6 Fungsi Printer pada Komputer

Printer merupakan salah satu perangkat keras komputer (output ) yang banyak digunakan untuk mencetak dokumen. Printer sendiri ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan juga fungsi penting. Apa saja fungsi – fungsi penting dari printer? berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari sebuah printer :

ads
  1. Mencetak dokumen

Fungsi pertama dari sebuah printer, terutama dari teknik mencetak adalah mencetak dokumen. Dokumen – dokumen yang biasa dicetak dengan menggunakan printer biasanya merupakan dokumen berupa surat, transkrip, dan berbagai macam jenis dokumen lainnya. Biasanya, dokumen yang sudah dibuat di dalam komputer, dengan menggunakan software office, seperti Mocrosoft Excel dan juga Word, akan dicetak dengan menggunakan printer.

Jadi, dengan adanya rinter ini, maka dokumen tersebut akan dapat dicetak dan muncul dalam bentuk fisik.

  1. Mencetak foto

Kemampuan dan juga fungsi lainnya dari printer adalah untuk mencetak foto. Ya, saat ini, printer biasa atau yang kita kenal dengan nama desktop printer sudah sangat mumpuni untuk mencetak sebuah fotoh. Orinter yang digunakan untuk mencetak foto ini biasanya merupakan jenis printer berwarna, dengan resolusi tinggi. dengan begitu,s etiap foto yang kita simpan di dalam komputer kita, bisa kita cetak dan juga kita print dengan menggunakan printer ini, tentu saja dengan kualitas foto yang sangat baik.

Meski demikian, terkadan dalam mencetak foto menggunakan printer masih terbatas pada ukuran dari foto itu sendiri. Beberapa printer desktop yang baisa digunakan memiliki kemampuan maksimal mencetak kertas berukuran folio. Jadi tidak sema foto bisa langung di print dengan menggunakan printer biasa.

  1. Mencetak banner dan spanduk

Untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dalam media dan juga bentuk kertas yang lebih besar, maka dikembangkanlah mesin printer yang berukuran besar, atau yang biasa kita sebut dengan nama plotter. Plotter ini merupakan mesin cetak alias printer yang berukuran sangat besar, serta memiliki kemampuan mencetak dengan resolusi yang sangat tinggi. dengan mesin ini, berbagai macam bentuk objek digital di dalam computer akan dapat mudah untuk dicetak. Biasanya mesin plotter ini banyak digunakan pada percetakan – percetakan, yang menjual jasa percetakan spanduk dan juga banner, ataupun poster.

  1. Mencetak sticker dan sablon

Selain untuk kegunaan percetakan dalam media kertas dan juga media akrlik untuk banner, printer komputer juga sering dimanfaakan untuk mencetak pada media lain. salah satunya adalah media kaca, kain dan sebagainya. Ya, saat ini sablon sudah sangat berkembang, hingga hanya dengan menggunakan printer saja, maka anda sudah bisa mendapatkan kaos dengan motif yang anda inginkan, ataupun memiki segelas cangkir yang memiliki motif foto wajah anda.

  1. Fungsi ganda merangkap scanner

Beberapa printer memiliki fungsi tambahan, yang dapat merangkap sebagai sebuah scanner. Biasanya, printer seperti ini banyak ditempatkan pada kantor – kantor, yang memiliki kebutuhan pemindaian dokumen yang tinggi. jadi, selain mampu untuk mencetak sebuah dokumen ke dalam bentuk fisik, printer juga dapat membantu mengubah dokumen fisik menjadi bentuk dokumen digital.

  1. Mengoptimalkan kemampuan pemahaman individu dalam menganalisa dokumen

Manusia memiliki keunikan tersendiri dan berbeda – beda. Ada orang yang nayaman membaca dan juga megnanalisa dokumen dengan cara menatap layar komputer, namun aada pula oorang yang hanya bisa melakukan analisa terhadap suatu dokumen hanya dengan menggunakan kertas. Jadi, dengan adanya printer, hal ini akan sangat memudahkan mereka yagn masuk ke dalam tipe seperti itu. Mereka akan lebih mudah melakukan analisa terhadap sebuah dokumen dengan mudah, dan tanpa perlu repot menatap laya komputer terlalu lama, yang mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Tips memilih printer yang baik

Nah, anda sudah tau dan juga paham mengenai manfaat yang bsia anda peroleh dari menggunakan printer sebagai alat pencetak dokumen. untuk membeli sebuah printer, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan,s ehingga nantinya, printer tersebut dapat bermanfaat bagi anda. berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

  1. Selalu pilih printer yang sesuai dengan kebutuhan anda

Pertama, tentu saja anda harus mengetahui kebutuhan anda dalam membeli printer. Apakah anda membeli printer untuk kepentingan mencetak dokumen, atau foto, ataukan untuk bisnis percetakan. Usahakan membeli printer yang memiliki fitur – ftur yang tepat untuk kebutuhan anda, agar nantinya anda tidak kerepotan dalam menggunakannya. Maka dari itu, anda memang wajib untuk mengetahui kebuthan dasar apa saja yang harus anda penuhi dengan printer tersebut.

