5 Cara Memasang Keyboard Laptop Sendiri

Keyboard adalah salah satu bagian yang paling penting pada laptop. Dengan menggunakan keyboard, kamu bisa mengetik, mengerjakan pekerjaan kantor, mengerjakan tugas sekolah dan berbagai macam kegiatan lainnya. Bahkan keyboard adalah input mendasar yang dimiliki oleh komputer. Oleh karena itulah, apabila keyboardmu mengalami masalah-masalah tertentu sebagaimana yang pernah diulas di jenis kerusakan keyboard laptop, tentunya kamu harus melakukan berbagai macam upaya yang sesuai agar kamu bisa memperbaiki keyboard laptopmu yang rusak tersebut.

ads

Salah satu jenis keyboard yang bisa mengalami kerusakan adalah keyboard laptop. Keyboard laptop yang kamu miliki bisa saja mengalami kerusakan seperti tombol yang terlepas, input yang tidak wajar, dan berbagai macam masalah lainnya yang membuat aktivitasmu di depan laptop menjadi terganggu. Membeli keyboard eksternal tentunya akan menyulitkan, dan oleh karena itulah ada baiknya apabila kamu berusaha untuk memperbaiki keyboard laptopmu tersebut. Dengan demikian, tentunya kamu harus mengetahui bagaimana cara melepas dan juga cara memasang keyboard laptop dengan tepat.

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara memasang keyboard laptop dan cara untuk melepas keyboard laptop yang kamu punyai? Apabila kamu belum mengetahuinya, tentu saja kamu harus mempelajarinya supaya kamu bisa melakukan pemasangan keyboard laptop yang kamu punyai dengan tepat. Penasaran kan? Baca berikut ini ya!

1. Membongkar laptopmu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan, tentu saja adalah membongkar laptopmu agar kamu bisa melepaskan keyboard laptopmu. Langkah ini sering kali dilakukan ketika ciri ciri keyboard laptop rusak telah jelas. Akan tetapi perlu disadari bahwa setiap model laptop memiliki model pengaitan yang berbeda-beda. Ada tipe laptop yang keyboardnya bisa langsung dilepas tanpa harus melepas keseluruhan rangkaian laptop, sementara ada pula laptop yang mengharuskan penggunanya untuk membongkar keseluruhan laptop untuk menarik laptop mereka. Oleh karena itulah kamu harus mencari terlebih dahulu cara membongkar laptopmu secara spesifik, karena tiap model laptop akan memiliki model pembongkaran yang berbeda-beda.

Beberapa sumber yang bisa kamu gunakan tentu aja adalah buku panduan laptopmu, atau mungkin internet seperti situs-situs video populer layaknya Youtube. Carilah tutorial bagaimana membuka laptop atau keyboard, dan ikutilah langkah-langkah tersebut. Dengan demikian kamu bisa membongkar laptopmu dengan baik. Beberapa peralatan yang mungkin perlu kamu siapkan untuk membongkar laptop adalah obeng, pin, alat pembersih, dan lain sebagainya. Jangan lupa ingat tempat-tempat mur laptopmu supaya kamu bisa memasangnya kembali dengan baik.

2. Melepas keyboard

Setelah kamu berhasil membongkar laptopmu, maka langkah berikutnya adalah melepas keyboard dari slot keyboard connector yang terdapat pada motherboard. Pada umumnya slot keyboard connector ini relatif sama dibandingkan dengan berbagai macam laptop yang lainnya. Kamu hanya perlu menarik keluar (ada penguncinya, kamu harus mengangkat atau membuka kunci slot terlebih dahulu sebelum menarik kabel konektor keyboardnya agar tidak putus). Setelah kamu berhasil menarik kabel tersebut, maka kamu bisa melepas keyboardmu dari motherboard dan tentunya dari laptopmu.


Langkah yang satu ini relatif mudah dan juga bisa dilakukan dengan cepat. Akan tetapi apabila ada pengunci tambahan pada keyboardmu, yang membuat keyboardmu terikat dengan kuat pada casing laptop, maka kamu juga harus melepasnya terlebih dahulu. Dengan demikian baru kamu bisa melepas keyboard laptopmu dan kemudian memasangnya kembali atau memasang keyboard yang lain apabila dipandang perlu untuk dilakukan. Apabila kamu kesulitan untuk melepas konektor keyboard ini, kamu bisa mengamati bagaimana orang melepas konektor keyboard di tutorial Youtube terlepas dari merk laptop atau keyboardnya, karena biasanya konektor laptop pada umumnya sama. Apabila kamu menemukan bentuk konektor yang berbeda, maka barulah kamu harus berhati-hati untuk melepasnya. Hati-hati, karena apabila kamu salah melepasnya justru nanti bisa menjadi penyebab keyboard laptop rusak.

