Cara Mengatur Cahaya Laptop pada Widnows Paling Mudah

Fungsi monitor lcd pada laptop adalah untuk menampilkan gambaran dari sistem komputer pada sebuah medium layar monitor. Tentu agar bisa digunakan secara nyaman intensitas cahaya yang dikeluarkan dari perangkat ini harus bisa diatur sesuai lingkungan kita. Anda dapat memperhatikan kondisi lcd laptop anda untuk menentukan apakah laptop anda masih bisa diatur intensitas cahayanya, coba perhatikan ciri-ciri lcd laptop rusak.

ads

Mengatur intensitas cahaya pada berbagai laptop sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Jika anda mengalami kesulitan mengatur cahaya pada laptop anda, penting untuk diperhatikan bahwa setiap model laptop (dan setiap sistem operasi) pada umumnya memiliki sedikit perbedaan. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas cara mengatur cahaya laptop. Dengan mengatur intensitas cahaya seminimal mungkin dan sesuai kebutuhan anda dapat membantu cara menghemat baterai laptop.

Pada kebanyakan laptop, anda dapat mengatur cahaya laptop dengan menggunakan tombol khusus pada keyboard. Tombol tersebut biasanya diberikan simbol cahaya (Simbol unicode cahaya).

Seringkali tombol keyboard tersebut akan bekerja jika anda menekannya bersama tombol Fn. Dan tombol Fn seringkali terletak pada bagian sebelah kiri dari tombol spasi. Sedangkan untuk tombol pengatur cahaya terletak diatas bagian keyboard atau pada bagian tombol arah pada keyboard.

Laptop lainnya memiliki tombol khusus tersendiri untuk mengatur cahaya laptop, seperti pada HP Chromebook yang tidak terdapat tombol Fn melainkan tombol khusus untuk mengatur cahaya.

Cara mengatur cahaya laptop pada sistem operasi windows 10.

Pada Windows 10, terdapat beberapa metode untuk mengatur cahaya laptop pada OS ini. Cara – cara tersebut ialah dengan menggunakan taskbar icon baterai, dengan menggunakan fitur Windows Mobility Center, dan dengan menggunakan Control Panel. Berikut langkah – langkah untuk mengatur cahaya laptop pada sistem operasi Windows 10.

Menggunakan Taskbar Icon Baterai.

  • Klik tombol icon baterai pada taskbar anda.
  • Pada jendela tersebut, nanti klik brightness. Setiap anda mengklik bagian tersebut intensitas cahaya pada laptop anda akan diatur bertambah atau berkurang sebanyak 25%

Menggunakan Windows Mobility Center.

  • Buka Task menu untuk Power User dengan cara mengklik kanan pada Icon Start Menu, atau dengan mengetik Win+X (tahan tombol keyboard Windows kemudian tekan X).
  • Klik Mobility Center (atau tekan B)
  • Pada bagian Mobility Center, anda dapat mengatur cahaya laptop dengan menggeser slider brightness yang ada pada jendela tersebut.

Menggunakan Control Panel.

  • Buka Control Panel.
  • Klik Adjust, nanti dari sana buka Windows Mobility Center dari jendela Control Panel Windows 10.
  • Pada Jendela Mobility Center, atur cahaya laptop dengan menggeser slider yang ada.

Cara mengatur cahaya laptop pada sistem operasi Windows 8.

Berikut merupakan langkah – langkah untuk mengatur cahaya laptop pada sistem operasi Windows 8

  • Buka menu Charms Bar pada Windows 8 dengan menekan tombol Win+C.
  • Pilih Setting.
  • Kemudian Pilih Icon Brightness.
  • Geser Slider ke atas dan ke bawah dengan menggunakan mouse anda, atau anda  bisa menekan tombol ke atas dan ke bawah pada  keyboard anda untuk mengatur intensitas cahaya yang ada.

Cara mengatur cahaya laptop pada sistem operasi Windows 7

  • Buka Control Panel
  • Pilih Hardware and Sound
  • Kemudian pilih Power Options
  • Gunakan mouse anda untuk menggeser slider brightness pada bagian bawah jendela untuk mengatur intensitas cahaya.

Cara mengatur cahaya laptop pada sistem operasi Apple MacoSX

  • Dari Apple Menu, pilih System Preferences.
  • Pada System Prefrences yang telah terbuka, klik Displays.
  • Gunakan slider brightness untuk mengatur intensitas cahaya laptop. Jika anda ingin cahaya laptop anda berubah secara otomatis berdasarkan intensitas cahaya didekat laptop anda, cek kotak yang menunjukkan automatically adjust brightness.

Setelah mengatur intensitas cahaya pada laptop anda melalui pengaturan yang ada pada sistem operasi, seharusnya perubahan tersebut akan dapat langsung terlihat secara otomatis. Jika intensitas cahaya tidak berubah bahkan setelah anda melakukan restart mungkin anda perlu memperhatikan pengaturan driver layar monitor pada laptop anda.

Ada kemungkinan laptop anda menjadi blank saat dinyalakan jika terdapat permasalahan pada layar monitor anda. Untuk mengatasi hal itu ada baiknya untuk mengetahui cara mengatasi laptop blank saat  dinyalakan.

Itu tadi pembahasan tentang cara mengatur cahaya laptop. Penerapan cara mengatur cahaya laptop nantinya akan membantu cara memperpanjang umur baterai laptop. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjtunya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 28th, November 2017 / 09:23 Oleh :
Kategori : Monitor