5 Penyebab Blue Screen Windows 10 Wajib Diketahui

Buat para pengguna Windows 10, mungkin fenomena blue screen of death atau disebut pula BSOD, atau disingkat blue screen saja, merupakan salah satu di antara berbagai macam fenomena yang menunjukkan adanya crash pada Windows 10. Layaknya pada versi Windows yang lain, fenomena blue screen pada Windows 10 bisa menyebabkan pekerjaan kita terganggu, dan oleh karena itulah ada baiknya apabila kita mengetahui apa saja penyebab blue screen Windows 10. Dengan mengetahui apa saja penyebab blue screen pada Windows 10, tentunya kamu akan bisa menghindari dan mungkin bisa memperbaiki masalah yang membuat terjadinya blue screen pada Windows 10.

ads

Apakah kamu sudah mengetahui apa saja penyebab blue screen Windows 10 dan cara untuk mengatasinya? Apabila kamu belum tahu, maka tentunya kamu harus membaca artikel yang satu ini sampai tuntas. Dengan membaca artikel kita kali ini, kamu pasti bisa melakukan pencegahan dan juga penanganan terhadap masalah blue screen yang terjadi pada Windows 10, sebagaimana kamu bisa menerapkan cara mengatasi blue screen Windows 7.

Memangnya apa sajakah penyebab blue screen pada Windows 10 itu? Berikut ini adalah beberapa dia antaranya.

1. Driver rusak

Driver adalah salah satu bagian penting dalam sebuah komputer. Adanya driver bisa membuat penggunaan komputer menjadi lancar karena dengan hal itulah sistem operasi bisa berkomunikasi dengan optimal pada perangkat keras yang kita pasang pada komputer atau laptop kita. Apabila driver mengalami kerusakan, maka tentunya komunikasi antara sistem operasi tidak akan bisa berjalan dengan lancar dan bahkan bisa mengakibatkan crash sistem yang cukup parah, terlebih apabila driver-driver tersebut sering kali digunakan seperti misalnya driver VGA.

Salah satu akibat dari adanya kerusakan pada driver yang kita miliki adalah terjadinya blue screen of death. Seberapa sering dan seberapa parah kejadian BSOD akan sangat tergantung dengan driver apa yang mengalami kerusakan dan juga kondisi komputermu sendiri. Ada kalanya error blue screen hanya akan muncul satu kali, atau mungkin pula bisa beberapa kali dalam sebulan karena kondisi driver dan juga kondisi perangkat keras yang mungkin sudah rusak. Oleh karena itulah, jangan lupa untuk mengupdate drivermu apabila memang bermasalah, dan tentunya periksalah kesehatan fisik perangkat keras yang kamu miliki supaya kamu bisa menggantinya tepat waktu apabila sudah waktunya diganti. Dengan demikian, komputermu akan bisa bekerja dengan optimal dan Windows 10-mu tidak akan rentang mengalami blue screen.

2. Crash aplikasi

Aplikasi yang dijalankan oleh Windows 10 memakan banyak sumber daya seperti RAM atau processor. Mulai dari aplikasi gaming sampai dengan aplikasi pengolah dokumen, semuanya membutuhkan aktivitas dari perangkat keras dan juga kerja sama dengan sistem operasi yang kamu install, dalam hal ini adalah Windows 10. Apabila terjadi operasi aplikasi yang bermasalah, seperti misalnya kode yang error, atau memori yang tidak mencukupi untuk menjalankan aplikasi tertentu, maka ada kemungkinan sistem operasi juga akan mengalami crash.

Salah satu jenis crash atau error yang muncul ketika kamu menjalankan aplikasi yang error pada sistem operasimu adalah munculnya blue screen. Blue screen ini akan membuat sistem Windows 10 mu tentunya tidak akan bisa dilanjutkan operasinya. Oleh karena itu biasanya kamu harus melakukan restart apabila kamu ingin melanjutkan Windows-mu kembali.


