7 Cara Format Hardisk Eksternal yang Benar Paling Mudah

Seperti yang kita ketahui fungsi harddisk pada komputer sangatlah penting. Jadi apabila harddisk anda tidak dapat bekerja dengan maksimal tentu akan menghambat pekerjaan yang anda lakukan. Salah satu hal yang yang dapat memperbaiki hal tersebut adalah dengan melakukan proses pemformatan.

ads

Proses pemformatan dapat dilakukan mulai dari harddisk eksternal yang umum ditemukan hingga harddisk eksternal terbaik. Jika anda memformat suatu harddisk sebenarnya anda tidak benar – benar menghapus data yang ada didalamnya. Bagi seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman profesional dalam pengembalian data. Orang tersebut masih bisa mengembalikan sebagian data yang ada pada suatu harddisk yang terformat. Oleh karena itu biasanya pemformatan harddisk kadang merupakan pilihan yang cocok bagi sebagian situasi.

Alasan yang umum digunakan untuk melakukan format harddisk eksternal

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang melakukan proses pemformatan pada harddisk eksternal milik mereka. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

1. Harddisk yang Penuh

Harddisk yang penuh tentu dapat menimbulkan masalah dan mengganggu kinerja komputer. Hal tersebut juga membuat harddisk berkemungkinan menjadi error juga semakin besar jika harddisk dibiarkan menjalankan aplikasi dalam keadaan kapasitas penuh. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan dalam pembacaan dan penulisan data pada harddisk.

2. Terlalu banyak error.

Registry, aplikasi crash, dan adanya bug dapat menjadi masalah serius dan menimbulkan error yang banyak. Semakin banyak permasalahan yang menumpuk ini akan menjadi penyebab harddisk anda perlu untuk dilakukan format sehingga dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya.

3. Kinerja harddisk yang melambat.

Kinerja harddisk yang melambat dan performa yang menurun adalah hal yang tidak bisa dihindari dari suatu harddisk. Ini juga yang seringkali menjadi penyebab kerusakan harddisk apabila tidak ditangani dengan baik.

4. Terinfeksi Virus

Virus umumnya menjadi salah satu alasan untuk membuat seseorang memilih untuk melakukan format pada harddisknya. Jika berbagai cara sudah dilakukan oleh mereka solusi akhirnya pun diserahkan pada format harddisk. Beberapa infeksi virus juga merupakan penyebab harddisk eksternal tidak terbaca.

5. Menghilangkan data yang ada didalam harddisk.

Menghilangkan data yang ada didalam harddisk dengan  cara memformat merupakan alasan yang paling umum kenapa orang – orang melakukan proses pemformatan harddisk.

6. Mengganti sistem file harddisk anda.

Perlu diketahui untuk harddisk secara umum memiliki jenis file sistem yang berbeda- beda yang biasanya diasosiasikan dengan sistem operasi yang berbeda juga. Sebagai contoh, sistem Windows umumnya menggunakan jenis file sistem NTFS sebagai jenis sistem file untuk harddisknya. Sedangkan untuk OSX pada MAC harddisknya diformat dengan sistem HFS + dan UBUNTU menggunakan jenis file sistem Ext4.


Format yang bisa dibaca oleh setiap sistem operasi adalah format harddisk FAT yang merupakan jenis default dari drive yang bisa disambungkan dengan USB. Jika anda berpikirian untuk mengalihfungsikan harddisk anda entah itu harddisk eksternal atau internal. Mengganti sistem file anda adalah cara yang tepat untuk melakukannya.

7. Menghapus Partisi.

Dengan memformat harddisk anda dapat membuat perangkat harddisk menjadi beberapa partisi atau beberapa partisi menjadi satu partisi. Sehingga anda dapat menjadi lebih memaksimalkan performa yang dimiliki oleh harddisk anda.

Cara Format Harddisk Eksternal

Berikut merupakan beberapa langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk memformat harddisk eksternal ana.

Memformat Harddisk Eksternal di Windows.

