7 Cara Memperbaiki Layar Laptop Gelap Setengah

Layar pada sebuah komputer merupakan salah satu komponen-komponen komputer yang sangat penting. Selain itu kehadiran layar juga termasuk perangkat keras yang menjadi kesempurnaan dalam sebuah PC Unit. Fungsi monitor LCD pada laptop memiliki kesamaan dengan layar pada komputer, yakni sebagai bagian output pada perangkat keras komputer dan fungsinya. Tanpa kehadiran layar, pengguna akan kesulitan dalam menjalankan aktivitas yang berhubungan dengan komputer.

ads

Masalah yang sering dialami oleh layar adalah tidak dapat menyala. Baik itu layar komputer maupun di laptop akan mengalami hal yang sama. Banyak faktor yang menyebabkan layar pada komputer menjadi tidak menyala atau menjadi lebih gelap sehingga tidak terlihat menu-menu di dalamnya.

Contohnya saja, usia layar, kerusakan kabel, adanya virus, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana jika itu terjadi pada layar laptop? Untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki layar laptop yang gelap setengah. Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Cek Pada Bagian Personalize

Untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada laptop, kamu coba buka bagian personalize. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pada bagian utama menu, klik kanan dan arahkan kursor pada bagian personalize.
  • Setelah diklik, akan muncul menu personalization yang berasal dari control panel.
  • Arahkan kursor pada bagian “Display”. Klik bagian “Display” dan nanti kamu akan masuk ke menu “Display”.
  • Lihat pada menu bagian kiri, klik “Adjust Brightness”.  Di sana kamu akan melihat menu “Power Option”.
  • Di bagian bawahnya, ada tulisan “Screen Brightness”.
  • Aturlah kursor untuk menggerakkan panah “Screen Brightness”. Apabila kamu gerakan ke kanan, cahaya pada layar akan semakin terang. Sebaliknya, jika kamu gerakan ke kiri, cahaya layar akan semakin gelap.
  • Jika kamu sudah selesai mengaturnya, klik close atau tanda silang pada pojok kanan atas.

2. Cek Resolusi Pada Layar

Apabila cara pertama belum berhasil, cobalah untuk cara kedua, yakni mengecek resolusi layar. Pada dasarnya ketika resolusi layar jauh lebih tinggi dibandingkan tenaga laptop itu sendiri, layar tidak dapat menahan beban yang dihasilkan. Hal tersebut yang menjadi penyebab layar laptop blank.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, harus dalam keadaan safe mode. Cobalah untuk restart laptop dan masuk ke dalam safe mode. Setelah itu, perbaikilah layar.

3. Cek BIOS pada laptop

Kesalahan yang terjadi pada BIOS juga dapat memengaruhi kualitas layar pada laptop. Oleh sebab itu, untuk cara masuk BIOS laptop hp, kamu harus mengaktifkan safe mode terlebih dahulu. Setelah laptop dalam keadaan safe mode, masuk ke dalam BIOS dan kembalikan fungsi BIOS dalam keadaan normal atau Default. Cara untuk menjadikan BIOS ke dalam normal adalah dengan menghapus CMOS di bagian motherboard.

4. Gunakan Cooling Pad

Laptop yang mengalami overheat (kepanasan) juga dapat menyebabkan layar menjadi rusak. Salah satunya akan memengaruhi LCD pada layar laptop. Ditambah lagi laptop yang panas akan membuat VGA pada laptop menjadi panas. Akibatnya LCD pada bagian layar laptop juga ikut rusak.

Oleh karena itu, untuk mengurangi hawa panas pada laptop, kamu harus sering menggunakan cooling pad. Fungsi dari cooling pad sendiri adalah sebagai kipas tambahan untuk mendinginkan laptop.

5. Bersihkan Laptop

Salah satu faktor terjadinya overheat pada laptop adalah karena banyaknya debu yang menempel pada komponen laptop. Apalagi laptop yang kamu gunakan sering tidak disimpan dengan baik. Menyimpan laptop tanpa menggunakan sarung laptop hanya akan membuat debu-debu di sekitar ruangan mudah masuk. Debu-debu yang masuk ke dalam sela-sela komponen laptop menyebabkan layar menjadi kotor serta komponennya jadi panas.


Oleh sebab itu, untuk membersihkan laptop, yang harus kamu lakukan :

  • Bongkar terlebih dahulu bagian penutup laptop,
  • Bersihkan bagian aliran udara panas yang keluar dari laptop.
  • Jika sudah, bersihkan juga bagian keyboardnya.
  • Setelah selesai membersihkan, jangan langsung menyalakan laptop.
  • Biarkan terlebih dulu hingga beberapa jam saja.
  • Setelah itu, silahkan gunakan kembali laptop seperti biasanya.

6. Uninstal Aplikasi yang Digunakan Pada Laptop

Aplikasi juga dapat memengaruhi komponen-komponen yang ada pada laptop, termasuk layar. Sebab, aplikasi yang tidak sesuai dengan persyaratan spesifikasi yang diberikan, dapat memberikan beban yang besar pada perangkat keras yang tidak sesuai. Akibatnya, perangkat keras pada laptop bisa cepat rusak.

Maka dari itu, apabila ada aplikasi yang menjadi penyebab layar laptop bermasalah, masuk ke dalam safe mode lalu uninstall aplikasi tersebut. Jika sudah, restart kembali laptop seperti biasa.

7.  Ganti Layar

Apabila beberapa cara diatas sudah dilakukan dan masih tidak ada perubahan pada layar, bisa jadi layar pada laptop benar-benar harus diganti. Cobalah bawa laptopmu ke toko komputer untuk membeli layar yang baru. Pastikan kamu paham tipe layar laptop yang kamu gunakan. Sebab, beberapa laptop memiliki tipe layar yang berbeda.kalau kamu masih ragu, silakan ganti layar ke tempat servis komputer yang terpercaya.

Itulah 7 cara memperbaiki layar laptop gelap setengah yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini  memberikan manfaat yang besar.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Monitor