukan apabila driver dalam pack sudah lawas.
  • Dilengkapi dengan driver installer, Sam Drivers 15.5 dapat meng-install driver secara otomatis dan sekaligus tanpa perlu Anda install secara manual satu per satu.

4. Cobra Drivers Pack 2013

Sama dengan perangkat lunak sebelumnya, Cobra Drivers Pack 2013 juga bisa Anda gunakan untuk mencari driver otomatis tanpa koneksi Internet, namun sebelumnya Anda di haruskan men-download file ISO yang berisi koleksi atau paket (pack) berbagai macam driver di dalamnya, ukurannya cukup besar, namun di bandingkan dengan perangkat lunak sebelumnya, Cobra Driver Pack 2013 terbilang cukup disc friendly karena “hanya” berukuran sekitar 4.5 GB yang cukup muat apabila Anda ingin mem-burn-nya ke media DVD.

Cobra Driver Pack 2013 berisi kumpulan driver untuk komputer dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8/8.1, Saya belum mencobanya pada komputer dengan sistem operasi Windows 10, namun karena Cobra Driver Pack 2013 berisi driver yang notabene cukup lawas (di-update tahun 2013), Saya sarankan untuk tidak menggunakan Cobra DriverPack 2013 pada komputer dengan sistem operasi Windows 10 karena Windows 10 di rilis tahun 2014 ke atas, sehingga di khawatirkan terjadi driver conflict atau downgrade driver (dari driver terbaru ke driver lawas).

Cobra Driver Pack 2013 sangat praktis saat di gunakan dalam meng-install driver untuk berbagai perangkat keras, Cobra Driver Pack 2013 berisi paket driver yang lengkap untuk Sound Card, Graphics Card, Printer, Direct TV Segmen dan lain sebagainya. Anda juga bisa dengan cepat meng-install dan meng-update semua driver pada komputer sekaligus, di dukung dengan antarmuka yang mudah di gunakan sehingga membuatnya mudah di operasikan oleh pemula sekalipun.

Beberapa fitur yang di miliki Cobra Drivers Pack 2013 antara lain :

  • Meng-install driver dengan mudah tanpa memerlukan banyak input dari pengguna (tak ada license agreement, klik tombol tertentu, dan lain sebagainya). 

  • Antarmuka yang mudah di gunakan, sederhana tanpa banyak konfigurasi sehingga memudahkan pengguna pemula untuk menggunakan Cobra Drivers Pack 2013.
  • Cobra Drivers Pack 2013 menganalisa driver yang ter-install pada komputer dan membandingkannya dengan driver yang ada dalam paket, apabila driver yang ter-install pada komputer lebih lawas dari driver dalam paket, Cobra Drivers Pack 2013 akan memperbaruinya secara otomatis.

5. Easy Driver Pack

Perangkat lunak terakhir yang Saya ulas pada pembahasan kali ini adalah Easy Driver Pack, hampir sama dengan perangkat lunak sebelumnya, hanya saja Easy Driver Pack membagi driver menjadi 5 versi yaitu driver untuk Windows XP x86, Windows 7 x86, Windows 7 x64, Windows 8/8.1 x86, dan Windows 8/8.1 x64. Jika Anda men-download keseluruhan versi Easy Driver Pack, Anda akan mendapatkan 5 file ZIP berukuran total sekitar 2.5 GB, cukup menghemat ruang hard drive jika di bandingkan dengan perangkat lunak sebelumnya. “x86” adalah driver untuk sistem operasi Windows 32 bit, sedangkan “x64” adalah driver untuk sistem operasi Windows 64 bit, Anda tentu sudah faham perbedaan windows 32 bit dengan 64 bit.

Beberapa fitur yang di miliki Easy Driver Pack antara lain :

  • Komposisi driver relatif efisien karena dapat di sesuaikan dengan kebutuhan platform, misalnya jika Anda hanya membutuhkan paket driver untuk komputer dengan sistem operasi Windows 7 x64 saja, maka Anda tidak perlu men-download paket lain.
  • Mengekstrak drivers yang ter-install dari sistem operasi, memudahkan Anda melakukan backup dan restore untuk platform yang sama di kemudian hari.
  • Antarmuka yang mirip dengan Device Manager pada Windows, memudahkan Anda dalam menyeleksi driver yang akan di backup atau di install.

Demikian pembahasan mengenai software pencari driver otomatis tanpa koneksi Internet, semoga salah satunya dapat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, sedikit saran dari Saya sebelum meng-install driver secara bulk (dalam jumlah besar) buat terlebih dahulu “restore point” agar memudahkan Anda dalam recovery system apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 05:57 Oleh :
Kategori : Software