7 Cara Menghidupkan Bluetooth di Laptop Mudah Dipahami

Bluetooth merupakan peripheral penunjang PC, laptop. atau mobile device yang berfungsi melakukan transfer atau kirim dan terima data dari pc atau laptop ke smartphone atau sebaliknya. Termasuk tapi tidak terbatas pada konektivitas antara pc, laptop, smartphone, dan berbagai device atau gadget lainnya yang menyematkan fitur bluetooth ini. Bluetooth sendiri hingga ini setidaknya sudah mencapai versi 4, yang artinya dukungan kecepatan akses baca tulis ini lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya, versi 3. Meski begitu, Kita perlu memastikan bahwa versi bluetooth yang disematkan pada device Kita memang sudah menggunakan bluetooth dengan versi terbaru. Jika tidak, bisa dipastikan versi bluetooth yang digunakan kemungkinan masih versi 3.

ads

Fungsi bluetooth pada laptop sendiri sama dengan fungsi bluetooth pada komputer. Yang perlu diperhatikan dari cara menghidupkan bluetooth di laptop adalah sebagai berikut :

  • Instalasi driver. Untuk perangkat bluetooth dengan jenis dongle usb di pc ataupun laptop, pastikan bahwa driver dongle tersebut telah terinstal dengan baik. Meski begitu, tidak semua dongle usb bluetooth membutuhkan instalasi driver khusus, ada bebrapa produk dongle usb bluetooth yang biasanya bisa berjalan dengan driver blutooth generic dari os windows sendiri;Mode discover. Pastikan bahwa mode discover diaktifkan agar perangkat bisa dikenali oleh device atau perangkat bluetooth lainnya.

1. Proses Inisialisasi

Cara menghidupkan bluetooth di laptop yang pertama adalah proses inisialisasi atau pengecekan pada laptop, apakah laptop sudah memiliki built-in bluetooth device atau tidak. Pengecekan dilakukan dengan cara melihat fisik laptop, apakah ada keterangan bluetooth, lalu pada deretan tombol function apakah ada tombol dengan ikon bluetooth atau tidak. Jika tidak ada maka dapat dipastikan bahwa fungsi bluetooth internal tidak disesuakan dan Kita harus membeli sebuah perangkat dongle usb untuk bluetooth.

2. Melalui tombol

Untuk laptop dengan dukungan bluetooth, fungsi aktif/nonaktif bluetooth sendiri bisa diakses melalui pemanfataan fungsi tombol f1 sampai  f12 pada laptop (tombol F1 s/d F2 yang ditekan bersamaan dengan menahan tombol fn di sebelah kanan tombol left ctrl umumnya). Untuk menyalakan atau mematikan fungsi bluetooth, cukup dengan menekan tombol kombinasi function tersebut, biasanya untuk tombol function bluetooth ada ikon bluetooth disamping tombol tersebut / F4 atau F5.  Setelah menyalakan tombol tersebut, maka ikon bluetooth akan muncul di systray tray windows, bagian paling kanan taskbar. Jika ikon bluetooth sudah muncul, menandakan fungsi bluetooth sudah aktif dan bisa digunakan untuk melakukan transfer data apa saja, baik mengirim maupun menerima data dari dan ke perangkat lain.

3. Persiapkan Dongle USB Bluetooth

Langkah ketiga dari cara menghidupkan bluetooth di laptop adalah dengan menggunakan bluetooth dongle, bagi laptop yang tidak memiliki dukungan bluetooth internal, semisal produk asus a42f) Bluetooth USB Dongle ini ada yang memiliki bentuk fisik kecil atau mini, atau seperti flashdisk dengan antena receiver, atau juga bentuknya sedikit lebih besar. Untuk instalasi sendiri relatif mudah. Jika dalam pembelian dongle USB menyertakan CD driver, maka instal terlebih dahulu CD driver yang ada, baru colokkan dongle USB Bluetooth ke pc, atau laptop melalui port USB.

4. Instalasi Driver Bluetooth melalui CD

Langkah berikutnya adalah, instalasi driver bluetooth. Baik laptop yang memiliki dukungan bluetooth internal maupun laptop yang akan menggunakan dongle usb untuk bluetooth, Sama-sama harus dilakukan instalasi drivernya terlebih dahulu agar dapat bekerja, permasalahan bluetooth sama saja dengan perangkat wireless lain, semisal penyebab mouse wireless tidak berfungsi.

