Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 10 Paling Mudah

Mungkin ada keadaan atau situasi dimana anda ingin mengetahui password WiFi dari suatu jaringan yang mana laptop anda pernah terhubung. Mungkin juga anda melupakan password WiFi dari suatu jaringan yang biasa anda gunakan. Atau anda ingin memberitahukan password anda kepada kerabat anda yang lagi numpang di tempat anda terhubung jaringan WiFi. Tentunya permasalahan tersebut tidak akan terjadi jika anda mengingat password WiFi yang anda akan gunakan.

ads

Jika anda menggunakan Windows 10 yang memiliki tampilan yang agak berbeda dengan Windows sebelumnya mungkin hal ini akan membuat anda kesulitan untuk melihat password WiFi yang pernah terhubung dengan laptop anda. Perbedaan tampilan user interface yang cukup berbeda dengan Windows pendahulunya membuat sebagian orang merasa kesulitan untuk menavigasikan komputer yang mereka gunakan unutk mencaritahu password WiFi yang tersambungkan dengan komputer mereka.

Windows 10 memang menjadi salah satu versi Windows yang telah banyak digunakan saat ini, selain karena desain User Interfacenya yang sederhana dan juga fungsionalitas. Penggunaannya sendiri secara keseluruhan tidaklah terlalu sulit apabila anda sudah mengenalinya untuk beberapa saat. Selain itu untuk penggunaan Windows 10 sebagai Sistem Operasi laptop juga tidaklah membutuhkan banyak ruang dan dapat digunakan pada laptop yang memiliki spesifikasi yang tidak begitu tinggi.

Anda dapat menginstall Windows 10 dengan menggunakan metode cara instal Windows 10 di laptop baru apabila anda tidak mengetahui cara menginstall salah satu versi Windows yang satu ini.

Penggunaannya secara keseluruhan tidaklah terlalu sulit. Secara keseluruhan Windows 10 memiliki tampilan yang bebreda dengan versi Windows sebelumnya. Bila anda mengalami kesulitan akan hal itu anda berada di tempat yang tepat, karena kali ini saya akan berbagi cara melihat password WiFi di laptop Windows 10.

Cara melihat password WiFi di laptop Windows 10 

Untuk melihat password WiFi di laptop Windows 10, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan versi – versi Windows sebelumnya seperti Windows 8.1, Windows 8, ataupun Windows 7. Hanya saja yang menjadi perbedaan adalah bagaimana tampilan visual dan juga langkah – langkah yan gharus ditempuh utnuk melihat password WiFi di laptop Windows 10. Jika anda belum mengetahuinya tentu anda akan merasa kesulitan.

Untuk dapat melihat password WiFi di laptop Windows 10 anda bisa menggunakan beberapa metode yang akan saya bagikan pada pembahasan berikut. Dua dari beberapa metode tersebut dapat anda lakukan dengan mudah tanpa harus menginstall aplikasi tambahan pada laptop anda. Sedangkan pada metode yang ketiga nantinya akan membutukan aplikasi tambahan. Untuk langkah – langkahnya sendiri akan dibahas pada pembahasan berikut.

Melihat password WiFi Melalui Open Network and Sharing Center.

Metode pertama merupakan metode yang paling mudah dimana anda hanya akan mengakses password anda melalui fitur Open Network and sharing Center. Fitur ini sebenarnya telah ada pada versi sebelumnya. Pada Windows 10 tampilan yang dimiliki oleh fitur ini tidak banyak berubah. Jadi dengan menggunakan metode ini seharusnya anda juga bisa melihat password WiFi pada versi Windows sebelumnya. Berikut langkah – langkah yang dapat anda lakukan.


