10 Cara Mengatasi Printer Offline Secara Manual

Fungsi printer pada komputer cukup penting. Dengan adanya printer, kita bisa mencetak berbagai hasil karya yang kita buat menggunakan komputer. Baik itu berupa laporan, tulisan, atau gambar dan desain. Printer sangat berguna, dan seringkali sangat dibutuhkan, terutama bagi para pekerja kantoran dan mahasiswa. Pada beberapa kejadian, kadang kala kita tidak bisa melakukan pencetakan dengan menggunakan printer. (Baca Juga:  Penyebab Printer Offline ,  Penyebab Laptop Restart Sendiri)

ads

Jika anda tidak sedang benar-benar perlu mencetak, mungkin anda bisa sedikit santai dan jika terpaksa bisa nebeng print di tempat lain. Namun kasusnya berbeda jika keperluan untuk mengeprint sangat mendesak, dimalam hari, dan banyak pula. Waah.. Biasanya pada saat terdesak seperti itu, akal manusia akan bekerja melebihi biasanya. Mencari berbagai cara agar printer bisa dipakai kembali. Dan mungkin itu yang sedang anda lakukan sehingga mendarat di artikel ini. (Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi , Fungsi Freehand Tool)

Ketika printer tidak bisa mencetak, pertama pastikan printer menyala dan kabel printer sudah terpasang dengan benar. Setelah itu cek status printer. Apakah online atau offline. Jika offline, pastilah printer tidak akan bisa digunakan. Untuk itu anda harus mengubahnya menjadi online. (Baca juga: penyebab printer menjadi offline)

Printer menjadi offline karena berbagai hal, konektivitas (kabel), paper jam, out of paper, serta berbagai masalah hardware lain. Kadang kala printer juga bisa menjadi offline karena masalah pada driver printer, yang mengalami corrupt atau malahan belum terinstal. Anda harus menyelesaikan masalah yang terjadi pada printer terlebih dahulu, setelah itu biasanya status printer secara otomatis akan langsung online. Namun pada beberapa kasus, anda harus membuatnya online secara manual. Berikut Cara Mengatasi Printer Offline : (Baca juga: cara memperbaiki error number 5100 printer Canon IP 2770)

Menyelesaikan Masalah Hardware/ Software

1. Memastikan kabel dalam kondisi baik, dan memasangnya dengan benar

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, ketika printer anda tidak mau mencetak, pastikan printer telah menyala dan cek kabel printer. Kabel yang rusak, entah putus karena terpotong, digigit tikus, atau karena usia akan membuat printer tidak dapat bekerja. Pemasangan yang tidak benar juga bisa menyebabkan hal serupa. Untuk itu pastikan kabel yang anda pasang dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar. (Baca juga: tips memilih printer yang bagus dan murahfungsi port pada komputer)

2. Membersihkan kertas yang menyangkut

Jika ketika anda akan melakukan pencetakan menggunaka printer, lalu muncul pemberitahuan/ peringatan Paper Jam, itu berarti ada kertas atau benda lain yang menyangkut pada printer. Untuk itu ada peril sedikit membongkar printer untuk membersihkan kertas yang menyangkut tersebut. Kalau kertas masih agak besar dan tidak terglung hingga semrawut, anda bisa mencoba menariknya saja. Namun jika kertas sulit dikeluarkan, lebih baik sedikit membongkar tutupnya, jangan mencongkel. Baca juga: (kelebihan printer laser dibanding inkjet , Cara Memperbaiki Blue Screen)


3. Menambahkan kertas pada printer

Penambahan kertas diperlukan ketika muncul peringatan out of paper. Karena itu berarti kertas dalam tempat penyimpanan kertas pada printer telah habis digunakan. Biasanya kejadian ini tidak terdeteksi jika anda menggunakan shared printer, yang berada di ruangan berbeda. Jika peringatan ini muncul, segeralah ketempat dimana printer berada dan isi kembali kertas pada tempat penyimpanan kertas printer. (Baca juga: perbedaan hacker dan cracker , Fungsi Database)

