Home » Hardware » Printer » Inilah 13 Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Printer Epson I310

Inilah 13 Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Printer Epson I310

by Elang Hendy Subrata

Printer bagi sebagian orang merupakan sebuah perangkat yang cukup penting. Fungsi printer adalah untuk mencetak dokumen yang beasal dari sebuah data. Jenis-jenis printer sendiri bermacam-macam ada yang digunakan untuk mencetak kertas biasa hingga untuk mencetak benda padatan seperti printer 3D.

Prnter sendiri terkadang sering mengalami kendala misalnya saja tinta yang tidak keluar atau kertas nyangkut pada printer tersebut. Mengenai kertas yang menyangkut pada di printer penyebabnya bisa bermacam-macam seperti:

  • Kertas terlalu tebal  pada printer

Penyebab yang pertama adalah kertas terlalu tebal saat dimasukan pada printer. Ada dua macam penyebab hal tersebut terjadi. Pertama memang ketebalan kertas itu sendiri yang tidak sesuai dengan standar kertas untuk printer. Kedua kertas sebernarnya tipis tapi karena masih baru setiap kertas saling menempel sehingga kertas menjadi tebal.

  • Ada benda yang masuk ke dalam printer

Kemungkinan yang kedua adalah adanya benda asing yang masuk ke dalam printer. Benda asing tersebut biasanya ukurannya kecil seperti klip kertas atau bekas staples yang tidak sengaja masuk ke dalam pinter. Oleh sebab itu, kebersihan tempat sangat perlu dilakukan jika memang benar ada benda yang masuk ke dalam printer.

  • Ada sensor yang terlepas

Perlu kamu ketahui bahwa sebuah printer memiliki sensor yang letaknya ada di bagian penarik kertas. Jika sensor pada alat penariknya terlepas, otomatis kertas tidak akan tertarik keluar yang menyebabkan kertas nyangkut.

  • Kertas dalam keadaan kusut

Untuk melakukan pencetakan tentunya harus menggunakan kertas yang dalam keadaan baru. Keadaan baru di sini artinya kertas masih dalam keadaan tegap dan tidak kusut. Jika menggunakan kertas yang kusut, maka kertas berpotensi rusak dan bisa kesulitan dicetak.

  • Terlalu sering mencetak dokumen

Printer pun bisa terkena overheat dan menyebabkan kertas tersangkut saat melakukan pencetakan. Pada dasarnya, printer hanya dapat mencetak 100 lembar kertas dalam sekali cetak. Apabila mencetak lebih dari itu, maka printer bisa merasakan overheat. Setelah printer mencetak banyak kertas, maka seharusnya printer dibiarkan istirahat terlebih dahulu selama beberapa menit.

Setelah mengetahui penyebab kertas bisa menyangkut pada printer, sekarang kita cari tahu bagaimana mengatasi kertas nyangkut berikut ini.

  1. Langkah yang pertama adalah matikan terlebih dulu printernya. Selain dimatikan, cabut juga alat listriknya agar tidak hidup secara tiba-tiba.
  2. Setelah itu, bukalah penutup di bagian depan printer.
  3. Lihatlah apakah ada sesuatu yang menjadi penyebab kertas tersumbat atau tidak.
  4. Cek juga bagian sensor penarik kertasnya apakah ada yang terlepas atau tidak.
  5. Sementara itu, di bagian komputer, kamu harus membatalkan semua perintah pencetakan agar tidak terjadi proses pencetakan saat kertas berhasil dikeluarkan.
  6. Setelah kamu memastikan tidak ada penghalang pada bagian dalam printer, maka langkah selanjutnya adalah mulai menarik kertas yang terjepit.
  7. Untuk menarik kertasnya, jangan sampai kertas ditarik sekaligus. Lakukanlah secara perlahan-lahan agar kertas tidak sobek. Jika kertas sampai tersobek, maka hal tersebut bisa menghambat proses pencetakan.
  8. Cara agar kertas dapat ditarik dengan mudah adalah dengan menggunakan kedua tangan. Tangan yang pertama menarik kertas dari luar printer sedangkan tangan satu lagi adalah mendorong kertas dari dalam printer. Pastikan untuk menarik  kertas ini mesin printer sudah dimatikan.
  9. Jika kamu kesulitan menggunakan jari-jari untuk mendorong kertas, gunakanlah pinset untuk membantu kertas dapat keluar dengan mudah.
  10. Jika kertasnya tersangkut pada bagian pendorong tinta, maka tarik kertasnya secara perlahan-lahan dari pendorong tinta. kamu juga dapat menggunakan pinset untuk membantu mencabut kertas yang tersangkut.
  11. Jika kertasnya sudah berhasil dicabut, periksa kembali di dalam printer apakah ada kertas yang tersobek atau benda-benda kecil yang menjadi penghalang.
  12. Setelah memastikan tidak ada penghalang,  Jangan langsung menghidupkan printer. Apalagi jika printer telah digunakan berlebihan. Diamkanlah printer hingga 10 sampai 20 menit saja.
  13. Jika sudah lebih dari 20 menit, colokan kembali kabel printer dan hidupkan kembali seperti biasa.

Itulah cara mengatasi kertas nyangkut di printer Epson. Meskipun terlihat mudah akan tetapi, hal tersebut bukan berarti masalah selesai begitu saja. Kadang-kadang, kertas nyangkut dapat kembali terjadi. Jika printer terlalu sering mengalami kertas nyangkut, maka bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres menimpa printer epson milikmu.

Jika kamu sudah ahli mengenai cara memperbaiki printer epson, maka sebaiknya kamu perbaiki pada bagian sensor penarik kertasnya saja. Sebab, kejadian kertas nyangkut selalu terjadi di area tersebut. Untuk bagian komputer, kamu dapat melakukan cara cleaning printer epson agar printer dapat mereset ulang sistemnya seperti semula. Usahakan selalu melakukan cleaning pada saat pengisian tinta baru sehingga tinta keluar dan kertas tidak sering mengalami macet saat proses pencetakan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

You may also like