  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan tentunya adalah menghidupkan laptop anda yang telah menggunakan Windows 10. Pastikan juga bahwa laptop anda sebelumnya pernah terhubung dengan jaringan WiFi yang hendak ingin anda lihat passwordnya.
  2. Setelah laptop siap untuk digunakan arahkan kursor mous yang anda gunakan ke bagian ikon WiFi yang terletak di bagian pojok kanan bawah taskbar Windows 10.
  3. Jika sudah dari sana klik kanan lalu pilih bagian “Open Network and Sharing Center”.
  4. Nantinya akan muncul informasi jaringan WiFi yang sedang anda gunakan saat ini yang akan dimunculkan pada jendela yang akan terbuka.
  5. Selanjutnya ketika jendela baru telah terbuka, perhatikan bagian Wireless Properties. Pada bagian tersebut klik untuk membuka bagian lebih lanjut.
  6. Saat Wireless Network Properties tebruka, pilih bagian tab Security.
  7. Pada bagain tersebut centang pilihan Show Characters. Dengan melakukan hal ini, password WiFi yang sebelumnya tersembunyi nanti akan dapat terlihat.

Melihat password WiFi dengan menggunakan CMD.

CMD atau yang lebih dikenal dengan sebutan command prompt merupakan salah satu aplikasi yang dapat memuat perintah berbasis Command Line Interface pada laptop anda. Selain dapat digunakan untuk melihat password WiFi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan cara repair Windows 10 dengan CMD.

Melihat password WiFi dengan menggunakan CMD biasa dilakukan untuk mengetahui password WiFi yang laptop anda ketika tidak sedang terkoneksi akan tetapi informasi SSID-nya masih tersimpan di komputer anda. Untuk dapat melihat password WiFi dengan menggunakan metode ini berikut beberapa langkah – langkah yang dapat anda lakukan.

  1. Sama seperti langkah sebelumnya, pertama hidupkan laptop Windows 10 yang akan anda gunakan.
  2. Jika laptop anda telah menyala dan siap untuk digunakan. Buka aplikasi Command Prompt yang ada pada komputer anda.
  3. Setelah jendela command prompt terbuka, masukkan perintah berikut pada aplikasi Command Prompt netsh wlan show profiles
  4. Setelah anda memasukkan perintah tersebut, nantinya command promp t akan memunculkan beberapa SSID yang pernah terhubung dengan laptop anda.
  5. Untuk mengetahui SSID WiFi yang ingin anda cari, anda bisa memasukkkan perintah beriku, netsh wlan show profile name="nama SSID yang dimaksud"=key=clear
  6. Jika anda telah melakukan langkah – langkah yang sudah disebutkan sebelumnya. Nantinya command prompt akan memunculkan banyak informasi dari SSID sesuai dengan yang anda masukkan sebelumnya. Didalam informasi tersebut juga akan terlihat password WiFi dari SSID yang sudah disebutkan sebelumnya.

Melihat password WiFi menggunakan software pihak ketiga.

Selain kedua cara yang sudah disebutkan diatas sebenarna anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga untuk melihat password WiFi yang tersimpan di komputer anda. Memang sebenarnya cara ini membutuhkan anda untuk menginstall softwarenya.

Dengan menggunakan metode ini anda tidak perlu lagi melihat password WiFi yang ada pada komputer anda secara satu persatu dan anda dapat melihatnya secara bersamaan secara sekaligus. Nama software yang akan digunakan disebut dengan nama WiFi password Revealer. Software ini akan memperlihatkan semua password WiFi yang tersimpan di komputer Windows anda.

Jadi langsung saja berikut merupakan cara untuk memperlihatkan password WiFi di laptop Windows 10 dengan menggunakan metode ini.

  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstall aplikasi WiFi Password Revealer.
  2. Jika anda belum memilikinya anda dapat mendownloadnya lewat situs resminya.
  3. Setelah selesai didownload, install aplikasi tersebut pada laptop Windows 10 anda.
  4. Kemudian jalankan aplikasi ini untuk melihat password WiFi yang ada pada laptop anda.

Metode – metode diatas merupakan beberapa metode yang dapat membantu anda melihat password WiFi di laptop yang memiliki sistem operasi Windows 10. Apabila anda mengalami kendala dalam masalah WiFi anda, anda dapat mencoba cara mengatasi WiFi limited Windows 10.

Jika anda sudah komputer anda ataupun teman anda sudah terhubung dengan jaringan ang anda ingin gunakan. Tentu anda dapat berselancar dan menggunakan internet sesuai keinginan anda. Andapun dapat melakukan cara update driver Windows 10 dengan lebih mudah apabila anda sudah memiliki koneksi internet.

Itu tadi pembahasan mengenai cara melihat password WiFi di laptop Windows 10. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Windows