Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » 6 Tips Memilih Komputer Rakitan Untuk Game yang Bagus

6 Tips Memilih Komputer Rakitan Untuk Game yang Bagus

by Elang Hendy Subrata

Membeli komputer baru umumnya selalu menjadi pilihan utama ketika ingin membeli perangkat komputer. Akan tetapi, membeli komputer yang baru tentunya memerlukan biaya yang tidak murah. Apalagi jika Anda masih sangat awam di dunia komputer, pastinya menginginkan perangkat komputer yang terbaru karena dianggap memiliki kualitas yang masih baik.

Meskipun begitu, sebenarnya jika kita pintar dalam memilih komponen-komponen komputer yang penting, Anda bisa menggunakan komputer rakitan yang kualitasnya sama bagus dengan komputer baru. Untuk mengetahui apa saja Tips Memilih Komputer Rakitan berikut ulasannya.

1. Jenis Motherboard

Tips Memilih Komputer Rakitan pertama yang perlu Anda pertimbangkan Adalah jensi motherboard yang Anda butuhkan nanti. Jenis-jenis motherboard di pasaran cukup banyak sehigga Anda perlu jeli mengenai apa saja fitur yang diinginkan pengguna. Semakin banyak fitur yang tersemat pada motherboard maka semakin mahal harganya. Maka dari itu, bagian ini kembali pada anggaran yang Anda miliki. Anda bisa mencoba melakukan survey harga motherboard saat ini serta pelajari tips memilih motherboard komputer terbaik di berbagai sumber terpercaya.

2. Jenis Processor

Jika sudah memastikan bagian motherboard, kini kita beralih ke bagian processor. Fungsi processor pada komputer memiliki peran yang penting sebagai pengatur berbagai komponen komputer. Anda bisa memilih dua jenis processor yang ada saat ini, yakni Intel dan AMD. Oleh sebab itu, Anda perlu memilh processor ini berdasarkan kebutuhan yang sangat besar saat ini.

Selain memilih jenis processor yang digunakan, Anda juga perlu pertimbangkan apakah igin menggunakan processor seken atau processor baru. Meskipun barang-barang seken masih diragukan kualitasnya, namun bukan berarti semua barang seken itu buruk. Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu mengenai processor seken seperti apakah kualitas barangnya masih bagus, memiliki garansi, lalu liahatlah kondisi fisiknya. Jika kondisinya masih layak dipakai serta pemakaian sebelumnya kurang dari setahun, maka processor seken bisa menjadi pilihan Anda untuk menghemat anggaran.

3. Kapasitas RAM

Kapasitas RAM juga menentukan lancar atau tidaknya komputer yang Anda gunakan nantinya. Untuk kapasitas RAM saat ini, minimal sebesar 2GB. Jika kurang dari 1 GB, maka jangan berharap komputer akan lancar menjalankan berbagai macam program. Namun, bila ingin lebih aman lagi, minimal Anda membeli kapsitas 4GB dan menggunakan jenis DDR3 atau DDR4.

Sama halnya dengan poin sebelumnya, ada yang menggunakan versi seken dan ada yang menggunakan versi baru. Jika ingin menggunakan versi seken, pastikan kulaitas barangnya masih dalam keadaan baik yang tanpa cacat.

4. Perangkat penyimpanan

Bagian lainnya yang tidak kalah peting adalah perangkat keras penyimpanan data. Saat ini ada dua jenis penyimpanan yang bisa dipilih, yakni Harddisk dan SSD. Jika biasanya Anda lebih memilih menggunakan Harddisk, pertimbangkan jumlah kapasitas yang diperlukan. Jika untuk keperluan normal, sebaiknya menggunakan kapasitas sebesar 500GB. Beda halnya jika Anda membutuhkan komputer rakitan untuk bermain game dan menggunakan program berat seperti rendering video atau edit gambar, maka gunakanlah HDD sebesar 1TB.

Akan tetapi, jika Anda memilih SSD, pertimbangkanlah kelebihan dan kekurangan SSD sebelum menggunakannya. Umumnya, SSD sanagt unggul untuk penyimpanan berbagai sistem operasi komputer. Sayangnya dari sisi harga lebih mahal dibandingkan dengan Harddisk biasa. Akan jauh lebih baik jika Anda sudah mempelajari tips memilih harddisk internal sebelum memutuskannya.

5. Jenis VGA Card

Fungsi VGA Card adalah untuk memuluskan program-program yang berhubungan dengan grafis komputer. Untuk Anda yang membutuhkan komputer untuk aktivitas perkantoran atau aktivitas normal, maka Anda bisa pilih VGA card yang standar saja. Akan tetapi, berbeda halnya jika Anda membutuhkan komputer untuk keperluan gaming, atau menjalankan program-program desain grafis. Gunakanlah VGA car yang memiliki kualitas yang terbaik.

Untuk menentukan bagus tidaknya VGA card yang diincar, perhatikan jenis VGA card yang dibuuhkan seperti core speed, memori VGA, atau memori clock speed yang digunakan. semakin tinggi tinggi angka yang tertera amak semakin bagus VGA card tersebut. Namun tentunyan berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

6. Power Supply

Bagian terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah power supply. Fungsi power supply adalah untuk memberikan daya pada komponen komputer. Namun, pemilihan jenis power supply tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini berhubungan dengan ukuran daya yang diterima oleh setiap komponen. Apabila daya yang diterima tidak sesuai atau bahkan kekurangan, maka kerusakan komponen dapat terjadi.

Maka dari itu, pastikan memilih power supply yang sesuai dengan jumlah pemakaian daya semua komponen. Lebih baik gunakan power supply yang memiliki Watt yang cukup tinggi sehingga setiap komponen tidak akan kekurangan daya listrik. Anda juga bisa pelajari tips memilih power supply untuk lebih menambah pengetahuan Anda.

Itulah 6 tips memilih komputer rakitan yang berkualitas baik. Dari beberapa komponen penting tersebut, Anda bisa memperirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli komputer rakitan. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca semua.

You may also like