3. Memasang keyboard

Setelah kamu melepas keyboardmu, maka langkah berikutnya tentu saja adalah memasang keyboardmu yang baru, atau mungkin memasang kembali keyboard tersebut apabila kamu hanya melepasnya untuk dibersihkan. Langkah untuk memasang keyboard pada dasarnya adalah kebalikan dari langkah melepasnya. Kamu harus menyambungkan konektor keyboard laptop ke motherboard, setelah itu pasangkan ke casing laptopmu sesuai dengan posisinya. Pada beberapa kasus kamu tidak perlu menggunakan obeng karena tidak perlu mur untuk menautkan keyboard laptopmu pada laptop yang kamu punyai. Kesalahan dalam memasang keyboard mungkin bisa membuat keyboard tidak terdeteksi, akan tetapi kecil kemungkinannya sampai menjadi penyebab keyboard laptop mengetik sendiri.

4. Menutup laptop

Setelah keyboard laptopmu terpasang dengan baik, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menutup laptopmu atau menutup casing laptopmu supaya bisa digunakan untuk uji coba apakah keyboard laptopmu bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Tentunya kamu tidak perlu memasang mur terlebih dahulu karena masih ada kemungkinan keyboard yang kamu pasang terpasang tersebut tidak bisa berfungsi dengan lancar karena adanya kesalahan dalam pemasangan ataupun karena berbagai macam masalah yang lainnya.

Menutup laptop pada dasarnya adalah kebalikan dari membongkar laptop yang kamu punyai. Oleh karena setiap laptop pun berbeda-beda cara membongkarnya, artinya cara menutup atau memasang casing laptop kembali pun akan berbeda-beda pada setiap laptop yang kamu miliki. Ada baiknya apabila kamu menyesuaikan dengan jenis laptop yang kamu miliki dan juga ikutilah tutorial yang sesuai dengan jenis laptopmu. Akan tetapi, secara umum untuk menutup laptop kamu perlu memasang kembali casing bawah dan atas, atau bahkan seluruh periferal yang kamu miliki di laptopmu sesuai dengan tempatnya semula. Mulailah dengan menempatkan slot pengunci antar casing dengan tepat, baru kemudian setelah laptopmu terbukti tidak bermasalah keyboard ataupun perangkat yang lain, kamu bisa memasang kembali mur pengaitnya.

5. Uji coba

Sebelum mengunci atau memasang kembali mur laptopmu, maka kamu harus melakukan uji coba untuk memastikan bahwa laptop yang kamu pasang tidak mengalami masalah tertentu yang cukup berarti. Selain itu, apabila kamu membongkar dan memasang keyboard laptop untuk mengganti keyboardmu yang rusak, maka tentunya kamu harus memastikan bahwa keyboard yang baru kamu pasang itu bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya, seperti yang kamu harapkan. Oleh karena itulah kamu harus melakukan uji coba terlebih dahulu.

Untuk menguji coba apakah keyboardmu bermasalah atau tidak, kamu bisa membuka aplikasi keyboard tester untuk menguji apakah tombol keyboard di laptopmu ada masalahnya atau tidak. Situs online keyboard tester juga bisa kamu gunakan untuk menguji apakah tombol keyboardmu semuanya berfungsi atau tidak.

Itulah beberapa macam cara memasang keyboard laptop sekaligus bagaimana cara untuk mengujinya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi atau menguji masalah keyboard laptopmu yang bermasalah. Tentunya langkah-langkah spesifik atau detail akan berbeda sesuai dengan jenis keyboard dan juga jenis laptop yang kamu miliki. Membongkar keyboard chiclet tentunya tidak akan sama dengan membongkar keyboard maglev, akan tetapi secara prinsip keduanya bisa disamakan. Jangan lupa mempelajari hal lain tentang laptop juga ya, seperti misalnya mengapa laptop sering mati sendiri.

Semoga informasi di atas membantumu ya, selamat memasang keyboard laptopmu!

, , ,
Oleh :
Kategori : Keyboard