Home » Hardware » Keyboard » Inilah 6 Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Macet dengan Mudah

Inilah 6 Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Macet dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sangat penting. Fungsi keyboard adalah untuk memasukan berbagai perintah ke dalam CPU sehingga hasilnya bisa dilihat pada monitor. Contohnya seperti cara mematikan laptop dengan keyboard. Akan tetapi, karena perangkat yang satu ini sering digunakan, tidak jarang masalah pun mudah datang.

Salah satu kejadian yang sering terjadi pada keyboard adalah tombolnya macet. Maksud macet di sini adalah tidak muncul huruf yang diinginkan ketika menekan tombolnya. Banyak faktor yang menyebabkan tombol keyboard menjadi macet seperti ada bekas makanan yang masuk ke sela-sela keyboard, adanya kotoran, debu, dan lain-lain. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut solusinya.

1.Membalikan keyboard

Cara yang pertama adalah dengan membalikan keyboard pada laptop. tujuannya agar kotoran dapat keluar dengan mudah. Untuk cara melakukannya pun sangat mudah. Pertama pastikan laptop dalam keadaan mati. Setelah itu, balikan laptopnya sambil digoyang-goyang. Jika kotorannya masih belum bisa keluar, cobalah anda ketik tombol keyboard seperti mengetik pada umumnya. Dengan cara seperti itu, kotoran dapat keluar dengan lebih mudah.

2.Menggunakan alat brush make up

Jika yang pertama masih sulit mengeluarkan kotorannya, maka kamu bisa menggunakan cara yang kedua. Cara ini adalah memanaatkan alat brush make up yang tidak terpakai. Alat ini menjadi metode alternatif untuk dapat membersihkan berbagai macam alat, termasuk keyboard.

Untuk pengerjaannya, pertama-tama pastikan laptop dalam keadaan mati. Setelah itu, balikanlah laptop. Gunakan alat brush yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sapukan pada keyboard, terutama pada bagian sela-selanya. Lakukanlah terus secara berulang-ulang sampai kotorannya benar-benar keluar dari keyboard.

3.Menggunakan Vacuum Cleaner mini

Saat ini telah ada sebuah alat yang dapat membersihkan berbagai macam kotoran di sekitar keyboard laptop. Hal ini tentunya sangat praktis dan dari sisi harganya pun cukup ekonomis. Vacum Cleaner mini tersebut memang dirancang untuk membersihkan keyboard pada laptop maupun netbook.

Cara pengerjaanya pun cukup mudah. Tidak seperti poin sebelumnya yang harus membalikan laptop atau laptop dalam keadaan mati. Pada bagian ini, laptop dapa dihidupkan seperti biasa. Setelah itu tancapkan kabel vacuum cleaner pada port usb di laptop. jika anda mempunyai power bank, kamu juga bisa menggunakannya sebagai sumber daya. Setelah itu, nyalakan tombol “On” dan vacum cleaner mini siap digunakan. Arahkan vacuum cleaner pada bagian tombol keyboard yang mengalami kemacetan.

4.Menggunakan Hair Dryer

Jika menggunakan vacuum cleaner mini masih kurang efektif, maka kamu bisa mencoba gunakan cara lain, yakni menggunakan hair dryer. Alat yang sejatinya digunakan untuk mengeringkan rambut ini bisa menjadi opsi tambahan untuk membersihkan keyboard laptop. Akan tetapi, untuk penggunaan hair dryer tidak boleh terlalu lama pada laptop. sebab, hawa panas yang dihasilkan hair dryer dapat merusak  komponen laptop.

Untuk cara melakukannya, pastikan laptop dalam keadaan mati dan posisinya dalam keadaan terbalik. Setelah itu, nyalakan hair dyer dan arahkan pada keyboard. Otomatis berbagai kotoran akan keluar dari sela-sela keyboard. Usahakan tidak terlalu lama dalam menggunakan hair dryer.

5.Membuka keyboard laptop

Cara berikutnya adalah dengan membuka keyboard laptop jika kamu sudah mahir dalam membongkar laptop. membongkar keyboard laptop perlu keahlian khusus. Sebab jika salah dalam membongkarnya, maka bukan tidak mungkin akan ada bagian yang tidak bisa berjalan semestinya.

Untuk cara membuka keyboard laptop, pertama pastikan laptop dalam keadaan mati. Setelah itu copot bagian baterainya. Lepaskan baut yang menutup bagian RAM komputer dengan menggunakan obeng. Jika sudah, lepaskan baut bagian pengunci keyboardnya menggunakan obeng berbentuk plus (+). Setelah dibuka, putar balik laptopnya.

Lepaskanlah bagian klip pengunci keyboard yang letaknya pada bagian atas keyboard. Jika kamu susah membukanya, gunakanlah pinset. Setelah klipnya terlepas, maka keyboard dapat diangkat dengan mudah. Pada bagian ini kamu harus hati-hati. Di sinilah kamu dapat membersihkan kotorannya.

6.Mencongkel tombol keyboard

Jika cara sebelumnya terlalu riskan dilakukan, maka kamu bisa mencoba cara yang terakhir. Tidak seperti poin sebelumnya yang harus membongkar semua keyboard. Cara yang satu ini hanya membuka satu tombol saja yang dianggap mengalami kemacetan.

Untuk cara yang satu ini, pertama laptop harus dalam keadaan mati. Congkel tombol keyboard yang kamu anggap bermasalah dengan menggunakan kuku atau benda keras lainnya. Usahakan kamu harus hati-hati agar komponennya tidak mengalami kerusakan atau patah. jika sudah dicongkel, gunakan pompa atau ditiup agar kotorannya dapat terangkat. Setelah itu, kuas atau alat brush make up bekas untuk membersihkan bagian dalamnya. Setelah kotorannya sudah terangkat, masukan kembali tombol keyboardnya. Tekanlah sampai muncul suara “klik”. Jika sudah, pekerjaan telah selesai.

Semoga bisa bermanfaat.

You may also like