Home » Hardware » Printer » Inilah 7 Penyebab Printer Spooling yang Sering Terjadi

Inilah 7 Penyebab Printer Spooling yang Sering Terjadi

by Elang Hendy Subrata

Pernahkah kamu mengalami masalah saat mencetak menggunakan printer? Contohnya saja seperti ini, sebelumnya kamu sudah mencetak dokumen sebanyak 2 lembar. Akan tetapi, printer tiba-tiba mencetak ulang kembali 2 lembar yang isinya sama persis dengan hasil cetakan sebelumnya. Atau pada saat melakukan pencetakan, printer tidak mau mencetak file. Kasus tersebut kita namakan printer spooling.

Printer spooling sendiri adalah sebuah istilah yang pada sistem komputer yang merupakan perintah untuk melakukan pencetakan. Dengan kata lain, spooling bisa berarti antrean file yang ingin dicetak. Hal-hal tersebut cukup sering terjadi pada saat mencetak sebuah dokumen pada printer. Tentunya kejadian itu sangat merugikan karena dapat menghamburkan kertas, tinta, dan juga menghamburkan waktu jika sedang terburu-buru. untuk mengetahui apa penyebab hal tersebut bisa terjadi berikut ulasannya.

1.Tidak diberikan jeda saat mencetak dokumen

Mesin printer juga sebuah mesin elektronik biasa. Jika kamu mencetak banyak dokumen tanpa memberikan jeda untuk printer istirahat, maka spooling bisa terjadi. Printer sendiri memiliki batas untuk mencetak dokumen. Ada yang hanya 100 lembar saja atau bahkan ada yang lebih dari itu. Oleh sebab itu, ketika kita selesai mencetak dokumen, berilah waktu untuk printer melakukan pendinginan.

2.Terjadi mati listrik

Hal ini juga sering terjadi saat proses pencetakan berlangsung, tiba-tiba listrik mati. Perlu kita sadari bahwa printer memiliki sistem ingatan yang fungsinya untuk mengingat file yang akan dicetak meskipun daya listrik tidak tersambung pada printer. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika saat listrik menyala, printer akan mencetak kembali file yang sama dengan hasil cetak sebelumnya.

3.Masalah pada kabel penghubung

Hal ini juga bisa menjadi penyebab printer macet saat melakukan pencetakan. Kadang-kadang ketika  kita ingin mencetak dokumen namun printer tidak mau mencetak, biasanya kabel yang berkualitas rendah akan sangat rentan terhadap masalah-masalah seperti ini. Cobalah untuk mengganti kabel penghubung printer dengan kabel penghubung yang baru atau printer lainnya. Jika printer langsung lancar setelah berganti kabel, maka bisa dipastikan itulah penyebabnya.

4.Printer digunakan secara bersamaan

Hal ini sangat umum terjadi pada perusahaan atau usaha percetakan. Jika kamu memiliki banyak komputer dan semuanya dihubungkan pada satu printer saja, maka spooling akan selalu terjadi jika semua komputer melakukan perintah pencetakan secara bersama-sama. Hal tersebut sangat berhubungan dengan jaringan komputer. Banyaknya kode perintah dari berbagai macam host yang berbeda-beda membuat perintah yang diterima pada printer menjadi semrawut. Untuk masalah semacam ini memang harus ada yang mengalah. Misalnya komputer satu melakukan pencetakan sampai selesai. setelah itu, lanjut ke komputer dua, dan begitu seterusnya.

5.Terlalu banyak aplikasi yang berjalan

Sama halnya dengan berbagai software lainnya, printer pun memakan RAM komputer meskipun jumlahnya tidak terlalu besar. Akan tetapi, jika kamu membuka banyak aplikasi saat melakukan pencetakan, maka kemungkinan terjadinya spooling bisa terjadi. Hal tersebut disebabkan banyak proses yang menumpuk pada bagian RAM yang menyebabkan komputer menjadi lemot. Cara untuk mengatasi hal ini adlaah mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu. Terutama aplikasi yang memakan banyak RAM.

Maka dari itu, saat melakukan pencetakan, usahakan komputer benar-benar fokus untuk mencetak dan tidak digunakan untuk hal lain yang bisa memberatkan seperti bermain game, encoding, dan aktivitas berat lainnya. Akan tetapi hal tersebut hanya berlaku untuk komputer yang spesifikasinya rendah. Sedangkan untuk komputer dengan spesifikasi tinggi, hal tersebut boleh-boleh saja.

6.Jaringan yang lambat

Saat ini, printer pun dapat mencetak dokumen melalui jaringan nirkabel seperti Wifi. Jaringan nirkabel ini biasa terjadi pada laptop atau smartphone yang ingin mencetak file dalam bentuk kertas. Jika printer tidak mau mencetak dokumen bisa jadi jaringannya lemah. Jaringan lemah sangat mungkin menjadi penyebab printer tidak bisa mencetak dokumen. Kecepatan jaringan printer saat menerima perintah menjadi lambat sehingga spooling pun terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya menggunakan jaringan kabel saja.

7.Masalah pada bagian printer

Kemungkinan selanjutnya adalah permasalahan dari printer itu sendiri. Hal ini cukup sering terjadi paad printer yang sudah lama digunakan. seperti yang kita tahu, barang-barang elektronik kualitasnya semakin menurun dari tahun ke tahun hal itu juga berlaku pada printer. Apalagi jika printer jarang dirawat, maka semakin menurun kinerjanya. Cobalah untuk memeriksa apakah kedaan printer masih berjalan dengan baik atau tidak dengan meresetnya. Kamu juga bisa untuk melakukan instal ulang menggunakan CD driver bawaan dari printer itu sendiri.

Kasus spooling sendiri merupakan hal yang wajar terjadi pada printer manapun. Maka dari itu, kamu jangan terlalu panik bila hal tersebut kamu alami. Penyebabnya sendiri hampir sama dengan penyebab printer not responding sehingga cara mengatasinya pun tidak jauh berbeda.

You may also like