Home » Hardware » Printer » 6 Ciri ciri Printer Ink Jet dan Kegunaannya

6 Ciri ciri Printer Ink Jet dan Kegunaannya

by Elang Hendy Subrata

Mesin printer merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk dapat mencetak sebuah dokumen atau pun benda yang berasal dari data mentah. Jenis-jenis printer saat ini bermacam-macam. Mulai dari printer yang hanya mencetak dokumen dalam bentuk kertas saja hingga dapat mencetak benda dalam bentuk tiga dimensi.

Salah satu jenis printer yang banyak digunakan oleh banyak orang adalah printer inkjet. Printer inkjet adalah jenis printer yang cukup banyak kamu temukan di berbagai tempat, khususnya tempat print di sekitar universitas. Pastinya kamu penasaran seperti apa sih ciri-ciri printer inkjet itu sehingga banyak orang yang menggunakannya dibandingkan jenis printer yang lain. Untuk mengetahui jawabannya, berikut beberapa ciri yang bisa kamu temukan berikut ini.

1. Ukurannya cukup kecil

Salah satu ciri yang mudah terlihat adalah ukurannya yang bisa dibilang kecil jika dibandingkan dengan jenis printer yang lainnya. Jika kita bandingkan, ukuran printer inkjet hampir sama dengan satu kardus air mineral berbentuk gelas. Oleh sebab itu, printer ini mudah untuk dibawa ke manapun karena rata-rata ukurannya yang tidak terlalu besar menjadikan printer jenis ini mudah dibawa ke manapun.

2. Beratnya cukup ringan

Jika sebelumnya ukurannya yang tidak hamoir menyerupai satu kardus air mineral gelas, kali ini giliran beratnya yang tidak begitu berat untuk ukuran sebuah printer. Hal tersebut yang menjadikan printer jenis inkjet ini mudah dibawa ke manapun. Jadi, selain ukurannya yang terbilang cukup kecil, bertanya pun bisa dikatakan cukup ringan dibandingkan jenis printer lainnya. Hal tersebut tentunya sudah dipikirkan secara matang-matang oleh perusahaan.

3. Menggunakan tinta sebagai media utama

Sesuai dengan namanya, printer inkjet ini menggunakan tinta sebagai media utama untuk mencetak dokumen-dokumen maupun dalam bentuk foto.  Tinta yang digunakan pun bervariasi, mulai dari tinta hitam  saja atau menggunakan tinta yang lebih berwarna. Jika menggunakan tinta yang berwarna, maka tinta yang digunakan pun berbeda. Jenis tinta yang digunakan pada printer jenis inkjet pun berbeda-beda. Ada tiga jenis tinta pada ink jet antara lain, Dye based ink, pigmen art ink, dan sublimation ink.

Untuk jenis dye based ink banyak digunakan orang pada printer inkjetnya. Hal tersebut disebabkan harganya murah dan mudah didapatkan di berbagai toko printer. Jenis kedua adalah pigmen art link, seseuai dengan namanya bahwa tinta ini lebih cocok digunakan untuk mencetak dokumen dalam bentuk gambar maupun desain grafis. Dan terakhir yaitu sublimation ink, jenis ini lebih pas digunakan untuk mencetak sebuah stiker pada mug, gelas, dan benda padat lainnya.

4. Menggunakan cartridge

Salah satu ciri khas lainnya adalah menggunakan cartridge sebagai media penampung tintanya. Semua jenis-jenis tinta yang telah disebutkan pada poin ketiga semuanya menggunakan media yang sama, yakni cartridge. Cartridge pada printer inkjet memiliki perbedaan dengan cartridge printer lainnya. Karena hal tersebut yang memberikan perbedaan antara jenis printer yang satu dengan printer yang lainnya. Apabia ada masalah dengan cartridge, ada dua cara untuk memperbaikinya. Pertama bisa dengan cara sendiri maupun menggantinya dengan cartridge yang baru.

Selain menggunakan cartridge secara langsung, tinta printer juga ada yang melalui selang infus dari ink tank. Bedanya dengan cartridge langsung adala dari sisi pengisian. Jika menggunakan cartridge langsung, maka pengisisan tinta harus menggunakan alat suntik untuk dapat memasukan tintanya. Sedangkan jika melalui infus, maka isi tinta cukup dimasukan pada sebuah tank yang berisi warna-warna tinta.

5. Dapat mencetak foto dengan kualitas lebih baik

Ciri khas berikutnya adalah printer inkjet sangat handal dalam mencetak beberapa dokumen yang jumlahnya sedikit. Sebab, jika mencetak jumlah dokumen yang cukup banyak, maka kinerja printer yang satu ini akan lebih lambat. Meskipun begitu, printer inkjet sangat unggul dalam mencetak foto dengan kuaitas yang baik. Oleh sebab itu, rata-rata tempat cetak foto lebih banyak menggunakan printer inkjet sebagai media cetak foto.

6. Cocok digunakan untuk perorangan dan industri kecil

Karena hanya dapat mencetak dokumen maupun foto dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, maka printer ink jet ini sangat cocok untuk digunakan pengguna perorangan atau digunakan di rumah maupun usaha-usaha kecil. Selain itu, hasil foto yang sangat baik membuat printer inkjet ini juga cocok digunakan pada studio foto.

Dari hasil ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa printer ini sangat cocok dipakai oleh orang-orang yang membutuhkan printer murah namun dengan kualitas yang masih bisa diterima. Meskipun kelebihan printer laser dibanding inkjet lebih sering terdengar, namun hal tersebut sangat tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Jangan lupa untuk memahami cara menyimpan printer dalam waktu lama dan jenis printer untuk kertas kalkir. Dengan begitu, printer dapat awet digunakan dalam jangka panjang

You may also like