Untuk memperbaiki crash aplikasi yang menyebabkan blue screen ini, tentunya kamu harus mengatasi masalah error aplikasi yang kamu miliki tersebut. Ada banyak sebab aplikasi bisa error, dan oleh karena itulah kamu harus mencari tahu dengan detail apa saja yang mungkin membuat aplikasimu mengalami error dan akhirnya membuat terjadi blue screen of death. Jangan lupa untuk melihat catatan error blue screen of death agar kamu mengetahui sebab pastinya ya. Apabila crash aplikasi disebabkan karena HDD mengalami badsector, mungkin kamu bisa mencoba cara memperbaiki hardisk bad sector dengan HDD regenerator.

3. HDD rusak

Hardisk adalah salah satu perangkat keras penting yang terdapat pada laptop atau komputermu, tidak peduli apa sistem operasi yang kamu gunakan, termasuk di antaranya adalah sistem operasi Windows 10. Hardisk atau sistem penyimpanan pada umumnya digunakan untuk menyimpan semua file yang perlu digunakan untuk menjalankan sistem operasi ataupun aplikasi komputer yang lainnya. Dengan kata lain, apabila file tersebut tidak bisa diakses dengan baik karena adanya masalah hardisk, tentu saja sistem operasi yang kamu miliki juga tidak akan bisa bekerja dengan optimal.

Salah satu dampak atau akibat yang mungkin akan terjadi apabila kamu memiliki hardisk yang rusak adalah munculnya blue screen of death yang menampilkan pesan error pada bagian storage, alias menjadi penyebab blue screen. Apabila hal ini telah banyak kamu alami dengan cukup sering, maka ada baiknya apabila kamu segera memeriksakan hardisk atau penyimpanan yang kamu miliki, bahkan apabila perlu segera bersiap untuk mencari pengganti dari hardisk atau storage device yang kamu miliki tersebut, karena besar kemungkinan hardiskmu mengalami kerusakan yang cukup parah.

4. RAM rusak

Setiap orang yang menggunakan komputer, kemungkinan besar sudah mengetahui piranti atau perangkat keras yang satu ini. RAM atau Random Access Memory adalah salah satu perangkat keras yang penting di komputer karena dengan adanya RAM inilah processor bisa bekerja memproses data dari input sistem yang kamu miliki, baik secara hardware ataupun software. Tanpa adanya RAM, komputer tidak akan bisa berjalan, sekalipun kamu memiliki processor yang sangat baik sekalipun. Ibaratnya otak manusia, kita membutuhkan memori jangka pendek untuk bisa bekerja. Memori jangka pendek inilah yang di komputer biasa kita sebut dengan nama RAM.

Apabila RAM yang dimiliki oleh komputermu mengalami kerusakan, seperti misalnya ada sektor-sektor RAM yang mengalami cacat fisik, maka kinerja komputermu pasti akan terganggu. Salah satu kerusakan yang paling parah dan mungkin terjadi adalah munculnya blue screen of death pada Windows 10, atau bahkan mungkin komputermu langsung tidak responsif dan mati total saat sedang di pakai atau laptop sering mati sendiri. Oleh karena itulah, apabila RAM-mu mengalami kerusakan, maka kamu harus segera menggantinya agar tidak bertambah parah.

5. File sistem operasi rusak

Penyebab blue screen Windows 10 yang terakhir kita bahas dalam artikel ini, akan tetapi bukan berarti merupakan penyebab terakhir blue screen pada Windows 10, adalah rusaknya file sistem operasi Windows yang kamu miliki. Kerusakan file sistem operasi tentu saja akan membuat sistem operasimu tidak bisa bekerja atau beroperasi dengan lancar, dan akan menghasilkan crash atau error tertentu, salah satunya adalah blue screen. Bahkan, kemungkinan besar akan selalu terjadi blue screen apabila komputermu mengalami kerusakan pada file sistem operasi. Oleh karena itulah, apabila ada file sistem operasimu yang mengalami kerusakan, ada baiknya apabila kamu segera memperbaiki Windowsmu dengan cara menginstall ulang atau melakukan perbaikan kembali.

Itulah beberapa macam penyebab blue screen Windows 10 yang bisa kita bahas di artikel ini. Semoga dengan beberapa pengetahuan di atas, kamu bisa mengatasi masalah blue screen Windowsmu dengan baik ya. Jangan lupa untuk mempelajari bagaimana cara memperbaiki blue screen juga ya.

Selamat memperbaiki Windows 10-mu!

, , ,
Oleh :
Kategori : Windows