Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » 3 Tips Memilih PC Gaming Rakitan yang Bagus dan Murah

3 Tips Memilih PC Gaming Rakitan yang Bagus dan Murah

by Elang Hendy Subrata

PC gaming saat ini tengah menjadi sasaran bagi banyak orang. Semenjak turnamen Esport diselenggarakan oleh beberapa  pihak, kebutuhan PC gaming pun mulai meningkat cukup tinggi. Akan tetapi, untuk dapat membeli satu perangkat PC gaming yang baru, biayanya cukup tinggi.

Namun, Anda tidak perlu cemas karena bagi pengguna yang anggarannya terbatas bisa menggunakan PC gaming rakitan yang lebih ekonomis. Untuk itu, agar performanya bisa setara dengan PC gaming baru, Anda perlu perhatikan beberapa Tips Memilih PC Gaming berikut ini.

1. Jangan terpaku dengan penampilannya

Saat ini, tampilan CPU PC gaming memiliki bentuk dan variasi yang cukup memanjakan mata. Apalagi jika Anda sangat menyukai suatu benda dari penampilan fisiknya, maka tampilan PC gaming zaman sekarang bisa membuat anda tergiur untuk memilikinya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa penampilan yang menarik belum tentu memiliki spesifikasi yang dibutuhkan. Apalagi, rata-rata desain PC yang menarik memiliki harga yang tinggi. Untuk mennentukan PC gaming itu bagus atau tidak adalah dari sisi kemapuannya dalam menjalankan game-game berkualitas tinggi.

2. Pilih komponen-komponen penting yang masih baru

Keunggulan dari PC rakitan adalah kita dapat memilih komponen apa saja yang mesti baru dan komponen mana saja yang bisa dibeli secara seken atau bekas. Beberapa komponen komputer yang sebaiknya masih baru adalah sebagai berikut.

  • Processor

Sudah sangat jelas kalau processor merupakan bagian CPU yang sebaiknya masih baru. Kecepatan serta respon komputer sangat dipengaruhi oleh fungsi processor yang digunakan. Maka dari itu, Anda bisa pertimbangkan processor paling tinggi saat ini untuk dapat mengetahui apa saja processor yang pas dibutuhkan untuk gaming.

  • Harddisk

Bagian selanjutnya yang sebaiknya masih baru adalah Harddisk. Fungsi harddisk sangat penting untuk menyimpan data-data komputer dan juga menyimpan program-program komputer. Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan harddisk atau menggunakan versi SSD. Pertimbangkanlah kelebihan dan kekurangan SSD sehingga Anda tahu apakah SSD dibutuhkan atau tidak.

  • VGA card

Bagian selanjutnya adalah VGA card. Perlu diperhatikan bahwa pada komputer rakitan, Anda harus menghindari tipe VGA shared. Sebab, untuk sebuah kualitas PC gaming tipe VGA shared sangat buruk. Sebaiknya Anda gunakan VGA card yang terpisah dari komputer atau menggunakan VGA card yang khusus untuk PC gaming.

  • Motherboard

Komponen penting lainnya adalah bagian motherboard. Fungsi motherboard adalah sebagai penghubung semua komponen-komponen komputer. Keberadaan motherboard tentu sangat penting sehingga kualitasnya harus lah yang terbaik. Perlu Anda perhatikan mengenai motherboard ini bahwa pastikan beberapa slot motherboard dapat diupgrade. Perkembangan teknologi terus menerus mengalami kemajuan. Apalagi perkembangan komputer termasuk cepat dalam beberapa tahun terakhir. Maka dari itu, jika menggunakan motherboard yang slotnya dapat digunakan untuk komponen selanjutnya, Anda tidak perlu membeli motherboard baru lagi jika ada perubahan terbaru.

  • Power Supply

Power supply merupakan komponen selanjutnyan yang harus diperhatikan. Fungsi power supply adalah untuk memberikan daya listrik pada seluruh komponen komputer. Tanpa adanya power supply, komputer tidak akan menyala. Akan tetapi, kita tidak bisa sembarangan menggunakan power supply, apalagi untuk PC Gaming. Sebab, kemungkinan terjadinya korsleting listrik bisa terjadi jika kita menggunakan power supply asal-asalan. Anda bisa coba carai referensi power supply yang bagus untuk PC gaming di berbagai sumber terpercaya.

3. Gunakan perangkat pendukung sesuai kebutuhan

Sering kita dengar atau baca mengenai komponen pendung yang berbau gaming seperti mouse gaming, headset gaming, keyboard gaming, dan lain-lan. Sebetulnya untuk bagian komponen tambahan tersebut kita bisa gunakan perangkat yang biasa saja karena awet atau tidaknya perangkat tersebut sangat tergantung bagaimana penggunaannya. Jika Anda pengguna yang sering bermain game hampir setiap hari, maka Anda bisa gunakan beberapa perangkat yang terbaik. Namun, jika Anda menggunakan PC gaming untuk hari-hari tertentu, maka perangkat biasa pun sudah cukup.

Selain itu, Anda pun perlu membeli pendingin CPU seperti kipas angin jika Anda sangat sering menggunakan PC gaming untuk bermain game atau melakukan peerjaan berat lainnya. Bermain game atau melakukan rendering video sangat membutuhkan daya yang besar. maka dari itu setiap komponen akan meningkatkan dayanya saat kita bermain game. Akan tetapi, paningkatan daya tersebut membuat komponennya cepat panas. jika Anda tidak menggunakan alat pendingin seperti AC atau kipas angin, beberapa komponen akan cepat rusak.

Itulah 3 tips memilih PC gaming yang berkualitas baik dan murah. Dari artikel ini kita bisa mengetahui  bahwa untuk bisa membeli PC gaming, kita tidak harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Dengan membeli beberapa komponen pentingnya saja, kita dapat membeli PC gaming baru dengan harga yang lebih miring. Anda pun bisa pelajari tips memilih komputer rakitan lainnya di berbagai sumber atau tips membeli komputer baru jika Anda memiliki anggaran yang sangat banyak. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semuanya.

You may also like