Kenapa Keyboard Komputer Tiba Tiba Tidak Berfungsi ? Begini Alasannya !

Ketika kita sedang beraktifitas menggunakan komputer, biasanya kita akan fokus mengerjakan suatu tugas ataupun kerjaan yang harus segera diselesaikan. Akan tetapi, saat sedang serius-seriusnya, ada saja halangan-halangan yang biasa terjadi. Bisa itu listrik yang tiba-tiba mati, komputer yang tiba-tiba error, mouse yang tidak jalan sebagaimana mestinya, atau bahkan keyboard yang bermasalah.

ads

Berbicara mengenai keyboard, perangkat ini adalah salah satu komponen penting yang ada di dalam sebuah komputer. Memang di dalam komputer sendiri sudah disediakan aplikasi keyboard virtual untuk melakakuka pengetikan menggunakan mouse. akan tetapi pengetikan menggunakan mouse sendiri bisa dibilang cukup rumit apalagi buat yang sudah terbiasa menggunakan keyboard.

Meskipun masuk dalam salah satu komponen penting dalam sebuah komputer, terkadang masih ada orang yang melakukan kesalahan sehingga hal tersebut menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi. Berikut penyebab keyboard komputer tiba-tiba tidak berfungsi.

1. Sering menekan tombol dengan kuat

Pada dasarnya keyboard memiliki batas dalam tekanan yang didapatkan. Aapabila kamu menekan beberapa tombol dengan sangat kuat, maka hal tersebut dapat menyebabkan tombol pada keyboard cepat rusak. Biasanya penekanan yang terlalu kuat pada tombol keyboard adalah pada saat bermain game. Sebab di dalam game, keyboard akan menjadi joystik dalam memainkan game. Oleh sebab itu, pada saat bermain game, akan jauh lebih baik dialihkan pada joystik dibandingkan menggunakan keyboard sebagai joystik.

2. Terkena makanan atau minuman

Pada umumnya, orang-orang yang beraktifitas menggunakan komputer akan menaruh makanan atau minuman di sampingnya. Padahal kebiasaan itu bisa berbahaya sebab risiko keyboard akan terkena makanan atau minuman sangat besar. Jika ada makanan atau minuman yang tumpah menimpa keyboard, maka keyboard tersebut bisa cepat rusak. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati.

3. Terkena debu atau benda asing

keyboard pun tidak luput dari debu. Apalagi jika kamu jarang membersihkan kamar maupun komputer dan laptop di meja. Jumlah debu yang menempel akan semakin banyak. Perlu kamu ketahui kalau keyboard tidak pernah dibersihkan dari debu, maka akibatnya akan sama dengan keyboard yang kejatuhan makanan atau minuman. Keyboard bisa tidak berfungsi dengan baik.

4. Sering menyimpan benda di atas keyboard

Sebagian orang ada yang ceroboh dengan menympan barang di atas keyboard. Padahal tindakan semacam itu akan menyebabkan tombol keyboard mendapatkan tekanan meskipun benda yang disimpan tidak terlalu berat. Tekanan yang terus menerus diterima oleh keyboard menyebabkan beberapa komponenya cepat rusak. Oleh sebab iu, kamu harus menghindari hal semacam itu.

5. Kabel keyboard yang sudah usang

Ketika kamu menyadari keyboard tidak berfungsi, cobalah kamu periksa kabelnya. Cobalah lihat pada ujungnya apakah sudah berkarat. Apabila sudah berkarat maka bisa dipastikan keyboard sudah tidak bisa digunakan lagi. Karatan yang terjadi bisa jadi disebabkan ruangan yang di pakai untuk menyimpan komputer cukup lembab. Hal tersebut menyebabkan beberapa komponen menjadi karatan, termasuk komponen keyboard.

6. Pernah terjatuh

Cobalah diingat-ingat kembali, apakah keyboard yang kamu gunakan pernah terjatuh? Apabila pernah, besar kemungkinan ada bagian komponennya yang rusak. Ditambah, alat elektronik yang pernah terkatuh akan sulit diperbaiki. Maka dari itu, lebih baik kamu membeli keyboard yang baru.

7. Terkena Virus

Bisa jadi dalam beberapa kasus ada komputer yang terkena virus yang menyebabakan keyboard menjadi tidak berfungsi dengan baik. Virus tersebut mungkin awalnya hanya menyerang keyboard, akan tetapi, jika tidak ditangani, lama-kelamaan akan menjalar pada komponen yang lain. Oleh sebab itu, ketika kamu menyadari ada ciri-ciri komputer terkena virus, segera cari cara mengatasi virus dengan CMD pada komputer atau lakukan penginstalan ulang.

8. Suhu laptop/CPU yang panas

Perlu kamu ketahui, suhu laptop atau CPU panas dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen, termasuk Keyboard. Oleh sebab iu, ketika laptop/ CPU terasa sudah panas, segera matikan laptop atau CPU dan lakukan pengecekan. Jika memungkinkan, kamu bisa mencari cara memperbaiki laptop yang suhunya panas.

9.  Masalah pada Mainboard

Mainboard adalah jalur utama dalam menghubungkan komponen-komponen pada komputer. Tanpa adanya mainboard, maka beberapa komponen akan sulit menjalankan fungsinya. Oleh sebab itu, ketika kamu sudah mencoba mengganti keyboard lama dengan yang baru namun masih tidak dapat berfungsi, kemungkinan masalah ada pada mainboard.

Itulah alasan kenapa keyboard komputer tiba tiba tidak berfungsi. Setelah kamu membaca penyebabnya, maka harus bisa tahu cara mencegah kerusakan pada keyboard. Perlu kamu sadari jika keyboard adalah salh satu elemen penting di dalam komputer. Apalagi harga keyboard terbilang mahal jika kamu menginginkan kulaitas yang terbaik. Oleh sebab itu, jika kamu mau laptop atau komputer awet, rawatlah dan jaga kebersihannya. Cara membersihkan keyboard salah satunya bisa gunakan pelindung keyboard untuk mengurangi risiko kerusakannya yang lebih parah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Keyboard