8 Cara Mengatasi Laptop Macet Saat Dihidupkan Paling Mudah

Permasalahan laptop yang macet saat dihidupkan seringkali akan membuat kita menjadi tidak nyaman menggunakan laptop kita. Ada banyak penyebab laptop menjadi macet saat dihidupkan baik itu dari permasalahan hardware maupun permasalahan software yang ada didalam laptop.

ads

Indikasi awal dari permasalahan ini adalah ketika anda mencoba untuk menghidupkan laptop anda maka awalnya laptop anda akan terlihat seperti biasa, namun ketika laptop sudah dihidupkan dan ketika komputer memasuki bagian startup dan akan mulai bekerja biasanya disini merupakan bagian laptop menjadi macet. Laptop tidak bisa mengakses semua program dengan lancar, dan kemungkinan terburuk pada akhirnya akan memaksa anda untuk melakukan force shutdown dengan menekan tombol power.

Langkah awal untuk menyelesaikan permasalahan ini sebenarnya dapat dimulai dengan mencoba cara mempercepat cara mempercepat kinerja laptop. Akan tetapi jika permasalahan tersebut tidaklah dapat terselesaikan kita bisa mencoba cara – cara berikut yang akan dapat menyelesaikan permasalahan laptop macet sesuai dengan penyebab terjadinya kegiatan tersebut.

Penyebab Laptop Macet Saat dihidupkan dan Cara Mengatasinya

Dalam pembahasan berikutnya kita akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop macet saat dihidupkan. Jadi langsung saja berikut merupakan pembahasannya.

1. Laptop macet karena Sistem Operasi Laptop telah terinfeksi virus

Kebanyakan virus akan membuat laptop ataupun komputer bekerja lebih ekstra dan ada juga beberapa virus yang dapat memberikan kerusakan pada bagian media penyimpanan harddisk baik yang ada di laptop atau yang ada di komputer. Beberapa permasalahan ini dapat membuat laptop menjadi macet saat di hidupkan. Berikut merupakan hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi laptop macet karena sistem operasi laptop terinfeksi virus.

  • Untuk mengatasinya anda dapat mencoba cara menghilangkan virus yang serupa dengan cara menghilangkan virus di laptop windows 7.
  • Perlindungan terhadap virus laptop atau komputer juga harus dilakukan secara terus menerus. Jangan lupa untuk selalu mengupdate database antivirus anda dengan database terbaru. Dengan memperhatikan hal – hal tersebut anda dapat mengatasi masalah laptop macet karena sistem operasi laptop yang telah terinfeksi oleh virus.

2. Laptop macet karena masalah pada Sistem Operasi laptop

Salah satu penyebab laptop menjadi macet adalah karena adanya permasalahan yang ada pada sistem operasi laptop. Permasalahan yang ada pada sistem operasi laptop dapat terjadi karena adanya infeksi virus, permasalahan penginstallan aplikasi, ataupun kesalahan dalam mengatur pengaturan yang ada didalam sistem operasi. Khusus untuk Windows anda tidak perlu khawatir, karena sistem operasi ini telah memberikan fitur yang mampu membuat sistem operasi pada komputer anda kembali seperti semula sesuai pada suatu keadaan dimana sistem operasi anda masih dalam keadaan yang baik. Fitur ini disebut sebagai System Restore

Untuk dapat mengaktifkan fitur system restore berikut merupakan beberapa langkah yang dapat anda lakukan.

  • Untuk dapat menggunakan fitur system restore Windows anda dapat menekan tombol Win + R.
  • Setelah itu jendela system restore akan muncul dari sana tinggal pilih keadaan dimana laptop anda masih dalam keadaan yang baik.
  • Perlu diingat anda hanya dapat menggunakan fitur system restore windows jika anda sudah melakukan pengaturan terhadap persiapan untuk membuat pengaturan awal dari system restore yang ada di Windows. Jika anda belum melakukannya anda dapat mencoba caranya lewat panduan yang ada di Internet.

3. Laptop macet karena adanya permasalahan harddisk error/ bad sector

Permasalahan yang ada pada harddisk dapat menjadi salah satu faktor yang membuat laptop macet saat dihidupkan. Seiring dengan berjalannya waktu seringkali harddisk akan kehilangan kemampuannya untuk melakukan proses penyimpanan yang dapat membuat komputer menjadi bekerja sebagaimana mestinya. Belum lagi permasalahan seperti fragmentasi penyimpanan data pada harddisk yang juga dapat berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini akan berpengaruh terhadap performa yang dimiliki oleh harddisk.

Untuk mengatasi permasalahan yang ada pada harddisk yang terfragmentasi anda dapat menggunakan fitur Disk Defragmenter yang telah disediakan oleh Sistem Operasi Windows. Jika anda tidak menggunakan Windows banyak alternatif software yang dapat anda gunakan untuk melakukan Disk Defragment. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda ambil.


