Home » Hardware » Keyboard » 6 Cara Mengatasi Keyboard Menghapus Sendiri

6 Cara Mengatasi Keyboard Menghapus Sendiri

by Elang Hendy Subrata
by Elang Hendy Subrata

Permasalahan pada keyboard terkadang membuta kita pusing. Apalagi pada saat kita sedang dikejar-kejar deadline tugas, tentunya kejadian itu membuat kepala kita cukup pusing melihatnya. Salah satu kendala pada keyboard yang menjengkelkan adalah sering menghapus sendiri.

Contohnya adalah saat Anda sedang mengetik, tapi tiba-tiba beberapa kata yang sudah dibuat hilang begitu saja. Ternyata penyebab kata-kata yang hilang tersebut adalah keyboard yang otomatis menghapus kata-kata tersebut. Apabila kejadian ini terjadi pada laptop, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Terus tekan tombol “Delete”

Cara yang pertama adalah terus menerus menekan tombol “Delete” sesering mungkin. Cara ini bisa dikatakan adalah cara yang sering ampuh untuk mengatasi penyebab tombol keyboard mengetik sendiri. Biasanya, jika dilakukan penekanan secara berulang-ulang, maka dapat mengembalikan fungsi tombol seperti biasa.

2. Cabut tombol keyboard pada laptop

Untuk Anda yang sudah berpengalaman dalam membongkar perangkat komputer atau laptop, bisa dicoba untuk menggunakan cara ini. pertama adalah cabut terlebih dahulu tombol “Delete”. Perlu diperhatikan bahwa menggunakan cara ini jangan sampai papan tombolnya mengalami kerusakan seperti retak bahkan patah. apabila terjadi keretakan, maka harus segera diganti dengan tombol baru. Atau bahkan keyboard baru.

Setelah Anda berhasil mencabut tombolnya, bersihkan bagian karet yang berwarna hitam. Posisinya sendiri tepat di tengah-tengah. Karet hitam inilah yang berfungsi untuk menampilkan perintah pada keyboard. Bersihkanlah menggunakan cotton bud tau tusuk gigi yang sudah dibundel dengan tisu atau kapas. Bersihkanlah secara hati-hati agar karet pengontrolnya tidak mengalami kerusakan. Jika sudah bersih, terapkan kembali tombol keyboardnya. Tekan sampai berbunyi “klik” dan hidupkan kembali laptopnya.

3. Cek laptop dengan antivirus

Apabila cara sebelumnya masih tidak berhasil, ada kemungkinan kalau laptop terserang virus. Setelah Anda memastikan laptop benar-benar terkena virus, gunakan anti virus untuk segera menghapusnya.

4. Lakukan restart laptop

Fungsi restart pada laptop, komputer atau smartphone adalah untuk mengembalikan fungsi-fungsi perangkat keras komputer seperti semula. Maka dari itu, apabila permasalahan keyboard masih terjadi, cara yang cukup ampuh berikutnya adalah melakukan restart pada laptop. Setelah melakukan restart, silakan lihat kembali apakah fungsi delete masih terjadi atau sudah tidak lagi.

5. Melakukan Restore Windows

Cara selanjutnya adalah menggunakan bantuan dari sistem komputer, yakni melakukan restore windows. Fungsi dari restore windows ini hampir mirip dengan restart namun lebih spesifik ke bagian sistem. Untuk tahapan melakukaknnya, berikut caranya.

  1. Masuk ke Control panel dengan mengklik Start lalu carilah kata “Control Panel”.
  2. Carilah kalimat “System and Security”. Lalu, pilih “Backup and Restore”.
  3. Nantinya Anda akan masuk ke dalam halaman “Backup and Restore”. Di sana klik saja “Recover system Settings or your computer”.
  4. Setelah itu, lihat halaman “Confirm Your Restore Point”. Pada bagian tersebut klik saja “Finish”.
  5. Nantinya, laptop akan melalukan restart secara otomatis, tunggulah hingga proses restart selesai.

Dengan melakukan cara tadi, harusnya keyboard, terutama tombol “delete” sudah bisa normal kembali.

6. Perbaiki driver keyboard

Perlu Anda ketahui bahwa setiap keyboard yang digunakan baik itu komputer maupun laptop, terdapat sistem driver. Sistem driver tersebut sebagai penggerak perangkat keyboard dapat berjalan dengan baik pada laptop maupun komputer.  Untuk mengetahui cara memperbaiki driver keyboard, berikut beberapa langkahnya.

  1. Masuk ke bagian Control Panel seperti poin sebelumnya.
  2. Setelah itu, carilah “System and Security” namun kali ini carilah “Device Manager”.
  3. Pada bagian “Device Manager”, Anda akan melihat banyak driver pada hampir semua perangkat di dalam laptop. carilah driver “Keyboard”.
  4. Setelah menemukannya, Anda akan menemukan banyak driver keyboard yang terinstal di dalam laptop.
  5. Perhatikanlah pada setiap driver apakah ada tanda peringatan yang berwarna kuning atau tidak.
  6. Jika terdapat peringatan seperti tanda seru dan berwarna kuning, maka Anda harus melakukan update pada driver keyboard tersebut.
  7. Cara untuk melakukan update adalah dengan mencarinya di internet mengenai seri keyboard yang terdapat peringatan tersebut.
  8. Setelah Anda menemukannya di internet, tinggal instal layaknya menginstal aplikasi maupun software.

Apabila beberapa cara di atas tidak berhasil mengatasinya, maka jalan terakhir adalah dengan membawanya ke tempat servis terpercaya. Apabila laptop masih memiliki garansi resmi, segera lakukan klaim garansi sesuai merk yang digunakan. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

You may also like