Home » Hardware » Harddisk » 15 Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Paling Mudah

15 Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Paling Mudah

by Wayan Adhi
by Wayan Adhi

Harddisk merupakan  media penyimpanan data yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat komputer di era modern saat ini. Dan bila anda tidak merawat media anda dengan baik, anda dapat kehilangan data – data penting yang tersimpan pada harddisk anda apabila harddisk tersebut rusak. Sama seperti semua perangkat elektronik lainnya, ada banyak faktor yang dapat membuat permasalahan yang akan berakhir membuat harddisk anda menjadi rusak. Bahkan harddisk eksternal terbaik sekalipun berpotensi mengalami kerusakan ini. Disini saya akan berbagi cara memperbaiki harddisk eksternal dengan masalah yang umum

Permasalahan harddisk eksternal yang paling sering ditemui bagi para penggunanya adalah permasalahan tidak dapat terdeteksinya harddisk. Ada beberapa penyebab kerusakan harddisk yang dapat membuat harddisk eksternal menjadi tidak dapat terbaca atau terdeteksi. Permasalahan ini dapat terjadi karena adanya bad sector pada bagian harddisk, kerusakan fisik, ataupun file yang crash. Kerusakan fisik yang dimaksud dapat berupa riwayat jatuhnya harddisk karena pernah terbanting, slot kabel harddisk yang sudah rusak karena sering cabut paksa, Port USB yang rusak, ataupun IC triggernya yang tidak dapat berfungsi lagi. Permasalahan – permasalahan ini dapat menjadi penyebab harddisk eksternal tidak terbaca oleh komputer.

Harddisk Bad Sector

Pada intinya bad sector merupakan sebuah kejadian dimana harddisk tidak lagi dapat menyimpan data melalui proses read/ write pada bagian segmen yang ada di dalam harddisk. Dengan kata lain harddisk anda menjadi rusak.

Harddisk yang memiliki bad sector dapat merupakan harddisk yang dimana salah satu bagian cluster dari harddisk tidak dapat terbaca lagi. Harddisk tersebut juga tidak akan memberikan respon ketika komputer melakukan proses pembacaan datanya. Bad sector tidak hanya dapat diterima oleh media harddisk konvensional melainkan juga dengan harddisk modern seperti SSD.

Untuk harddisk pada umumnya terdapat dua jenis permasalahan yang dapat membuat harddisk menjadi rusak, permasalahan tersebut dapat berupa hardware ataupun software. Permasalahan pada hardware kadang disebabkan karena adanya permasalahan yang membuat bagian dari harddisk tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan membuat data anda menjadi tidak bisa terakses.

Sedangkan untuk permasalahan pada software seringkali merupakan perpaduan dari kedua permasalahan antara yang digital dan permasalahan fisik yang tentunya akan membuat pemulihan data menjadi lebih sulit.

Berikut merupakan beberapa langkah yang perlu anda perhatikan untuk sebagai langkah awal memperbaiki harddisk anda yang rusak. Untuk lebih lanjutnya anda bisa mencoba mengetahui pembahasan cara mengecek harddisk rusak atau tidak untuk dapat memberikan solusi yang terbaik.

  1. Cari tahu apakah harddisk anda memerlukan proses perbaikan secara fisik ataupun secara hardware. Dengan mengetahui ini anda akan bisa mencarikan solusi yang tepat untuk permasalahan pada harddisk anda.
  2. Perhatikan suara yang muncul dari harddisk anda. Jika muncul ritme atau ada sesuatu yang aneh atau tidak biasa yang berasal dari harddisk anda. Ini dapat berarti ada beberapa bagian internal harddisk anda yang tidak bekerja dengan baik. Ini juga merupakan salah satu ciri harddisk rusak. Permasalahan ini akan membutuhkan solusi terhadap penyelesaian secara hardware. Apabila anda tidak menemukan hal yang salah dari harddisk anda, anda perlu mengecek solusi penyelesaian dengan menggunakan metode software.  Yang pasti sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya anda harus mengecek harddisk rusak atau tidak.
  3. Setelah anda mengetahui jenis permasalahan pada harddisk anda yang rusak. Jalankan satu dari beberapa software perbaikan harddisk yang anda miliki. Software ini tersedia secara default dari Windows, dan ada juga yang berasal dari pihak ketiga yang dapat anda download lewat internet. Untuk cara melakukan perbaikan secara software akan dibahas pada poin selanjutnya. Jika anda sudah melakukan proses perbaikan dan tidak ada lagi masalah yang terjadi. Anda tidak perlu lagi melakukan perbaikan secara fisik untuk memperbaiki harddisk eskternal anda.
  4. Jika masih terdapat masalah, anda bisa mencoba membuka harddisk anda untuk melihat apakah masih ada permasalahan pada bagian komponen di dalamnya.
  5. Coba lepaskan baut kecil yang mengikat harddisk anda. Apabila harddisk anda memiliki riwayat pernah jatuh, perhatikan apakah bagian dalam komponennya ada yang longgar atau terbengkokkan. Perbaiki komponen tersebut secara hati – hati. Usahakan anda tidak menyentuh piringan magnet yang ada didalam harddisk karena ini merupakan tempat penyimpanan data dari harddisk anda. Jika ada menyetuh bagian ini anda akan beresiko mengalami kehilangan data atau memiliki data yang corrupt alias rusak.
  6. Pasang kembali penutup harddisk yang telah anda buka, dan cek kembali apakah semua komponen yang ada dalam harddisk eksternal anda telah bekerja dengan baik.
  7. Selain cara diatas anda bisa mencoba untuk memasangkan harddisk eksernal anda pada komputer lain. Ini akan mengkonfirmasi permasalahan pada port USB  pada komputer anda yang mungkin saja dapat terjadi.

