Home » Hardware » Harddisk » Cara Membuat HDD Laptop jadi External menggunakan External Case

Cara Membuat HDD Laptop jadi External menggunakan External Case

by Elang Hendy Subrata

Hardisk merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting. Tanpa adanya hardisk, file-file, aplikasi dan juga software akan susah untuk dijalankan. Akan tetapi, penggunaan memori pada Hardisk akan terus bertambah. jika kamu memiliki budget yang lebih, kamu bisa membeli hardisk eksternal atau membeli komputer yag baru. Namun bagaimana dengan hardisk di dalam laptop?

Meskipun kamu memiliki budget yang lebih dan memilih untuk membeli laptop yang baru, namun akan sangat disayangkan jika hardisk internal pada laptop lama tidak digunakan sama sekali. Maka dari itu, daripada hardisk di laptop lama tidak digunakan sama sekali, akan jauh lebih baik jika kita berpikir kreatif dan menjadikan harddisk internal pad laptop menjadi eksternal.

Emang bisa mengubah harddisk internal menjadi eksternal? Tentu saja bisa! Apalagi dengan mengubah Hardisk internal menjadi eksternal memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut.

Keunggulan mengubah hardisk internal ke external

  • Hemat biaya.

Kamu tidak perlu membeli hardisk eksternal lagi karena hanya dengan memanfaatkan hardisk internal laptop bekas yang kamu punya, sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan tentang hardisk eksternal. Hal ini tentunya cukup menghemat biaya. apalagi jenis-jenis hardisk di pasaran memiliki harga yang berbeda-beda tergantung kapasitas memori dan brand yang diusung.

  • Dapat digunakan sebagai cadangan data

Dengan adanya hardisk eksternal tentu bisa menjadi alat untuk cadangan data, terutama data-data penting yang akan dibawa ke sebuah acara-acara penting. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menyimpan film, foto, dan juga video-video yang penting untuk kamu.

  • Berpikir kreatif

Siapa sangka jika barang-barang yang dianggap rongsokan ini masih tersimpan harta karun yang masih memiliki manfaatnya. Dengan mengubah hardisk internal menjadi hardisk eksternal tentunya melatih daya kreatifitas kita.

Nah, untuk dapat mengubah hardisk internal menjadi eksternal diperlukan suatu alat yang bernama external case. Kamu dapat membelinya di toko-toko peralatan komputer. Fungsi dari external case ini adalah mengubah hardisk internal sehingga dapat digunakan menjadi eksternal. Sebelum mengetahui cara menggunakan external case ini. Perlu disiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.

Alat dan bahan

  • Obeng
  • External case
  • Kabel USB untung mengubungkan hardisk eksternal ke laptop atau komputer.

setelah alat dan bahannya sudah disiapkan pertama-tama ikutilah petunuk dibawah ini.

Cabut hardisk internal

  1. Langkah pertama adalah cabut terlebih dahulu hardisk internal di laptop lama kamu. Bukalah penutup laptop yang letaknya ada di dasar laptop.
  2. Setelah penutup laptop telah terbuka, gunakan obeng untuk membuka kotak hardisk internal di dalamnya.
  3. Setelah itu, ambil hardisk internal di dalamnya dan jangan lupa untuk mencabut kabel-kabel yang terpasang pada hardisk internal.
  4. Selesai, hardisk internal telah dicabut dari laptop

Masukan hardisk internal ke external case

  1. Buka kesing pada external case terlebih dahulu, jika di dalam kesing eksternal terdapat debu atau kotoran-kotoran, lebih  baik dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, hardisk internal yang sudah disiapkan tadi masukan ke dalam external case secara perlahan-lahan.
  3. Colokan hardisk internal tadi pada bagian port yang ada pada external case. Dengan begitu, hardisk internal dapat diubah oleh external case menjadi sebuah USB. Sebab, pada dasranya, fungsi dari external case adalah mengubah hardisk internal menjadi USB.
  4. Setelah keduanya terhubung, berikutnya tutup kembali dan kunci menggunakan baut atau jika tidak ada dan hanya menggunakan pengunci biasa, tinggal ditekan saja sampai bunyi “klik”.
  5. Setelah itu masukan kabel USB yang sudah disiapkan tadi pada port external case yang sudah ada.
  6. Selesai, kini hardisk internal sudah berhasil diubah menjadi hardisk eksternal.

Untuk melihat apakah HDDnya berhasil atau tidak, cobalah untuk mencolokan hardisk eksternal ini ke sebuah komputer atau laptop yang kamu punya. jika kamu memasangnya dengan benar, seharusnya komputer atau laptop dapat mendeteksi perangkat baru layaknya sebuah flash  disk baru yang dimasukan ke dalam komputer atau laptop.

Jika pada awalnya tidak langsung muncul deteksi perangkat baru, maka cobalah untuk mengunjungi Manajemen Disk. Carilah disk yang ruangnya masih kosong sehingga ruang kosong tersebut dapat diisi oleh hardisk eksternal.

Itulah cara membuat HDD laptop jadi eksternal menggunakan eksternal case. kamu bisa mencari referensi lain seperti cara menjadikan hardisk eksternal menjadi internal. Namun, sebelum kamu memutuskan akan menggunakan harddisk internal menjadi hardisk eksternal, kamu harus memastikan terlebih dulu hal-hal dibawah ini.

  • Fungsi Hardisk internal harus dalam keadaan baik dan layak untuk digunakan. Jika sebelumnya hardisk internal mengalami masalah maka sebagiknya jangan digunakan.
  • Kemudian dari sisi kapasitasnya, pastikan jika kapasitas hardisk internal tergolong besar atau minimal 100GB ke atas. jika kapastitas hardisk yang digunakan kurang dari 100GB, hal tersebut tidaklah cukup.
  • Saat hardisk internal dijadikan hardisk eksternal, pastikan semua isi di hardisk internal sudah diformat. Sebab, jika masih ada data lama yang tersimpan di dalam hardisk, hal tersebut berpotensi terjadinya kerusakan pada file saat disimpan. pelajari terlebih dahulu cara format hardisk eksternal dengan baik dan benar.

Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kamu semua.

You may also like