Biasanya laptop dengan dukungan bluetooth internal, sudah menyediakan driver nya untuk didownload melalui website resminya, untuk dongle yang memiliki cd driver, diinstal terlebih dahulu. Cara instalasinya adalah sebagai berikut : 


  1. Akses Device Manager;
  2. Pada tampilan system manager, klik other devices, -> klik kanan ikon bluetooth peripheral device;
  3. Klik upate driver software;
  4. Pilih opsi browse my computer for driver software -> lalu klik let me pick from a list of device drivers on my computer;
  5. Pilih radio button bluetooth radios;
  6. Pada list manufacturer -> pilih microsoft corporation, pada list model -> pilih windows Mobile-based device support;
  7. Jika muncul mesage yang menyatakan konfirmasi verifikasi signature driver, diabaikan saja, dengan mengklik Yes;
  8. Setelah proses instalasi sudah selesai, kembalie device manager, klik kanan ikon computer pada node device teratas -> klik scan for hardware changes;
  9. Klik pada node bluetooth radios, jika muncul list device radio dengan tanda seru kuning yang sudah menghilang. Tandanya instalasi berhasil;

5. Download driver

Langkah ini dibutuhkan untuk dongle usb bluetooth yang tidak menyediakan driver bawaan pada paket penjualannya. Sehingga Kita perlu melakukan instalasi manual driver dengan cara mendownload driver bluetooth melalui internet.

Untuk download driver sendiri langkahnya adalah sbb :

  1. Buka website vendor produk, dan cari bagian download driver;
  2. Download driver yang bersangkutan;
  3. Simpan hasil download ke folder di C: atau D;
  4. Jika file hasil download merupakan self installation, maka instalasi bisa dijalankan dengan menggunakan file setup.exe, atau install.exe;
  5. Jika file hasil download merupakan file instalasi berisi inf atau file informasi driver terkait, maka instalasi perlu dilakukan melalui tool device manager windos, dengan cara menginclude file tersebut di windows agar terbaca dan terinstal sebagai bagian dari drviver windows;

6. Instal driver

Langkah ini dilakukan dengan cara melakukan instalasi terhadap driver bluetooth yang sudah didownload tadi, bisa juga menggunakan software pencari driver otomatis tanpa koneksi internet. Intalasi bisa dilakukan melalui control panel di bagian device manager, atau menggunakan media setup.exe jika driver yang didownload sudah menyertakan installer windows.


7. Melalui Taskbar Windows

Disini langkah terakhir dari cara menghidupkan bluetooth di laptop, yaitu untuk aktivasi bluetooth dilakukan setelah sebelumnya diasumsikan bahwa proses instalasi driver bluetooth telah berhasil, dongle usb bluetooth telah bekerja, dan service bluetoth telah aktif yanh ditandai dengan adanya ikon bluetooth di system tray dengan warna biru, tepatnya dibagian paling kanan taskbar windows, jika tidak muncul coba klik tanda panah yang berada disystem tray untuk melihat item yang dihidden.

Menu konfigurasi dan opeerasi kirim-terima data dilakukan melalui ikon ini, dengan mengklik kanan ikon dan memilih dari submenu yang muncul. Selain itu, untuk mengirim file atau folder secata langsung dari jendela windows explorer, bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada file atau folder yang ingin dipindah, dan klik send to bluetooth devices, untuk mengirim data tersebut melalui perangkat bluetooth yang tersedia.

Demikianlah ulasan dari artikel cara menghidupkan bluetooth di laptop ini, untuk troubleshooting lebih lanjut, sebaiknya dilakukan cara mengatasi bluetooth peripheral device. Semoga artikel yang sudah dituliskan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan bagi pembaca dalam hal menambah referensi pengetahuan tentang penanganan device berbasis bluetooth ini, terutama dalam hal menginisialiasasi perangkat bluetooth yang baru akan dikoneksikan ke pc atau laptop. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 25th, November 2017 / 03:44 Oleh :