Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » 5 Cara Mengatasi Laptop Macet tidak bisa Dimatikan yang Mudah Dilakukan

5 Cara Mengatasi Laptop Macet tidak bisa Dimatikan yang Mudah Dilakukan

by Elang Hendy Subrata

Laptop yang mengalami macet atau istilahnya adalah hang tentunya sangat menjengkelkan. Apalagi ketika kita sangat membutuhkan laptop untuk keperluan sehari-hari. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mematikannya. Akan tetapi, kita bingung bagaimana bisa mematikannya ketika laptop itu sendiri dalam keadaan hang? Nah untuk mengetahui jawabannya, berikut kita ulas secara lengkap.

1. Menggunakan sebuah tombol rahasia

Untuk Anda yang menggunakan Windows 8, ada satu rahasia yang diungkapkan pihak Mirosoft untuk penggunanya ketika mengalami masalah seperti ini, yakni dengan menggunakan sebauh tombol rahasia. Tombol rahasia ini memang sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Cara untuk menggunakan tombol rahasia ini adalah Anda tinggal mengarahkan kursor mouse pada bagian pojok kanan bawah atau bisa juga mengarahkannya pada pojok kanan atas. Usahakan Anda mengarahkannya pada tepat pada pojo kanan atas maupun bawah sampai terlihat charm bar. Ketika charm bar dapat muncul, klik tombol Setting, kemudian tekan tombol power, dan di sana anda dapat menemukan tombol Sleep, Shutdown, dan juga Restart. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika kasusnya laptop mengalami hang, maka kita pilih saja “Shutdown” atau “Restart”.

2. Menggunakan tombol Keyboard

Tombol keyboard memiliki banyak tombol-tombol rahasia. Dari sekian banyak tombol rahasia tersebut, ada yang dapat digunakan untuk mematikan komputer secara cepat. caranya sendiri cukup sederhana, pertama Anda harus menekan tombol keyboard secara bersamaan, yakni tombol ALT + F4. Setelah kedua tombol tersebut ditekan secara bersama, maka akan muncul beberapa opsi seperti Switch User, Shutdown, Restart, Sign out, dan Sleep. Perlu Anda perhatikan bahwa cara ini lebih banyak digunakan sebagai cara alternatif. Untuk menjaga kesehatan laptop Anda, Ada baiknya jika Anda melakukan shutdown secara normal.

3. Menggunakan shortcut

Cara yang satu ini termasuk cara yang yang cukup praktis untuk mematikan laptop yang mengalami hang atau error. Shortcut yang kita gunakan adalah memanfaatkan fitur run command yang dapat terintegrasi pada Windows. Kita hanya perlu membuat file shortcut saja yang isinya sebuah perintah shutdown. Jika dilihat sekilas cara ini mirip dengan mematikan komputer melalui command prompt namun yang ini lebih efektif dan lebih cepat.

Pertama pastikan laptop berada dalam halaman Desktop. Setelah itu, klik kanan pada desktop dan buatlah “New Shortcut”. Setelah itu, Anda masukan kode “%windir%\system32\shutdown.exe –s –t 0” tanpa menggunakan tanda petik. Jika sudah, Anda tinggal tekan “Next” dan shortcut pun sudah dapat dibuat. Selanjutnya ketika laptop mengalami masalah seperti hang ataupun error, Anda tinggal klik dua kali shortcut yang Anda buat tadi. Maka, secara otomatis laptop akan mati atau melakukan shutdown secara otomatis. Apabila Anda ingin melakukan restart ataupun sleep, Anda hanya mengubah kodenya saja. Untuk melakukan restart, Anda hanya ganti pada bagian “shutdown.exe –s –t 0” menjadi “shutdown.exe /r /t 00”. Untuk melakukan sleep, maka tinggal menggantinya menjadi “Shutdown.exe/h”.

4. Mengubah tombol power

Untuk Anda yang menggunakan Windows 10, ada salah satu fitur tersembunyi windows 10 yang cukup sering digunakan untuk keadaan darurat, yakni mengubah tombol power menjadi tombol shutdown. Cara ini sebetulnya sangat riskan karena dapat mengubah tombol power yang semestinya menghidupkan laptop tapi malah diubah untuk mematikan laptop.

Untuk pengaturannya, masuklah ke bagian Control Panel. Selanjutnya pilihlah menu “Hardware & Sound”. Jika sudah, pada bagian Power Option, pilihlah “Change what the Power off Buttons do”. Setelah itu, Anda bisa ubah “When i press the power button” dari Sleep menjadi Shutdown. Apabila sudah selesai, Anda tinggal tekan OK. Dengan cara tersebut, kita dapat melakukan shutdown hanya dengan menggunakan tombol power saja. Akan tetapi, sekali lagi cara ini hanya dapat digunakan pada saat keadaan darurat saja.

5. Mencabut baterai dengan paksa

Cara yang ini juga termasuk cara yang keras untuk mematikan laptop. tentu saja, kita harus mencabut paksa baterai pada laptop untuk mematikannya. Akan tetapi, hal ini pun juga perlu catatan. Pastikan baterai laptop dalam keadaan masih dalam keadaan baik. Jika dalam keadaan lemah, maka jangan terlalu sering menggunakan cara ini. Sebab, kerusakannya tidak hanya dari sisi baterainya saja, tetapi juga dapat merusak komponen perangkat keras laptop juga. Oleh sebab itu, cara ini hanya bisa dilakukan untuk keadaan darurat saja.

Selain mencabut baterai, Anda juga bisa menahan tombol power selama mungkin untuk mematikan paksa laptopnya. Cara ini juga termasuk bisa dilakukan hanya dalam keadaan darurat saja karena dapat merusak beberapa komponen laptop.

Itulah cara mengatasi laptop macet tidak bisa dimatikan dengan mudah. Anda pun bisa mempelajari referensi lainnya seperti cara mematikan laptop hang, cara mengatasi laptop hang saat internetan, dan penyebab laptop cepat panas dan hang. Semoga bermanfaat.

You may also like