Home » Hardware » 6 Tips Memilih Speaker Komputer Sebelum Membelinya

6 Tips Memilih Speaker Komputer Sebelum Membelinya

by Elang Hendy Subrata

Speaker komputer adalah salah satu komponen komputer yang bisa dikatakan cukup penting keberadaanya. Pada dasarnya pada motherboard pun sudah disematkan speaker secara onboard. Akan tetapi secara kualitasnya tidak akan sesuai dengan selera setiap orang.

Maka dari itu, beberapa orang memilih menggunakan speaker output yang bisa diatur suaranya sesuai dengan keinginan. Namun, memilih speaker juga tidak boleh sembarangan. Perlu Anda perhatikan beberapa hal sebelum membeli speaker komputer agar tidak menyesal nantinya. Untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan, berikut ulasan Tips Memilih Speaker Komputer.

1. Cari informasi lebih dalam mengenai speaker komputer

Jika Anda masih awam tentang speaker komputer, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu seperti apa tipe speaker yang Anda inginkan. Informasi ini bisa Anda cari di Internet mengenai review speaker-speaker dari beberapa merk. Beberapa speaker yang memiliki penilaian baik antara lain Logtech, JBL, Altec Lansing, Harmon Kardon, dan Bose.Carilah referensi mengenai apa saja produk-produk speaker yang beredar sekarang dengan melihat merk-merk tersebut. Cari informasi lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan merk speaker yang diincar.

2. Jangan terpengaruh harga yang mahal

Memang harga terkadang mengikuti kualitas suatu barang. Akan tetapi, tidak selamanya hal tersebut berlaku pada semua. Hal yang menentukan kualitas suatu barang sangat ditentukan oleh performa, fitur penunjang, daya tahan, dan juga spesifikasi barang tersebut. Maka dari itu, Anda jangan langsung beli speaker yang mahal begitu saja. Selain banyak uang yang keluar sia-sia, kualitas speaker pun belum tentu bagus.

3. Pilih speaker yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Sama halnya dengan beberapa barang lainnya, sebaiknya Anda membeli speaker sesuai dengan kebutuhan Anda saat menggunakannya. Seperti yang diketahui bahwa kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Tentunya dengan mengetahui kebutuhan ini, kita jadi tahu spesifikasi speaker seperti apa yang harus kita beli. Beberapa contoh berikut ini perlu Anda pertimbangkan.

  • Kebutuhan menonton Film

Jika Anda mencari speaker untuk menonton film saja, maka sebaiknya pilih speaker yang mendukung suround sound. Fungsi suround sound ini dapat memberikan sensasi seperti menonton di bioskop. Selain itu, gunakan speaker yang mendukung surround sound tipe 5.1 atau bisa juga tipe 7.1. gunakan juga frekuensi yang cukup luas sekitar 20 Hz hingga 20 kHz.

  • Kebutuhan mendengarkan musik

Jika Anda membutuhkan speaker untuk dapat mendengarkan musik kesayangan, ada pebedaan jika dibandingkan dengan saat menonton film. Sebaiknya plih speaker yang mempunyai subwoofer. Dengan adanya Woofer ini, suara yang dihasilkan ajkan lebih “empuk” ditelinga. Hal ini umumnya terdapat pada jenis sound system Hi-Fi yang memiliki suara bass yang cukup khas. Untuk jenis frekuensi yang digunakan, pilihlah frekuensi sekitar 20 Hz sampai 20 kHz.

  • Kebutuhan bermain game

Jika  Anda membutuhkan speaker untuk bermain game, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan poin pertama, yakni saat menonton film. Pilihlah speaker yang menggunakan surround  sound. Dengan adanya fitur tersebut, Anda akan merasakan detail game yang lebih lengkap misalnya saja suara senjata api, suara langkah kaki, atau bahkan suara-suara sekitar di dalam game tersebut. Hal tersbeut membuat Anda seolah-olah benar-benar berada di dalm game tersebut.

4. Optimalkan dengan ruangan yang digunakan

Ruangan juga sangat menentukan apakah suar yang dihasilkan dari speaker akan baik atau tidak. oleh sebab itu peletakan speaker juga perlu Anda perhitungkan. Jika ruangan yang digunakan cukup luas, maka Anda bisa gunakan speaker yang menggunakan sistem surround sound tipe 2.1 hingga 5.1. selain itu peletakannya pun bisa dibuat lebih optimal seperti di bagian sudut ruangan dengan jarak yang cukup jauh satu sama lain. Akan tetapi, jika ruangan yang Anda gunakan kecil, Anda bisa gunakan speaker dengan sistem surround sound tipe 2.1. hal ini dapat membuat suara yang keluar lebih maksimal.

5. Perhatikan kompatibel speaker

Tidak semua speaker dapat kompatibel dengan semua perangkat. Meskipun kini hampir semua PC dapat menjalankan semua speaker namun, ada beberapa tipe speaker yang hanya bisa berjalan pada spesifikasi komputer tertentu. Usahakan juga speaker yang Anda incar dapat digunakan pada perangkat selain PC seperti televisi atau bahkan pada smartphone. Hal ni tentunya dapat Anda manfaatkan ketika PC sedang tidak digunakan tapi tetap ingin menggunakan speaker.

6. Garansi

Hal paling penting sebelum memutuskan akan membeli speaker adalah garansi yang ditawarkan. Hal ini sangat penting saat kita akan membeli suatu barang, khususnya barang-barang elektronik. Sebaiknya pilih garansi yang menawarka jangka yang cukup panjang. Dengan begitu, paling tidak kita bisa aman dan tenang bila terjadi sesuatu pada speaker yang kita gunakan di lain hari.

Itulah 6 tips memilih speaker komputer sebelum membelinya. Anda bisa melihat referesi lainnya mengenai speaker bluetooth outdoor terbaik di berbagai situs kepercayaan atau di sumber-sumber informasi lainnya. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu sumber informasi yang bermanfaat untuk Anda.

You may also like