Home » Hardware » Harddisk » 4 Cara Membersihkan Ruang Disk PC dengan Mudah

4 Cara Membersihkan Ruang Disk PC dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Seiring dengan penggunaan PC yang cukup meningkat, banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa kegiatan tersebut membuat memori di dalam harddisk PC semakin bertambah. Apalagi jika Anda sering menyimpan file-file didalam PC seperti file musik, film, dan aplikasi maupun software yang terpasang, maka semakin banyak memori yang bertambah. Hal tersebut juga diperparah dengan usia PC yang sudah lama. Apabila Anda tidak memiliki dana untuk upgrade memori, Anda bisa gunakan beberapa Cara Membersihkan Ruang Disk pada PC.

1. Menghapus Windows versi lama

Ketika Anda melakukan upgrade dari Windows sebelumnya, seperti windows 8 ke Windows 10, ada beberapa data lama yang tidak terhapus. Hal tersebut bertujuan untuk cadangan data jika Anda ingin mengembalikan Sistem Operasi Windows 10 ke versi sebelumnya. Akan tetapi, tentunya data yang disimpan jumlahnya cukup besar.

Maka dari itu, jika Anda memang sudah tidak membutuhkan data sistem operasi yang lama, maka ikutilah cara-cara berikut ini. pertama bukalah pengaturan atau Setting. Setelah itu  masuk ke bagian System lalu Storage. Selanjutnya klik pada bagian driver utama yang Anda gunakan. Nanti akan muncul daftar kategori yang berbeda-beda sekaligus dengan jumlah ruang data yang telah digunakan. Scroll saja ke bagian “Previous Version of Windows”. Setelah menmukannya, ceklis saja kotaknya, dan klik “Remove Files”.

2. Hapus Cache pembaruan

Cache pembaharuan umumnya terdiri dari beberapa salinan file instalasi pembaruan yang telah dipasang pada PC. Sistem operasi akan mengguankan kembali cache pembaruan ini jika suatu saat nanti akan ada pembaharuan dari pihak Windows. Sayangnya, jumlah memori cache pembaharuan ini terhitung besar. Sama halnya dengan poin pertama tentang memori Windows Lama.

Untuk menghapus cache pembaharuan adalah sebagai berikut. Pertama masuklah ke menu pembaharuan Windows. Carilah menu “Service”. Jika sudah ketemu, klik kanan dan pilih “Run as Administrator”. Nantinya Anda akan masuk ke dalam daftar entri sampai Anda dapat menemukan kata “Windows Update”. Setelah menemukannya, klik kanan dan pilih “Stop”.

Proses selanjutnya adalah hapus filenya. Caranya adalah masuk menggunakan aplikasi Run. Bukalah aplikasi Run atau klik tombol “Windows + R”. Setelah itu masukan “C:\Windows\SoftwareDistribution\” lalu tekan Enter. Nantinya, Anda akan masuk ke dalam folder unduhan yang terdapat banyak file. Hapuslah semua file unduhan tersebut. 

3. Hapus data Hibernasi

Mungkin Anda baru tahu kalau mode hibernasi pada PC dapat menyimpan beberapa data. Umumnya, mode hibernasi atau hibernate ini menyimpan data yang berjalan pada PC pada harddisk. Berbeda dengan mode Sleep atau mode tidur yang dapat menyimpan semua data dokumen maupun aplikasi yang berjalan pada RAM.

Apabila Anda pernah menggunakan mode hibernate sebelumnya dan tidak ingin menggunakannya lagi selamanya, Anda bisa coba menonatifkannya. Namun, perlu Anda pahami bahwa dengan menonaktifkan mode hibernate ini, maka PC yang Anda gunakan tidak akan bisa lagi melakukan hibernate. Oleh sebab itu, cobalah untuk dipikirkan kembali.

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk tidak akn menggunakan mode hibernate, maka ikutilah cara-caranya. Pertama masuk dulu ke menu Command Prompt. Setelah Anda membuka menu Command Prompt, selanjutnya adalah ketik kalimat ini, “powercfg.exe –h off” setelah itu tekan Enter. Tunggulah beberapa saat dan cobalah Anda cek ke bagian Shutdown. Jika sudah tidak ada tombol hibernate, maka proses telah berhasil. Jika Anda ingin membatalkan perintahnya, maka masuk lagi ke Command Prompt lalu ketik “powercfg.exe –h”. Nantinya, tombol hibernate akan muncul kembali.

4. Menggunakan Disk Clean up

Cara Membersihkan Ruang Disk selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan fungsi Disk Clean up. Fungsi ini dapat menghapus beberapa file sampah yang terdapat di harddisk yang tidak terlihat. Khususnya pada harddisk C. File sampah yang menumpuk ini berasal dari aktivitas yang sering kita lakukan saat menggunakan PC.

Cara menggunakan Disk Clean up ini cukup mudah. Pertama, pilihlah Harddisk yang Anda gunakan, misalnya kita pakai Harddisk C. Selanjutnya adalah klik kanan dan pilih properties. Selanjutnya pilih tab General dan di sana Anda akan melihat tombol Disk Cleanup, klik saja. tunggulah beberapa saat sampai proses scanning selesai. setelah proses scanning selesai, selanjutnya adalah pilih file-file yang muncul dan tekan OK. File-file yang muncul tersebut adalah sampah-sampah yang terbentuk saat kita gunakan PC. Nantinya semua file yang sudah dicentang akan terhapus semua. Jika sudah, silakan cek kembali memori Harddisk C apakah sudah berkurang atau masih tidak ada perubahan.

Itulah 4 cara membersihkan ruang disk PC dengan mudah. Apabila beberapa cara di atas suda dilakukan namun tidak ada perubahan pada Harddisk, bisa jadi itu merupakan ciri harddisk rusak. Anda bisa lihat-lihat tips memilih harddisk internal yang berkualitas baik dan juga tips membersihkan laptop dari file sampah jika Anda memiliki laptop. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

You may also like