Home » Hardware » Monitor » 7 Tips Memilih Monitor PC untuk Game Berkualitas Baik

7 Tips Memilih Monitor PC untuk Game Berkualitas Baik

by Elang Hendy Subrata

Monitor merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sering digunakan. tanpa adanya monitor, kita tidak dapat mengetahui apa saja data-data dan informasi yang terdapat di dalam CPU. Sebab aktivitas di dalam CPU hanya bisa kita lihat melalui layar monitor.

Sayangnya, sebagian orang kerap meremehkan keberadaan monitor. Banyak yang beranggapan “asal layarnya muncul” membuat monitor kerap disepelekan. Padahal tidak semua monitor cocok untuk semua pengguna. Jika salah dalam memilih monitor, maka dampaknya akan terlihat pada mata kita. Untuk itu, jika Anda berencana membeli monitor PC, berikut Tips Memilih Monitor PC yang perlu diperhatikan.

1. Pilihlah resolusi layar sesuai dengan kebutuhan

Perlu Anda ketahui bahwa resolusi layar monitor memiliki banyak jenisnya. Tidak seperti zaman tahun 90-an yang hanya memiliki satu jenis monitor LCD yakni monitor tabung. Saat ini sudah banyak jenis monitor yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Umumnya resolusi layar ini sangat berpengaruh dengan kenyamanan pengguna saat menjalankan komputer. Selain itu, resolusi layar juga sangat berpengaruh terhadap bberapa profesi seseorang seperti fotografer, desain grafis, dan sejenisnya.

2. Ukuran monitor

Setelah resolusi layar, Tips Memilih Monitor PC selanjutnya adalah ukuran monitor yang akan dipakai. Ukuran monitor saat ini juga bermacam-macam. Mulai dari ukuran standar hingga ukuran HD atau High Definition. Untuk ukuran pun sama dengan poin sebelumnya, yakni sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna dan tentunya biaya yang harus dikeluarkan.

3. Teknologi panel yang digunakan

Saat ini, fungsi monitor PC tidak hanya sekadar menampilkan data-data dan informasi di dalam CPU saja. salah satu fungsi lainnya adalah dapat memberikan kenyamanan serta kualitas gambar yang lebih jernih dan tajam sehingga mampu memanjakan mata. Teknologi panel pada monitor saat ini ada dua macam, yakni versi TN atau Twisted Nematic dan juga IPS atau In-Plane Switching.

Versi TN memiliki keunggulan dari sisi harganya yang terjangkau dan memiliki respon piksel serta refresh rate yang tergolong cepat. Maka dari itu, teknologi panel ini sering digunakan sebagai monitor gamer. Meskipun begitu, panel ini cukup sensitif terhadap pergeseran warna dari segala sisi.

Versi IPS umumnya sering digunakan pada layar smartphone. Ternyata layar yang menggunakan teknologi IPS ini memiliki keunggulan dari sisi kualitas pancaran warna yang dihasilkan. Ditambah lagi, sudut penglihatan dengan monitor ini pun terbilang cukup baik meskipun dari sisi respon piksel masih kalah dibandingkan versi TN.Nah, kali ini kembali lagi kepada Anda, teknologi panel mana yang paling Anda butuhkan? Silakan Anda yang putuskan.

4. Akurasi warna yang dihasilkan

Bagi Anda yang berprofesi sebagai desain grafis maupun fotografer, akurasi warna akan sangat berpengaruh terhadap hasil gambar yang sudah dibuat. Selain profesi tersebut, akurasi warna juga berpengaruh jika kita menonton film atau bermain game. Maka dari itu, pemilihan akurasi warna yang dihasilkan juga sangat berpengaruh. Untuk itu, pilihlah akurasi warna yang baik saat akan membeli monitor.

5. Kecepatan Refresh rate

Refresh rate juga perlu menjadi perhatian Anda. Umumnya, refresh rate pada sebuah monitor Pc di antara 60 Hz. Maksud dari “60Hz” ini adalah Anda dapat melihat pergerakan objek sebanyak 60 frame perdetik.  Umumnya, kecepatan ini sangat standar untuk perkerjaan umum.  Akan tetapi, jika profesi Anda berhubungan dengan desain grafis, animator, dan sejenisnya, kecepatan refresh rate tersebut masih tergolong kecil. Minimal kecepatan refresh rate yang harus digunakan adalah 144 Hz. Dengan kecepatan seperti itu, Anda dapat melihat grafis yang lebih smooth dibandingkan biasanya. Bahkan, saat Anda bermain game pun, Anda dapat merasakan perbedaan yang cukup signfikan.

6. Response Time

Pada poin ini hanya dibutuhkan pada pengguna yang seorang gamer. Pada monitor untuk gaming, response time cukup berpengaruh terhadap kecepatan gerakan pada objek di dalam game. Pada umumnya, response time yang baik ada dibawah 8 ms. Hal ini bisa terlihat saat kita memainkan game-game berat.

7. Fitur tambahan

Saat ini, monitor PC memiliki dua macam jenis, yakni versi stand atau dudukan dan versi gantung seperti monitor televisi. Untuk bagian ini, dikembalikan lagi pada kebutuhan Anda apakah membutuhkan monitor yang menggunakan stand atau digantung. Sebab hal ini juga berhbungan dengan tingkat kenyamanan saat beraktivitas menggunakan komputer.

Fitur tambahan lainnya adalah pastikan apakah monitor terdapat pelindung silau atau tidak. lapisan anti silau ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata kita. Tentunya bukan hal yang baru kalau berlama-lama di depan monitor dapat memengaruhi penglihatan kita. Ditambah lagi akan jauh lebih baik jika membeli montor yang sudah terpasang speaker. Hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda.

Itulah 7 tips memilih monitor PC yang baik digunakan. Bila Anda tertarik dengan monitor gaming, Anda dapat membaca referensi mengenai monitor gaming termahal di dunia saat ini di berbagai sumber terpercaya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like