4. Mengisi kembali tinta printer

Sama seperti kertas yang habis, tinta printer yang habis juga akan menyebabkan printer offline. Sebab bagaimana bisa mencetak, apabila tinta habis. Untuk itu anda harus mengisinya kembali. Sebaiknya jangan dibiasakan mengisi tinta hanya pada saat tinta telah habis. Isilah tinta kembali ketika tinta berada pada limit akan habis, atau sebelum benar-benar habis agar tidak merusak cartridge. (Baca juga: fungsi bluetooth pada komputer, fungsi mouse pada perangkat komputer)

5. Membiarkan printer beristirahat

Meskipun berupa mesin, printer juga bisa mengalami ‘kelelahan’. Jika anda tengah melakukan pencetakan dokumen dalam jumlah yang cukup banyak, sebaiknya beri jeda beberapa waktu bagi printer untuk beristirahat. Jangan paksakan printer terus menerus bekerja, lakukan pencetakan secara bertahap. Bisa jadi printer malah akan mengalami kerusakan jika anda memaksakan printer untuk bekerja teralu berat. Sebagai acuan, biasanya pada spesifikasi printer disebutkan jumlah maksimal pencetakan printer. (Baca juga: Penyebab Printer Bergaris ,  Peran Teknologi Dalam Pendidikan)

6. Mengupdate/ install ulang driver printer

Seperti yang juga sudah saya sebutkan diatas, pastikan driver printer sudah terinstall. Lalu cek apakah printer memerlukan update diver. Jika permasalahan ternyata disebabkan oleh driver printer yang mengalami corrupt, anda bisa mengatasinya dengan menginstall ulang driver printer anda. (Baca juga : Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris ,  Perangkat Input dan Output Komputer)

7. Memperbaiki printer

Ini kemungkinan terakhir yang diharapkan terjadi pada printer anda. Hardware printer yang rusak, baik itu karena usia atau pemakaian yang tidak benar tentu akan menyebabkan printer offline. Untuk itu anda harus memperbaiki printer tersebut terlebih dahulu (baca juga: tips memilih printer yang bagus dan awet ,  Perbedaan Browser dan Search Engine)

Merubah Status Printer Offline Menjadi Online

Setelah permasalahan pada hardware atau software terselesaikan, biasanya secara otomatis status printer akan menjadi online. Namun jika itu tidak terjadi, anda harus mengubah statusnya menjadi online secara manual. Untuk dapat mengubahnya, anda dapat mengaksesnya melalu control panel. Pada versi windows yang berbeda, letak status printer offline/ online pada control panel juga berbeda. Berikut cara merubah status printer yang offline menjadi online, pada beberapa versi Windows.


1. Pada Windows 8 dan 10

  1. Klik Win + I pada keyboard, lalu buka menu Setting > Devices and Printer
  2. Klik Printer.
  3. Jika Printer dalam keadaan offline, maka status yang muncul adalah “Offline”. Jika Printer dalam keadaan online, maka status yang muncul adalah “Ready”.
  4. Klik kanan pada Printer, lalu pilih ‘See what’s printing’
  5. Setelah itu akan muncul kembali beberapa opsi, double klik pada opsi yang sama: ‘See what’s printing’
  6. Klik tab ‘Printer’ pada dialog box yang muncul kemudian kemudian hilangkan centang pada opsi ‘Use Printer Offline’

(Baca juga: cara mengatasi lupa password laptop ,  Penyebab Layar Laptop Blank)

2. Pada Windows 7

  1. Klik Start > Devices and Printer
  2. Klik Printer.
  3. Klik kanan pada Printer, lalu pilih ‘See what’s printing’
  4. Setelah itu akan muncul kembali beberapa opsi, double klik pada opsi yang sama: ‘See what’s printing’
  5. Klik tab ‘Printer’ pada dialog box yang muncul kemudian kemudian hilangkan centang pada opsi ‘Use Printer Offline’

(Baca juga : manfaat komputer dalam bidang industri ,  Jenis Scanner Dan Fungsinya)

3. Pada windows XP dan vista

  1. Klik Start > Printer and Fax
  2. Klik Printer.
  3. Klik kanan pada Printer, lalu hilangkan centang pada opsi ‘Use Printer Offline’
  4. Status printer juga akan berganti setelah anda merubah status printer menjadi online.

(Baca juga: fungsi control panel , Cara Mengatasi Scanner Macet)

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 06th, March 2017 / 00:37 Oleh :
Kategori : Printer