  1. Lihat aftersales dari merk dagang printer

Aftersales juga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Aftersales sangat erat hubungannya dengan klaim garansi dan juga wilayah dan jangkauan servis resmi dari printer yang akan anda beli nantinya. Ketika printer anda mengalami kerusakan, apakah akan tercover oleh garansi yang diberikan pabrik atau tidak. Lalu apakah merk printer yang anda beli memiliki jaringan service center yang banyak dan mudah dijangkau atau tidak. Hal ini akan membantu anda lebih bijak dalam memilih printer. Jangan terlalu terpengaruh harga murah, namun memiliki aftersales yang buruk, karena nantinya anda bisa saja akan merasakan kekecewaan terhadap produk yang sudah terlanjur anda beli sebelumnya.

  1. Sesuaikan budget anda dalam membeli printer

Budget alias kondisi keuangan anda pun juga harus diperhatikan. Jangan menargetkan untuk memebeli printer dengan harga yang jauh lebi tinggi daripada budget yang anda miliki. Selalu sesuaikanlah angka dari jumlah budget yang ana miliki. Apabila printer tersebut memiliki harga yagn lebih mahal daripada budget yagn anda miliki, maka segea tinggalkan, dan cari printer lainnya yagn harganya lebih sesuai dengan budget anda.

  1. Jangan terfokus pada merek, tapi fokuslah pada spesifikasi dan juga kemampuan dari printer tersebut

Kebanyakan pengguna terlalu focus pada merk dagang dari sebuah peraltan, terutama printer, dibandingkan dengan kualitas asli dari printer tersebut. Maka dari itu, kita harus lebih bijak untuk memilih printer. pilihlah printer yagn kemampuan dan juga spesifikasinya terbaik, dan juga sesuai dengan kebutuhan anda. jangan karena Merk A adalah merk terketnal, anda jadi membeli merk A, padahal merk A memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih rendah, dan tidak sesuai degnan kebutuhan anda.

  1. Apabila akan membeli printer, pastikan printer tersebut kompatibel dengan komputer anda

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah kompatibilitas. Ada beberapa jenis printer yang mungkn rewel, dan tidak kompatibel dengan sistem operasi komputer yang anda gunakan. Karena itu, ada baiknya anda wajib untuk menanyakan kompatibilitas dari printer yang akan anda beli, sehingga nantinya anda tidak menyesal.

Baca : Cara Memperbaiki Error Number 5100 Printer Canon IP 2770

Tips Memilih Printer Second

Terkadang, printer juga sering ditawarkan berada dalam kondisi second, alias bekas. Printer dengan kondisi second memang memiliki harga yang sangat menggiurkan. Tentu saja bukanlah suatu hal yang haram apabila anda harus membeli printer yagn berlabel second. Namun demikian, untuk memperoleh printer second dengan kualitas yang baik, anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini :


  1. Beli printer pada lokasi dan juga penjual terpercaya

Merupakan hal yang mutlak dan juga wajib untuk anda ikuti. Ya, penjual yang terpercaya biasanya memilki layanan yang lebih baik, dan memiliki komunikasi dengan pemebli dengan labih tertata rapi. Selain itu, biasanya, penjual yang terpercaya memiliki barang dengan kalitas yang masih baik, dan selalu jujur mengenai kualitas barang yang dia jual.

  1. Selalu tanyakan secara detail mengenai penggunaan printer dan juga perawatan dari printer

Anda juga harus mengetahui riwayat printer second yang akan anda beli. Anda harus tahu printer ini sering digunakan atau tidak, biasa digunakan untuk mencetak dokumen seperti apa, berapa kali digunakan dalam sehari, cara penyimpanan dari printer, hingga perlakuan lainnya terhadap printer tersebut. Megnetahui riwayat printer second, akan membantu anda memberikan harga terbaik, dan juga gambaran megnenai kualitas dari printer yang akan anda ambil.

  1. Minta garansi personal dari penjual selama paling tidak 3 hari untuk printer tersebut

Garansi personal, paling tidak 3 hari, ataupun 1 x 24 jam juga bisa anda minta dari penjual. Kebanyakan printer second sudah tidak berada dalam masa garansi pabrik, jadi paling tidak kita bisa minta pertanggungjawaban langsung terhadap penjual, agar kita benar – benar memperoleh printer dengan kualitas yang baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, November 2015 / 12:12 Oleh :
Kategori : Printer