10 Kelebihan dan Kekurangan SSD Harddisk

SSD (Solid State Drive) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang berbeda dari penyimpanan harddisk konvensional. SSD menggunakan bentuk penyimpanan padat (solid) yang serupa dengan flash drive, dan bukan berbentuk piringan magnetik seperti yang digunakan pada harddisk pada umumnya.
SSD merupakan salah satu dari jenis – jenis harddisk yang dapat digunakan untuk menyimpan data dengan baik. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan SSD

ads

Kelebihan

  • Performa

SSD menawarkan performa yang sangat jauh berbeda dengan harddisk pada umumnya. Dengan jumlah waktu akses, dan waktu read and write yang sangat cepat, membuat SSD menjadi perangkat penyimpanan data yang dilirik oleh banyak orang.

Salah satu kisah yang paling sering diungkapkan mengenai performa SSD adalah kemampuannya untuk membantu booting windows dan membuat pembukaan berbagai aplikasi yang telah diinstall menjadi beberapa kali lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan Harddisk. Hal ini merupakan sesuatu yang sudah dicoba dan diakui oleh orang – orang yang pernah menggunakan SSD.

  • Penggunaan Energi yang Rendah

SSD memiliki penggunaan energi yang rendah bila dibandingkan dengan Harddisk. Harddisk merupakan perangkat penyimpanan memori yang menggunakan piringan magnetik, yang tidak akan ditemukan pada perangkat SSD. Dengan tidak adanya perangkat yang bergerak didalam komponen SSD, ini membuat SSD membutuhkan lebih sedikit tenaga bila dibandingkan dengan Hardisk.

  • Keandalan

Dengan tidak adanya perangkat bergerak pada perangkat ini membuat kemungkinan terjadinya kegagalan komponen pada SSD benar – benar dikurangi. Keandalan SSD menjadi meningkat karena terdapat lebih sedikit permasalahan dalam komponen SSD.

Bila dibandingkan dengan Harddisk, SSD umumnya tidak selalu mengalami kerusakan seperti penyebab kerusakan harddisk.

  • Kesunyian

SSD tidak menghasilkan bunyi apapun saat digunakan.

  • Lebih Ringan

Berat dari SSD lebih ringan apabila dibandingkan dengan harddisk konvensional pada umumnya. Ini karena perbedaan komponen pada bagian internal dari SSD yang berbeda dengan HDD.

Kekurangan

  • Harga

Dengan teknologi yang masih baru, tidak bisa dipungkiri bahwa SSD memiliki harga yang lebih mahal per GB bila dibandingkan dengan harddisk. Harga ini diperkirakan masih akan bertahan beberapa tahun ke depan.

  • Kapasitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan teknologi saat ini SSD masih memiliki ketertinggalan dalam hal kapasitas apabila dibandingkan HDD. Keduanya baik itu SSD maupun HDD masih memiliki potensi yang besar yang masih bisa dikembangkan ke depannya. Akan tetapi dalam beberapa tahun ke depan sepertinya Harddisk masih akan tetap memimpin dalam hal kapasitas.

  • Ketahanan

Permasalahan awal tentang siklus cell dan tingkat keakuratan yang buruk pada SSD saat ini telah berkurang. Akan tetapi kita masih bisa  melihat beberapa kualitas yang belum terlalu baik pada beberapa produk yang baru keluar, khususnya bagi produk yang memiliki kualitas yang rendah, akan tetapi untuk jangka panjang. Kualitas ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Saat ini ketahanan dari rata – rata SSD sebenarnya sudah bisa melampaui ketahanan dalam penggunaan penyimpanan data dalam komputer pc pada umumnya. Walaupun tidak semua produk SSD dapat melakukan hal ini.


  • Kualitas.

Beberapa model awal dari SSD tidak memiliki kualitas yang baik dari segi perspektif firmware. Akan tetapi dalam dua hingga tiga tahun belakangan sejak pertama kalinya SSD dirilis kebanyakan permasalahan ini sepertinya sudah mulai berkurang.

  • Masih Sulit Ditemui

Sebagai barang yang lumayan baru, tidak semua penjual perangkat komputer menjual SSD. Dan untuk dapat membelinya anda biasanya harus melalui toko online atau memesannya terlebih dahulu.

Itu tadi pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan harddisk SSD. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 28th, November 2017 / 09:26 Oleh :
Kategori : Harddisk