12 Penyebab Laptop Cepat Rusak dari Kebiasaan Buruk Kita

Meskipun saat ini teknologi smartphone berkembang dengan sangat pesat, ternyata laptop saat ini masih belum bisa tergantikan. Bahkan untuk beberapa kalangan, seperti pelajar dan pekerja kreatif, laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan yang berguna untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan.

ads

Saat membeli sebuah laptop, Anda pasti berharap laptop tersebut setidaknya bisa bertahan selama 3 tahun atau lebih kalau bisa. Tentunya, kita semua ingin membeli laptop yang bisa diandalkan untuk menunjang berbagai keperluan sehari-hari.

Sayangnya, kita seringkali melakukan kesalahan-kesalahan sepele saat menggunakan laptop tanpa kita sadari. Yang akhirnya bisa membuat performa laptop menurun bahkan menjadi penyebab laptop cepat rusak. Memang, apa saja sih penyebabnya? Berikut ini akan kami ulas melalui artikel ini.

1. Menutup Laptop dalam Keadaan Masih Menyala

Nah, kesalahan satu ini pasti sering banget Anda lakukan. Setelah dipakai, Anda langsung menutup laptop dalam keadaan masih menyala atau tidak di-shutdown. Tak masalah sih jika hanya sesekali, tetapi jangan menjadi kebiasaan. Tahukah Anda? Menutup laptop dalam keadaan menyala ternyata berbahaya untuk keamanan dan performa dari laptop itu sendiri.

Oleh karena itu, hindari menutup laptop dalam keadaan menyala sebisa mungkin. Jika perlu setelah laptop di-shutdown, tunggu dahulu beberapa saat agar hawa panas yang dihasilkan laptop dapat tersalurkan dengan baik.

2. Pasang Charge ke Laptop Dulu atau ke Listrik Dulu?

Lebih baik pasang charger ke laptop dulu baru ke sumber listrik atau malah sebaliknya? Nah, ternyata Anda seharusnya menyambung charger terlebih dahulu ke sumber listrik, barulah kemudian Anda menghubungkannya ke laptop Anda. Alasannya, loncatan arus pada charger ketika pertama dicolokan tidak stabil. Jika Anda masih melakukan kesalahan ini secara rutin, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan motherboard.

3. Charge Laptop Meski Baterai Tidak Habis

Usahakan untuk mengisi ulang daya baterai laptop ketika baterai hampir habis yaitu mencapai 10 persen. Jangan biarkan sampai baterai kosong sama sekali dan jangan juga mengisi baterai laptop jika persentase baterainya masih di atas 30 persen. Kedua hal tersebut justru bisa membuat kemampuan baterai dalam menyimpan daya semakin berkurang.

4. Tidak Memasang Baterai Laptop dan Langsung ke Colokan Listrik

Apakah Anda pernah menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik dengan kondisi baterai laptop dilepas? Banyak yang salah kaprah bahwa hal tersebut bisa membuat baterai laptop tahan lama. Padahal, tindakan tersebut bisa merusak motherboard laptop Anda. Alasannya, karena kondisi tersebut rawan akan loncatan daya listrik yang tidak teratur, dan bisa menyebabkan konsleting. Ciri-ciri motherboard rusak bisa terlihat dari adanya bekas konsleting pada motherboard laptop.


5. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

Saat di rumah, tentu saja Anda sering menggunakan laptop di mana saja. Anda mungkin terbiasa menggunakan laptop di kasur sambil memangkunya di atas paha. Sebaiknya tindakan ini jangan menjadi kebiasaan, karena hal tersbeut bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan hawa panas dari laptop akan terperangkap. Jika sudah panas, bukan hanya laptop saja yang rusak, tetapi paha Anda juga bisa terbakar.

Memang sih, kita akan merasa nyaman ketika menempatkan laptop di atas tempat yang empuk, seperti kasur atau kursi sofa. Untuk pengguna yang duduk di atas benda empuk sih biasa saja, tetapi yang menjadi masalah adalah laptopnya juga turut disimpan di atas benda yang empuk tersebut.

Sifat dari benda-benda empuk seperti kasur, kursi sofa, dan benda berbahan lembut lainnya adalah tak bisa membuang udara panas dan lebih bersifat menyerap panas. Itu artinya, jika Anda menempatkan laptop di atas benda-benda berbahan lembut, dikhawatirkan lubang-lubang sirkulasi udara di bawah laptop akan tertutup. Saat laptop sedang bekerja dan lubang sirkulasinya tertutup, maka hal ini menjadi penyebab laptop cepat panas yang bisa berujung pada overheat pada komponen laptop. Akibatnya bisa fatal, yaitu kerusakan pada laptop Anda.

6. Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya

Saat sedang terburu-buru, terkadang Anda mengangkat laptop hanya dengan memegang layarnya saja. Meski laptop Anda memang ringan, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Jika masih dilakukan, bisa berdampak buruk pada engsel dan layar laptop Anda.

7. Membongkar Laptop Sendiri

Membongkar komputer biasa dan membongkar laptop memerlukan teknik yang berbeda. Jika laptop Anda bermasalah dan Anda tidak paham tekniknya, jangan membongkarnya sendiri. Sebaiknya, Anda bawa laptop Anda ke service center resmi atau ke orang yang memang ahli dalam perbaikan laptop.

8. Menyimpan Benda Berat Di Atas Laptop

Secanggih apapun atau semahal berapapun laptop Anda, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan menyimpan benda di atas laptop. Apalagi jika benda tersebut bebannya memang sangat berat, seperti buku tebal, dan lainnya. Kebiasaan buruk tersebut bisa menambah resiko kerusakan layar laptop Anda.

Tahukah Anda bahwa harga layar laptop itu cukup mahal? Jika layar laptop Anda memang handal, maka biasanya tanda-tanda kerusakan layar laptop pada awalnya akan muncul garis-garis vertical atau horizontal. Namun jika terus dibiarkan, maka akhirnya layar laptop akan rusak permanen dan mau tak mau harus diganti dengan yang baru. Yang ujung-ujungnya Anda harus keluar uang lebih.

9. Meletakkan Benda Cair Di Dekat Laptop

Sebagai salah satu benda elektronik, laptop juga memiliki musuh utama, yaitu benda cair seperti air. Setiap benda elektronik akan mengalami kerusakan jika sudah terkena cairan. Begitupun dengan laptop yang terdiri dari berbagai komponen elektronik.

Nah, bicara soal benda cair, apakah Anda sering meletakkan segelas kopi di dekat laptop sambil melakukan pekerjaan? Jika iya, hal tersebut ternyata sangat berbahaya. Kopi tersebut rawan untuk tumpah ke laptop Anda.

Jika sudah terlanjur terjadi, segera matikan laptop Anda. Lalu, lepaskan semua komponen laptop, mulai dari baterai dan lainnya. Kemudian, keringkan semua komponen laptop Anda. Barulah setelah kering, Anda baru bisa menggunakan kembali laptop Anda.

10. Jauhkan Benda Bersifat Magnet Dari Laptop

Mendekatkan benda yang mempunyai sifat magnet ke benda-benda elektronik bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Patut diingat, di dalam perangkat laptop terdapat benda-benda yang memiliki sifat magnet, yaitu harddisk. Nah jika Anda mendekatkan magnet ke laptop, bisa saja semua data yang tersimpan di dalam perangkat laptop akan hilang secara permanen.

11. Tingkat Kecerahan Layar Laptop Terlalu Tinggi

Jika Anda menggunakan tingkat kecerahan layar laptop yang terlalu tinggi, selain bisa merusak penglihatan Anda, juga bisa membuat baterai laptop Anda menjadi boros. Oleh karena itu, aturlah tingkat kecerahan laptop Anda yang disesuaikan dengan kebutuhan.


12. Menyimpan Laptop Di Atas Permukaan Yang Miring

Anda pasti sudah tahu kalau di dalam harddisk laptop terdapat sebuah piringan yang berfungsi untuk proses pembacaan dan penulisan data. Nah, piringan ini akan berputar ketika laptop digunakan. Berputarnya piringan ini bisa saja semakin kencang tergantung dari penggunaan aplikasi atau program yang dijalankan pada laptop.

Nah, jika Anda menempatkan laptop pada posisi miring, hal tersebut bisa membahayakan. Piringan harddisk bisa saja tergores oleh komponen harddisk lainnya dan menjadi penyebab kerusakan hard disk. Akibatnya, harddisk laptop menjadi bad sector atau bahkan bisa saja langsung rusak. Sehingga, data-data penting Anda di dalam laptop tidak bsia terselamatkan. Oleh karena itu, simpanlah laptop pada bidang yang rata dan keras ketika sedang digunakan.

Sekian artikel kami kali ini seputar penyebab laptop cepat rusak. Gunakanlah laptop Anda dengan apik dan serapi mungkin. Setelah tahu penyebabnya, yuk disimak cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak di situs kami ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting