Home » Hardware » Monitor » Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam tapi Hidup yang Sering Terjadi

Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam tapi Hidup yang Sering Terjadi

by Elang Hendy Subrata

Bagi beberapa orang, keberadaan laptop menjadi salah satu barang yang cukup diminati. Alasannya adalah sangat praktis sehingga dapat dibawa kemanapun. Bahkan, saat ini ada laptop yang ukurannya hanya sebesar buku tulis saja.

Karena kebutuhannya yang cukup penting, tidak jarang ada pengguna yang tidak memperhatikan kondisi laptop itu sendiri. Akibatnya masalah laptop pun menjadi sering dialami. Salah satu masalah yang cukup bikin pusing adalah layar yang tiba-tiba tidak menyala. Akan tetapi mesin CPU-nya menyala seperti biasa.

Jika kamu mengalami hal semacam itu, janganlah panik. Tetap tenang dan ikutilah beberapa instruksi berikut ini.

1. Mengecek Layar laptop

Jika mesin komponen komputer lainnya dapat terdengar dengan baik, maka bisa dipastikan masalah ada pada bagian layar. Untuk mengetahui apakah benar atau tidaknya, maka cobalah hubungkan layar laptop pada layar eksternal. Jika pada layar ekstrnal justru muncul gambar, maka bisa dipastikan masalah terdapat pada bagian LCD.

Cara yang kedua adalah cek pada layar menggunakan lampu senter. Bisa jadi masalah ada pada bagian lampunya saja bukan pada layar. Untuk mengeceknya, arahkan senter pada layar ceklah sekeling layar apakah ada tulisan yang terlihat atau tidak. jika tidak muncul tulisan maupun gambar, maka hal tersebut juga semakin menguatkan masalahnya ada pada bagian layar.

2. Mengatur resolusi layar

Penyebab layar laptop mengalami blank adalah karena pengaturan resolusi layar yang melebihi kemampuan laptop itu sendiri. Hal tersebut bisa terjadi pada laptop yang memiliki spseifikasi rendah. Untuk dapat mengecek hal tersebut, harus dalam keadaan safe mode.

Pertama-tama nyalakan terlebih dahulu laptopnya. Setelah itu, tekan F8 secara terus-menerus hingga laptop akan muncul dalam keadaan safe mode. Setelah berhasil masuk ke dalam safe mode, maka segeralah ganti resolusi layarnya. Setelah berhasil mengganti resolusi layar, maka restart kembali laptopnya.

3. Bersihkan RAM

RAM komputer pada laptop juga dapat mempengaruhi kinerja layar. Kemungkinan yang terburuk adalah RAM mengalami kerusakan sehingga menyebabkan layar pun menjadi blank. Akan tetapi sebelum mengganti RAM, ada baiknya kamu lakukan pembersihan terlebih dahulu. Bisa jadi ada beberapa pin yang kotor sehingga menghambat kinerja pada layar.

Caranya adalah lepaskan RAM pada komponen laptop yang letaknya di bagian belakang. Jika laptop memiliki dua slot RAM, maka keduanya dicabut terlebih dahulu. Bersihkan bagian pin dengan kuas atau menggunakan penghapus pensil. Jika kamu sudah membersihkannya, maka masukan kembali RAM pada laptop. pastikan pemasangan RAM sudah benar, yakni sampai bunyi. Setelah itu, nyalakan kembali laptop.

4. Menghapus CMOS

Pada bagian BIOS, kesalahan konfigurasi juga dapat menyebabkan beberapa fungsi laptop tidak dapat bekerja maksimal. Salah satunya adalah layar menjadi blank. Untuk cara mengatasinya, pertama-tama masuk ke dalam safe mode. Jika sudah, aturlah BIOS ke bagian default atau normal. Dengan cara menghapus memorinya. Setelah itu, restart kembali laptop.

5. Uninstal aplikasi dan software yang mencurigakan

Bisa jadi layar laptop tidak muncul karena pengaruh virus yang ada pada salah satu program. Jika kamu merasa ada salah satu software yang mencurigakan maka kamu harus segera uninstal. Caranya sendiri adalah masuk ke dalam safe mode. Setelah masuk ke dalam safe mode, segera uninstal aplikasi maupun software yang mencurigakan tersebut. Agar pembersihan lebih mendalam, sebaiknya menggunakan aplikasi uninstal manager agar sampah-sampah software maupun aplikasi yang telah diuninstal benar-benar bersih secara sempurna.

6. Masuk ke bagian Registry Editor

Versi selanjutnya bisa menggunakan Registry Editor. Untuk cara melakukannya, pertama-tama hidupkan laptop terlebih dahulu. Setelah itu, pada bagian keyboard tekan kombinasi CTRL + ALT + DEL secara bersamaan. Jika sudah, klik pada bagian “Start Task Manager”. Nantinya secara otomatis kamu akan masuk ke pop-up Windows task Manager. Jika sudah masuk. pilih bagian file dan juga “New Task (Run…)” . nantinya kamu akan membuka pop-up “Create New Task”. Ketik saja “regedit” lalu klik OK. Nanti akan muncul Regstry Editor, carilah folder yang bernama “HKEY_CURRENT_USER” lalu masuklah ke Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion-Explorer. Jika sudah, carilah file yang bernama ExplorerStatrtupTraceRecorded. Lalu, hapuslah file tersebut dengan cara klik kanan dan pilih Delete.

7. Mengganti layar

Jika beberapa hal di atas masih belum bisa juga, maka cara yang terakhir adalah mengganti layar laptop dengan layar yang baru. Usahakan beli lah layar yang benar-benar baru. Sebab, secaa kualitas, layar yang baru lebih baik dibandingkan barang second. Kamu bisa beli layar baru di berbagai toko komputer yang bisa dipercaya. Pastikan sebelum membelinya, kau sudah paham jenis monitor yang digunakan pada laptop..

Pada dasarnya, cara memperbaiki monitor blank hampir mirip dengan cara memperbaiki layar laptop gelap setengah. Salah satu penyebab laptop cepat rusak sebagian besar terjadi karena kesalahan kita sendiri. Oleh sebab itu, kamu harus sering merawat laptop sendiri sehingga permasalahan ini tidak terulang kembali.

You may also like