Home » Hardware » Harddisk » 7 Tips Memilih Hardisk Eksternal yang Baik dan Bagus

7 Tips Memilih Hardisk Eksternal yang Baik dan Bagus

by Elang Hendy Subrata

Harddisk merupakan salah satu komponen komponen komputer yang penting keberadaannya. Fungsi harddisk adalah untuk menyimpan data-data serta sistem yang ada di dalam komputer maupun laptop. Seiring dengan berjalannya waktu, kapasitas penyimpanan di dalam harddisk akan terus bertambah jika terus-menerus menggunakan komputer maupun laptop. Hal ini membuat kita membutuhkan harddisk eksternal.

Akan tetapi, tidak mudah mencari harddisk eksternal yang berkualitas baik dan awet. Jika kita melihat dari sisi brand pun tidak menjamin harddisk eksternal tersebut akan awet digunakan. untuk Anda yang berencana ingin membeli harddisk eksternal, ada baiknya melihat dulu Tips Memilih Hardisk Eksternal berikut ini.

1. Lihat sistem operasi yang didukung

Saat akan membeli harddisk eksternal, Tips Memilih Hardisk Eksternal bagian pertama yang harus dilihat adalah sistem operasi yang didukung. Hal ini juga berhubungan dengan sistem operasi pada komputer atau laptop yang Anda gunakan. Saat ini, sistem operasi komputer maupun laptop lebih dominan oleh Windows. Meskipun begitu, ada juga yang menggunakan sistem operasi Linux atau Apple, tapi jumlahnya tidak banyak.

Nah, pada harddisk eksternal terdapat file system yang berbeda berdasarkan sistem operasi yang digunakan komputer maupun laptop. File system tersebut adalah HFS+ untuk Sistem Operasi Apple dan NTFS untuk Sistem Operasi Windows. Jika memakai hardisk eksternal yang menggunakan file system HFS+ pada komputer Windows, maka harddisk tidak akan terdeteksi dan begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan apakah harddisk eksternal yang akan Anda beli mendukung sistem operasi komputer yang Anda gunakan atau tidak.

2. Jumlah kapasitas penyimpanan

Pertimbangan lainnya adalah kapasitas penyimpanan memori ekternal. Tentu hal ini berhubungan dengan tujuan Anda membeli harddisk eksternal. Jika Nada hanya ingin menyimpan file-file dengan ukuran yang tidak terlalu besar, maka kapasitas 500GB sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda. Akan tetapi, jika Anda ingin menyimpan file dengan ukuran yang besar, sebagai cadangan data-data aplikasi, software, game, dan file-file penting, maka kapasitas lebih dari 500GB harus Anda pilih. Namun hal ini harus disesuaikan dengan anggaran yang Anda punya.

3. Kecepatan pengolahan data

Bagian ini kerap disepelekan oleh beberapa orang. padahal kecepatan pengolahan data di harddisk eksternal sangat berpengaruh terhadap kecepatan menulis maupun membaca piringan harddisk. Untuk satuan kecepatan perputaran piringan harddisk, ditentukan oleh RPM atau singakatan dari Revolutions per Minute. Semakin tinggi RPM yang ditunjukan maka semakin cepat dalam pengolahan datanya.

4. Konektivitas yang didukung

Konektivitas pada harddisk eksternal pun bisa menjadi pertimbangan selanjutnya. Saat ini, konektvitas yang dapat digunakan oleh harddisk eksternal adalah melalui port USB. Jenis port USB yang digunakan pun ada dua macam, yakni USB 3.0 dan 2.0. Untuk jenis USB 3.0 dapat mencapai kecepatan hingga 5Gbps. Hal ini tentunya lebih cepat dibandingkan menggunakan USB tipe 2.0 yang hanya mencapai 480 Mbps. Meskipun begitu, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena USB tipe 3.0 dapat digunakan pada port USB 2.0.

Pada beberapa jenis harddisk eksternal lainnya, ada juga yang menggunakan koneksi melalui port thunderbolt. Tentunya kecepatan data transfer yang dihasilkan jauh lebih cepat dibandingkan dengan tipe 3.0. Hanya saja, port thunderbolt ini tidak banyak dipakai pada komputer maupun laptop. Untuk itu, carilah harddisk eksternal yang menggunakan konektivitas USB 3.0.

5. Garansi

Garansi merupakan bagian sangat penting saat pembelian suatu barang. Kita tidak akan tahu apakah harddisk eksternal yang digunakan akan awet atau tidak. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka gransi adalah salah satu hal wajib sebelum membeli harddisk eksternal.

Pastikan garansi yang ditawarkan adalah garansi resmi dari brand harddisk eksternal tersebut dan bukan garansi toko. Sebab, garansi dari brand resmi dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. Ditambah lagi, fasilitas dalam bantuan servisnya pun jauh lebih memuaskan. Biasanya garansi pada harddisk eksternal Cuma 1 tahun saja. Ada juga harddisk eksternal yang menawarkan garansi lebih dari satu tahun. Untuk bagian ini, kembali disesuaikan dengan anggaran yang Anda gunakan.

6. Fitur tambahan

Harddisk eksternal yang berkualitas memiliki fitur tambahan yang dapat mendukung perlindungan terhadap data di dalamnya. Pastikan harddisk eksternal yang Anda inginkan terdapat fitur backup atau password prottection. Kedua fitur tersebut sangat bergunaa saat data-data penting yang Anda simpan tidak disalahgunakan oleh orang lain. Hal ini menambah perlindungan terhadap data-data penting milik Anda.

7. Pelindung harddisk eksternal

Bagian selanjutnya adalah bagian pelindung harddisk eksternal. Hal ini sangat penting jika Anda sering membawa harddisk eksternal ini ke sekolah, kampus, kantor, atau tempat lainnya. Tentunya saat hardisk dibawa akan sering terjadi gesekan di dalam tas atau tempat penyimpanan lainnya. Di sinilah Anda harus pastikan pelindung harddisk eksternal kokoh, tahan guncangan, serta tidak membuat lecet. Selain itu, pastikan saat Anda menggenggam pelindung harddisk eksternal tidak terasa licin, dan erat di genggam. Hal ini untuk menghindari harddisk eksternal mudah jatuh atau mudah lepas dari genggaman. Akan jauh lebih baik, jika pelindung harddisk terbuat dari bahan yang erat di genggam.

Itulah 7 Tips Memilih Hardisk Eksternal sebelum membelinya. Anda bisa melihat referensi Harddisk Eksternal terbaik di berbagai situs terpercaya. Anda juga bisa melihat referensi lainnya mengenai penyebab harddisk eksternal tidak terbaca dan cara memperbaiki harddisk eksternal di berbagai sumber lainnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

You may also like