Untuk memformat harddisk baik itu harddisk eksternal maupun internal. Alangkah baiknya anda melakukan pencadangan data – data penting yang mungkin ada pada harddisk anda. Memformat harddisk anda nantinya akan menghapus seluruh data yang tersimpan didalamnya. Oleh karena itu pastikan bahwa anda telah menyimpan semua data yang perlu anda simpan ke lokasi yang aman. Anda bisa memulihkan cadangan data anda yang telah anda buat ke harddisk yang telah anda format nantinya setelah selesai proses pemformatan harddisk.

Jika anda sudah memahami hal tersebut, untuk bagian pertama saya ingin membagikan cara memformat harddisk eksternal di Windows. Jadi langsung saja berikut merupakan cara memformat harddisk eksternal di Windows.

Pasang harddisk yang akan anda formatanda bisa menghubungkannya melalui colokan USB yang tersedia pada komputer anda.

Bukalah jendela Computer/ My Computer/ This PC yang ada pada komputer Windows anda melalui menu Start atau dengan menekan tombol Win+E. Jendela ini akan menampilkan seluruh media penyimpanan yang terhubung dengna komputer anda saat itu.

Klik kanan pada harddisk yang hendak anda ingin format, lalu klik “Format”. Jendela pemformatan Windows nantinya akan terbuka.

Pastikan bahwa anda memilih harddisk yang benar karena nantinya semua data yang ada pada harddisk tersebut akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Pilih sistem berkas. Sistem berkas adalah cara harddisk mengatur dan mengkategoirkan berkas dan akan menentukan kompatibilitas harddisk. Pilihlah pilihan FAT32 atau exFAT.

Jika anda menginginkannya anda bisa memberikan nama pada harddisk anda.

Putuskan apakah anda ingin menggunakan Quick Format. Quick Format akan memformat harddisk anda lebih cepat dari proses format standar, dan cukup baik bagi pengguna kebanyakan. Lakukan format standar, dan cukup baik bagi pengguna kebanyakan. Lakukan format standar hanya jika anda mencurigai harddisk anda bermasalah. Format standar memungkinkan anda untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Mulailah proses format dengan mengklik Start, kemudian klik OK untuk memberi konfirmasi bahwa anda mengerti bahwa seluruh isi harddisk pada harddisk yang hendak anda format akan terhapus. 


Memformat harddisk di MAC.

Jika tadi kita sudah membahas cara memformat harddisk di Windows, pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas cara memformat harddisk di OSX pada komputer atau laptop MAC. Sama seperti sebelumnya pastikan anda mencadangkan data yang ingin anda simpan. Berikut merupakan langkah – langkah untuk memformat harddisk di MAC

Pasang harddisk anda anda bisa menghubungkannya melalui USB, FireWire, atau melalui Thunderbolt.

Bukalah Disk Utility dengan mengklik “Go” dan memilih Utilities”.

Jika anda tidak melihat opsi Utilities, pilih “Application” dan klik dua kali folder “Utilities”, kemudian bukalah program “Disk Utility”.

Pilih harddisk dari daftar di bagian kiri. Seluruh media penyimpanan yang terhubung ke komputer akan terdaftar dibagian kiri jendela Disk Utility. Pastikan anda memilih harddisk yang tepat.

Klik tab “Erase” untuk membuka opsi format untuk harddisk anda.

Pilih sistem berkas. Sistem berkas adalah cara harddisk megnatur dan mengkategorikan berkas, dan akan menentukan kompatibilitas harddisk. Gunakan menu Volume Format untuk memilih sistem berkas. Jika anda akan menggunakan harddisk eksternal pada sistem operasi yang berbeda, pilihlah exFAT.

Berikan nama pada harddisk.

Mulailah proses format dengan mengklik Erase. Proses ini hanya akan memakan waktu beberapa detik.

Memformat harddisk merupakan langkah terakhir apbila harddisk anda ingin diperbaiki. Secara tidak langusng proses pemformatan harddisk merupakan cara memperbaiki harddisk eksternal, apabila anda sudah mencoba langkah – langkah sebelumnya. Itu tadi pembahasan mengenai cara format harddisk eksternal. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Harddisk