Home » Hardware » Keyboard » 7 Cara Membersihkan Keyboard Laptop Putih yang Mudah Dilakukan

7 Cara Membersihkan Keyboard Laptop Putih yang Mudah Dilakukan

by Elang Hendy Subrata

Keyboard merupakan salah satu komponen komputer yang memiliki peran penting di dalam sebuah komputer maupun laptop. fungsi tombol keyboard komputer adalah sebagai alat input untuk memasukan data maupun memberikan perintah pada CPU. Karena fungsinya yang sepenting itu membuat keyboard menjadi komponen yang sering tersentuh oleh jari selain mouse. Akibatnya, keyboard menjadi rawan dari kotoran yang bisa saja menempel pada jari-jari tangan.

Untuk dapat membersihkan keyboard tidaklah mudah. Sebab, kotoran-kotoran yang menempel pada keyboard ketika dibersihka, dapat masuk ke dalam sela-sela tombol keyboard. Hal tersebut tentunya membuat kita pusing untuk bagaimana cara membersihkannya. Nah, untuk dapat membersihkan keyboard laptop, apalagi jika warnanya putih, perlu menggunakan beberapa cara seperti berikut ini.

1.Matikan laptop

Cara membersihkan keyboard laptop yang pertama adalah tentunya harus mematikan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa kamu bayangkan ketika membersihkan keyboard sambil laptopnya dalam keadaan hidup. Akibatnya bakal banyak perintah-perintah yang tidak diinginkan. Atau yang parah adalah terjadinya korsleting.

2.Balikan laptop

Agar kotoran pada keyboard tidak masuk ke dalam sela-sela keyboard, balikanlah keyboard. Kamu bisa membalikannya dengan sambil memegang bagian keyboard atau bisa juga seperti buku yang tengkulap. Posisi membalikan laptop ini dimaksudkan untuk membuang kotoran langsung keluar ketika akan dibersihkan.

3.Pijat-pijat tombol keyboard

Jika laptop sudah dibalikan, langkah berikutnya adalah dengan melakukan pijatan pada bagian tombol-tombol keyboard. Pemijatan pada tombol keyboard ini dimaksudkan agar kotoran yang ada di dalam sela-sela tombol keyboard dapat dikeluarkan dengan mudah. Pada bagian ini, kamu jangan melakukan pemijatan pada tombol dengan terlalu keras. Sebab jika terlalu keras hal tersebut malah akan merusak laptop itu sendiri.

4.Gunakan kapas dan alkohol

Untuk dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada bagian tombol, kamu bisa menggunakan kapas yang sudah ditambahkan dengan alkohol. Jika kamu tidak mempunyai alkohol, kamu bisa menggunakan pembersih pada layar monitor. Jangan lupa kapasnya dibubuhi dengan alkohol secukupnya saja. kapas jangan terlalu basah atau terlalu kering, pastikan kapas cukup lembab untuk dapat membersihkan permukaan tombol-tombol pada keyboard.

Untuk dapat membersihkannya cukup tekan secukupnnya saja, maka kamu akan melihat kotoran yang menempel pada keyboard akan terangkat dengan mudah. Untuk hasil yang maksimal, kamu jangan gunakan lagi kapas yang sudah kotor untuk membersihkan keyboard. Kamu sering mengganti-ganti kapas ketika kapas yang sudah dipakai sudah sangat kotor.

5.Gunakan penghisap debu mini.

Saat ini sudah ada alat penghisap debu mini yang bisa menjadi alat yang sangat diandalkan untuk kamu dalam membersihkan kotoran pada keyboard. Fungsi utama penghsap debu mini memang untuk membersihkan debu dan kotoran yag menempel pada keyboard laptop. untuk dapat menggunakannya tinggal colokan saja pada port USB dan tekan tombol untuk menghidupkannya, maka penghisap debu ini bisa dijalankan dengan baik. Alat ini sangat praktis untuk dapat membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian keyboard.

6.Gunakan kain yang bertekstur lembut

Agar warna putih pada keyboard tidak terdapat goresan-goresan, maka sebaiknya gunakannlah kain yang bertekstur lembut. Dengan kain yang bertekstur lembut, maka peluang keyboard tergores dapat dikurangi. Dengan begitu, keyboard akan tampak seperti baru lagi.

7.Gunakan pelindung keyboard laptop

Untuk mencegah laptop kemasukan debu atau berbagai mascam kotoran lainnya. Lebih baik gunakan pelindung keyboard yang bisa kamu beli di berbagai toko-toko khusus komputer di seluruh Indonesia. Fungsi dari pelindung keyboard ini adalah untuk menjegah keyboard dari berbagai macam kotoran yang tidak terduga. Misalnya, kamu sedang makan atau minum sambil memakai laptop. dengan menggunakan pelindung tersebut, laptop akan aman dari berbagai remeh ataupun cairan yang tumpah ke dalam keyboard.

Ingat-ingatlah untuk selalu menjaga dan merawat laptop yang kamu gunakan. Sebab komponennya termasuk cukup mahal. Oleh karena itu, dengan merawat laptop yang kamu gunakan, kamu dapat menghemat banyak anggaran untuk keperluan lainnya.

You may also like