  • Jika anda menggunakan Windows 8, atau Windows 10 untuk mengaktifkan fitur disk defragment anda dapat membukanya lewat windows explorer.
  • Dari sana pilih salah satu harddisk yang terpasang pada laptop anda.
  • Kemudian klik kanan dan buka properties.
  • Setelah jendela properties terbuka, kemudian pilih tab Tools. Didalamnya nanti ada pilihan Error Checking serta Optimize and Defragment Drive.
  • Kemudian pilihlah Optimize, ikuti langkah selanjutnya dan tunggu hingga proses defragmentnya selesai.

5. Laptop Macet karena RAM yang kurang mencukupi dan bermasalah

Kerusakan RAM (Random Acces Memory)  dan juga RAM yang tidak mencukupi, akan membuat laptop atau komputer tidak dapat bekerja dengan maksimal sesuai yang anda harapkan. RAM merupakan salah satu komponen yang sangat penting yang membuat laptop atau komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya. Keadaan RAM yang kecil dan juga bermasalah akan membuat laptop menjadi lambat baik itu ketika dinyalakan ataupun ketika dijalankan. Ciri – ciri RAM komputer yang rusak dapat juga ditemukan pada permasalahan RAM yang rusak pada laptop

Untuk mengatasinya anda perlu untuk melakukan proses penambahan ataupun penggantian RAM yang bermasalah pada laptop anda. Untuk melakukan proses penggantian kapasitas RAM atau penambahan RAM anda perlu membuka laptop anda dan menambahkan atau menggantikan RAM yang terpasang pada slot RAM yang ada pada papan motherboard laptop anda.

6. Laptop Macet karena komponen laptop yang berdebu

Komponen laptop yang berdebu akan membuat laptop anda menjadi bekerja dengan lebih ekstra daripada yang biasanya. Laptop yang bekerja lebih ekstra daripada yang biasanya lama kelamaan akan mengalami kemacetan dalam performanya seiring dengan berjalannya waktu. Masalah laptop yang berdebu juga akan menjadi penyebab laptop cepat panas permasalahan – permasalahan ini pada akhirnya akan menjadi penyebab laptop menjadi macet ketika dinyalakan ataupun dijalankan. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga komponen laptop anda terbebas dari debu agar komponen anda dapat.

Untuk dapat mengatsi laptop macet karena komponen laptop yang berdebu anda dapat memulai dengan membersihkan bagian dalam laptop anda yang berdebu dan juga memperhatikan cara merawat laptop yang jarang dipakai. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut maka anda dapat menyelesaikan masalah laptop macet karena komponen laptop yang berdebu.


7. Laptop Macet karena banyaknya aplikasi yang terinstall

Aplikasi yang terlalu banyak terinstall pada suatu laptop akan memakan banyak kapasitas memory yang digunakan untuk menampung aplikasi – aplikasi tersebut. Selain membutuhkan banyak kapasitas memory, laptop juga akan menjadi macet karena hal tersebut juga dapat memberikan pengaruh terhadap performa laptop dalam menjalankan sistem operasi yang terpasang didalamnya.

Oleh karena itu untuk mengatasi laptop macet karena aplikasi laptop yang terlalu banyak terinstall maka anda perlu melakukan proses penguinstallan sebagian aplikasi – aplikasi yang terinstall tersebut. Dengan begitu anda laptop anda akan memiliki lebih banyak lagi ruang yang dapat membantu laptop anda bekerja dengan lebih baik lagi. Anda dapat memulainya dengan menghapus aplikasi – aplikasi yang jarang atau sama sekali anda tidak pernah gunakan.

8. Laptop macet karena terlalu banyak startup program yang dinyalakan

Sama seperti dengan situasi dimana terlalu banyakn aplikasi laptop yang terpasang pada laptop dapat membuat laptop macet. Terlalu banyakn startup program yang dinyalakan akan membuat laptop menjadi macet juga ketika dinyalakan. Startup program merupakan program yang otomatis berjalan ketika komputer dinyalakan dan biasanya bekerja dibelakang layar. Ketika startup program dinyalakan, program – program ini akan menggunakan kapasitas RAM yang tersedia. Jika terlalu banyak startup yang dijalankan secara bersamaan ini akan memberikan pengaruh terhadap performa yang dimiliki laptop.

Untuk mengatsi laptop macet karena terlalu banyak startup program yang dinyalakakn anda dapat mematikan beberapa startup program tersebut. Jika anda menggunakan Windows anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini

  • Anda bisa memulainya dengan membuka Win + R .
  • Dari sana kemudian ketikkan msconfig
  • Kemudian pilih menu service,
  • Hilangkan tanda centang pada startup program yang anda ingin matikan.
  • Setelah anda melakukannya jangan lupa menekan tombol OK

Itu tadi pembahasan mengenai 9 penyebab dan cara mengatasi laptop macet saat dihidupkan. Semoga pembahasan berikut ini dapat membantu. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :