11 Penyebab Printer Tidak Bisa Mencetak dan Cara Mengatasinya

Printer merupakan sebuah perangkat output komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak suatu dokumen atau informasi yang ada dari komputer. Keberadaan printer kemungkinkan kita untuk mencetak suatu dokumen atau hal – hal lainnya yang ada dari dalam komputer menjadi sebuah teks, gambar, hingga foto.

ads

Beberapa printer saat ini memiliki integrasi scan yang terpasang pada perangkat printer tersebut sebagai satu kesatuan yang melengkapi fitur dari printer sebagai mesin pencetak. Sebagai salah satu bagian dari perangkat input dan output komputer printer merupakan salah satu komponen esensial yang memberikan manfaat banyak bagi pengguna komputer.

Masalah Yang Sering Ditemukan Pada Printer secara Umum

Sama seperti semua perangkat keras lainnya, printer tidaklah terbebas dari permasalahan. Permasalahan yang sering ditemui oleh para pengguna komputer yang ingin mencetak sesuatu dengan menggunakan printer adalah situasi dimana printer mereka tidak bisa mencetak sesuatu. Penyebab printer macet tidak hanya disebabkan oleh satu faktor tapi juga dapat terdiri dari beberapa faktor yang sama – sama saling mempengaruhi

Ada banyak faktor – faktor yang dapat menyebabkan hal ini, mulai dari hal yang sederhana seperti permasalahan pengaturan software hingga kerusakan bagian dari perangkat printer ataupun komputer. Permasalahan printer yang tidak bisa melakukan pencetakkan yang terjadi secara software biasanya dapat diatasi dengan solusi mudah seperti merestart komputer anda. Sedangkan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada bagian hardware atau perangkat keras biasanya diperlukan beberapa langkah untuk mengatasi printer anda yang macet.

Penyebab Printer tidak Bisa Mencetak

Berikut merupakan 11 penyebab printer tidak bisa mencetak yang biasanya ditemukan.

1. Kabel daya pada Printer tidak terhubung dengan baik dengan sumber daya listrik.

Kabel daya printer yang tidak terhubung baik dengan sumber daya listrik dapat membuat printer anda tidak dapat melakukan proses pencetakkan. Oleh karena itu jika printer anda tidak bisa melakukan proses pencetakkan. Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah mengecek apakah kabel daya yang ada pada printer telah terhubung dengan baik atau tidak.

2. Printer belum dinyalakan ketika melakukan proses pencetakkan.

Sama seperti permasalahan yang ada pada sebelumnya. Jika printer anda belum dinyalakan maka perangkat ini tidak akan dapat melakukan proses pencetakkan. Untuk mengetahui hal tersebut pastikan tombol power pada printer berada dalam kondisi menyala. Anda dapat mengikuti cara mengatasi printer offline jika ada suatu hal yang membuat printer anda menjadi tidak dapat dinyalakan.

3. Kabel penghubung printer dan komputer tidak tersambung dengan baik.

Kabel USB yang disambungkan antara printer dengan komputer atau laptop digunakan untuk menghubungkan kedua perangkat ini. Melalui kabel USB komputer dapat memerintahkan printer untuk melakukan proses pencetakkan file yang ingin dicetak pada komputer. Coba periksa apakah kabel pritner sudah terhubung dengan baik ke port USB anda.


4. Driver printer yang belum terinstall atau bermasalah.

Pastikan bahwa komputer anda telah memiliki driver printer yang sesuai dengan komputer atau laptop anda. Jika driver printer yang pada laptop anda tidak sesuai dengan spesifikasi pada printer anda, ataupun mengalami permasalahan ketika diinstall. Komputer atau laptop anda tidak dapat memberikan perintah kepada printer untuk melakukan proses pencetakkan.5

5. Pengaturan printer yang kurang tepat.

Pengaturan printer yang kurang tepat dapat membuat komputer atau laptop anda tidak dapat melakukan perintah untuk membuat printer anda mencetak sesuatu. Untuk memperbaikinya anda dapat mengubah settingan printer yang anda hendak gunakan menjadi default printer dan selain hal tersebut pastikan bahwa port sambungan printer yang diatur pada komputer anda tidak memiliki permasalahan sehingga dapat melakukan komunikasi dengan baik.

6. Kapasitas penyimpanan data yang tidak mencukupi

Kapasitas penyimpanan data yang tidak mencukupi akan membuat printer anda tidak dapat mengirimkan informasi perintah untuk melakukan proses pencetakkan kepada printer anda. Untuk mengatasi hal ini anda dapaat mencoba cara mengatasi printer not responding. Selain hal tersebut anda dapat juga memberikan ruang tambahan terhadap media penyimpanan yang anda gunakan dengan menghapus beberapa file yang ada pada laptop atau komputer anda. 

7. Cartridge yang tidak terpasang dengan benar pada perangkat printer.

Masalah ini juga dapat menjadi penyebab printer tidak bisa mencetak. Cartridge yang tidak terpasang dengan benar dapat membuat  mekanisme dari printer tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dan untuk memperbaikinya anda perlu utnuk memasang kembali cartridge yang ada pada perangkat printer dengan benar.

8. Cartridge mengalami kerusakan.

Cartridge yang mengalami kerusakan juga dapat membuat mekanisme printer tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dan akan membuat printer tidak bisa mencetak. Anda dapat mencoba cara memperbaiki cartridge jika anda memiliki kepercayaan bahwa anda dapat memperbaikinya. Alternatif yang paling mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti cartridge yang rusak tadi dengan cartridge yang baru.

9. Printer mengalami paper jam.

Paper jam yang terjadi pada printer  dapat disebabkan oleh adanya kertas atau benda – benda lain yang tersangkut pada bagian dalam mekanisme printer yang anda gunakan. Untuk mengatasinya anda harus mengeluarkan bagian potongan kertas yang tersangkut didalamnya. Lakukan dengan hati – hati agar tidak merusak roll penarik kertas yang ada didalam bagian printer.

10. Kertas yang digunakan untuk mencetak terlalu banyak atau terlalu tebal.

Printer juga tidak dapat mencetak banyak kertas sekaligus dan juga kertas dengan ketebalan tertentu. Kebanyakan printer memiliki batas maksimal kertas yang dapat dimuat didalam proses pencetakannya. Jika kapasitas kertas yang dimuat atau ketebalan kertas yang digunakan dalam proses pencetakkan melebihi dari spesifikasi yang dimiliki oleh printer, perangkat printer tidak akan dapat melakukan proses pencetakkan. Oleh karena itu penting untuk diperhatikan bahwa bukanlah hal yang baik untuk memaksakan printer anda mencetak banyak hal secara bersamaan.

11. Roll Penarik Kertas yang rusak pada printer.

Roll penarik kertas yang rusak pada printer dapat membuat proses pencetakkan yang dilakukan oleh printer menjadi macet dan bahkan tidak dapat digunakan untuk melakukan proses pencetakkan.  Untuk mengatasi masalah roll penarik kertas yang rusak pada printer anda dapat memulai dengan memeriksa kinerja dari roll printer yang ada pada printer. Coba cetak sesuatu melalui printer yang anda hendak periksa. Jika roll printer anda bermasalah maka perangkat ini akan dapat berputar seperti biasa tapi tidak akan dapat menarik kertas yang ada pada printer. Untuk memperbaikinya anda perlu untuk mengganti roll penarik kertas tersebut dengan yang baru.

Itulah 11 penyebab printer tidak bisa mencetak. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Printer