Home » Hardware » Printer » 6 Macam Macam Permasalahan pada Printer Ini, Bakal Sering Terjadi Loh

6 Macam Macam Permasalahan pada Printer Ini, Bakal Sering Terjadi Loh

by Elang Hendy Subrata

Bagi mahasiswa atau seorang pekerja kantoran, printer merupakan salah satu perangkat keras komputer yang cukup penting. Printer dibutuhkan untuk dapat mencetak sebuah dokumen yang berasal dari bentuk file. Tanpa adanya printer, kita akan sulit memberikan dokumen dalam bentuk cetakan pada seseorang.

Sayangnya, beberapa orang sering mengabaikan pemeliharaan pada printer itu sendiri. Padahal benda ini sering digunakan dalam tugas-tugas penting. Untuk kamu yang sering menggunakan printer, beberapa masalah ini pastinya pernah dialami. Untuk mengetahuinya, berikut beberapa permasalahan umum yang berhubungan dengan printer.

1.Susah mencetak dokumen

Apa kamu pernah mengalami proses pncetakan dokumen terlalu lama? Padahal kamu sudah melakukan langkah-langkah yang benar saat menggunakan prnter. Tenang, kamu tidak perlu panik jika mengalami hal tersebut. Kejadian itu disebut dengan spooling. Penyebab printer spooling cukup banyak faktornya. Umumnya disebabkan banyak dokumen yang harus dicetak dalam satu waktu.

Untuk mengatasi hal tersebut, cukup batalkan proses cetak dan atur kembali pencetakan pada bagian pengaturan. Saat kamu akan mencetak dokumen, ubahlah kualitasnya menjadi lebih kecil atau low. Akan tetapi dengan catatan, cetakannya hanya berbentuk tulisan saja. jika menggunakan gambar, sebaiknya menggunakan mode medium. Dengan mengatur kualitas cetaknya, maka kecepatan mencetak dokumen akan lebih cepat.

2.Kertas nyangkut

Permasalahan selanjutnya adalah terjadinya kertas nyangkut saat melakukan proses mencetak dokumen. Penyebab printer macet saat melakukan pencetakan pun bisa banyak faktor. mulai dari kertas yang terlalu tebal, kabel printer yang mulai rusak, terjadinya spooling saat mencetak, hingga permasalahan printer yang tidak pernah istirahat.

Jika kertasnya terlalu tebal, kamu harus teliti saat kertas akan digunakan saat mencetak dokumen. Jika permaslahannya ada di bagian kebel, maka gantilah kabelnya dengan yang masih bagus atau dengan kabel baru.

3.Hasil cetak terdapat-garis-garis

Saat kita mencetak sebuah dokumen, terkadang kita penah melihat hasil cetakannya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya saja pada beberapa halaman, kita melihat ada tulisan yang tidak tercetak sempurna atau warnanya pudar. Selain itu, terkadang tulisannya menjadi lebih tebal, tipis, atau bahkan muncul bayangan di sekitar tulisan. Hal tersebut bisa terjadi karena dua faktor, yakni tintanya mulai habis atau tintanya mulai mengering. Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah. Untu tinta yang sudah mulai habis, kita tingga isi kembali dengan tinta baru.

4.Kecepatan mencetak yang lambat

Untuk bagian ini, biasanya terjadi pada printer yang menggunakan sistem wireless. Printer saat ini memiliki dua jenis dari sisi jaringan saat disambungkan dengan komputer atau laptop, yakni kabel dan wireless. Sayangya, Salah satu kelemahan sistem cetak yang menggunakan nirkabel adalah sistem ini sangat bergantung dengan jaringan. Apabila jaringannya kuat, maka koneksi pun akan semakin cepat, begitu juga sebaliknya. Untuk permasalahan ini, umumnya hanya karena  jaringannya yang lemah. Sebaiknya proses mencetak jauh lebih baik menggunakan versi kabel.

5.Printer yang tidak terkoneksi

Permasalahan berikutnya yang sering ditemukan adalah printer yang tidak terkoneksi pada komputer. Padahal berbagai kabel sudah terpasang dengan baik , printer  menyala dengan normal, dan logo printer muncul di dalam komputer atau laptop.  Untuk bagian ini, kamu harus ketahui dulu apa penyebab printer menjadi offline. Ceklah bagian kabel, driver, dan bagian hardware lainnya. Jika kamu sudah menemukan apa permasalahannya, maka kamu tinggal mecoba cara mengatasi printer offline dari berbagai sumber.

6.Cartridge yang bermasalah

Untuk kamu yang menggunakan printer dengan sistem cartridge, maka permasalahan seperti tintanya mengering, tinta cartridge yang tidak keluar, cartridge yang tidak terdeteksi saat mencetak, bukanlah sesuatu yang baru. Dibandingkan dengan versi laser, versi cartridge terbilang cukup rumit meskipun dari sisi harga lebih murah. Selain itu, kamu juga harus memahami bahwa printer yang menggunakan cartridge perlu perawatan yang lebh ekstra.

Printer pun tidak berbeda dengan jenis alat elektronik lainnya. Suatu saat pasti akan mengalami masalah yang bisa terjadi kapanpun. Oleh sebab itu, perawatan pada printer harus selalu dilakukan agar printer dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Jika kamu memiliki printer sendiri, kamu perlu mempelajari cara menyimpan printer dalam waktu lama. Dengan begitu, printer tidak akan mudah terkena debu atau masalah lainnya selama tidak digunakan. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

You may also like