Memperbaiki Harddisk Eksternal dengan Menggunakan Software

Tadi kita sudah melakukan pembahasan mengenai bagaimana persiapan awal dan sedikit cara yang dapat mengatasi permasalahan harddisk secara fisik. Berikutnya kita akan membahas cara memperbaiki harddisk dengan menggunakan metode software

Memperbaiki Harddisk dengan Check Disk

Menyelesaikan permasalahan harddisk dengan cara check disk dapat dimulai dengan menyambungkan harddisk anda kepada komputer anda. 

  • Jika harddisk anda bermasalah, ketika anda memasukkan harddisk anda ke dalam komputer harddisk anda akan memunculkan kotak dialog yang meminta anda memformat harddisk anda.
  • Klik “No”. Ingat jangan sampai anda mengklik “Format“, karena dengan melakukan hal tersebut anda akan melakukan proses format harddisk yang akan membuat data – data dalam harddisk anda menjadi hilang.
  • Klik “Start”, pilih “MyComputer” atau ikon “Computer” yang ada pada dekstop komputer anda.
  • Nanti akan muncul drive dari harddisk yang baru anda sambungkan tadi. Klik kanan pada harddisk anda, pilih “Properties.” Apabila harddisk anda tidak dapat terbaca silahkan langsung menuju ke tahap selanjutnya.
  • Nanti akan muncul jendela Windows yang menampilkan propertinya. Klik pada tab “Tools”.
  • Pilih “Check Now” di bawah “Error Checking” untuk memulai pemeriksaan permasalahan atau error pada harddisk anda. Jangan lupa untuk mencentang bagian jendela Windows yang isinya merupakan pertanyaan yang meminta anda untuk melanjutkan proses perbaikan harddisk secara software. Centang juga pada kotak yang berisi “Scan for and attempt recovery of bad sectors”
  • Klik “Start”. Jika kemudian Windows memberitahu bahwa harddisk anda tidak terbaca dan anda perlu melakukan format kembali, klik “No”.

Bila langkah – langkah tadi masih tetap gagal, kita bisa menggunakan command prompt untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut

  1. Pertama buka aplikasi Command Prompt yang ada pada komputer anda.
  2. Untuk membukanya anda dapat mengklik Start, lalu jalankan Run.
  3. Setelah terbuka, pada menu run tadi, masukkan perintah CMD setelah itu klik “Start”
  4. Nantinya jendela dari aplikasi Command Prompt akan terbuka.
  5. Dari sana ketik nama dari drive anda yang rusak tadi dengan menambahkan tanda titik dua. Misalnya harddisk anda yang rusak tadi terletak di drive G:, maka ketik ‘G:’ lalu tekan enter.
  6. Apabila harddisk anda bermasalah atau rusak, pada bagian jendela CMD akan muncul peringatan yang mengatakan  “The System Cannot Find Drive Specified”.
  7. Yang terakhir, ketik perintah chkdsk di command prompt, setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses perintah pemeriksaannya selesai.
  8. Jika error atau permasalahan ditemukan, Windows akan menawarkan pilihan untuk memperbaikinya. Ketik perintah ‘y’ untuk mengkonfirmasi kelanjutan proses tadi.
  9. Tunggu hingga proses perbaikannya selesai

Dalam memperbaiki harddisk eksternal dengan menggunakan software anda bisa mencoba dengan cara mengupdate driver harddisk anda. Karena mungkin saja itu merupakan salah satu penyebab permasalahannya. Itu tadi pembahasan mengenai cara memperbaiki harddisk eksternal dengan masalah yang umum. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

You may also like