5 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Internetan Paling Ampuh

Laptop adalah salah satu perangkat keras yang sangat penting di dunia modern saat ini. Hampir semua orang memiliki laptop, baik mereka masih kecil, remaja, atau tua sekalipun. Tidak sedikit orang yang memiliki perangkat yang satu ini untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Kamu pun demikian bukan? Tentu saja, sangat sedikit orang yang tidak menggunakan laptop saat ini. Oleh karena itulah, hampir semua orang seharusnya mengetahui bagaimana cara untuk melakukan troubleshooting sederhana untuk menyelesaikan permasalahan laptop mereka.

ads

Sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan, mengetahui apa saja penyebab laptop cepat panas, cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 7, dan berbagai macam pembahasan yang lainnya. Dalam kesempatan ini mari kita membahas tentang masalah laptop ketika berinternetan.

Masalah Laptop Hang Saat Berinternetan

Ada banyak masalah yang bisa menimpa laptop kesayanganmu. Dimulai dari sering error, overheat, suara atau video tidak keluar, not responding, dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut mungkin saja saat ini atau di masa depan akan kamu alami. Salah satu masalah yang sangat mengganggu adalah laptop yang hang ketika kamu sedang berinternetan. Tentu saja hal terebut sangat mengganggu, terlebih apabila kamu sedang melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang tidak bisa diganggu dan bisa hilang datanya karena laptopmu hang ketika berinternetan. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop hang saat internetan.

Dengan mengetahui cara mengatasi laptop hang saat internetan ini, maka kamu bisa mengatasi masalah laptopmu yang hang saat internetan dengan mudah dan juga cepat karena memang internet memiliki keguaan yang sangat penting, seperti kita bahas dalam kegunaan internet dan intranet. Tidak peduli kamu pemula atau sudah ahli dalam dunia komputer, tips di bawah ini bisa kamu coba untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop hang saat internetan dengan tepat. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Tunggu apalagi? Silakan baca di bawah ini ya!

1. Mengidentifikasi penyebab hang

Langkah pertama dalam setiap troubleshooting adalah mengidentifikasi apa yang menyebabkan laptopmu tersebut mengalami hang saat melakukan browsing di internet. Langkah ini adalah langkah awal yang paling krusial karena lewat langkah inilah kita bisa mengatasi masalah laptop yang hang saat internetan itu dengan cepat dan juga tepat. Tanpa melakukan hal ini, sangat kecil kemungkinannya kita bisa melakukan penyelesaian masalah laptop yang hang saat kita melakukan browsing di internet.

Beberapa alasan yang bisa menyebabkan laptop hang saat internetan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Script pada web tertentu eror atau corrupt, bahkan mengandung infinite loop sehingga membuat prosesor laptop terus memproses permintaan web tersebut.
  • Jumlah memori RAM kurang untuk memproses situs yang dibuka olehmu. Pelajari juga penyebab RAM berkurang pada laptopmu supaya kamu tahu kenapa RAM-mu sangat sedikit.
  • Multitasking yang terlalu berat di belakang layar karena kamu membuka banyak aplikasi sekaligus. Pelajari juga penyebab laptop lemot supaya kamu tahu apa yang membuat laptopmu menjadi lemot.
  • Terlalu banyak plug-ins atau add-ons yang terinstall di browser
  • Browser out-of-date dan mengandung banyak bug sehingga rentan untuk mengalami crash tiba-tiba
  • Adanya injeksi malware tertentu yang membuat laptop menjadi hang atau error

Beberapa sebab di atas dapat mengakibatkan laptopmu hang saat sedang browsing di internet. Cara untuk mendeteksinya secara prinsip bisa kamu sesuaikan dengan kapasitasmu. Misalnya, untuk mencari tahu apakah laptopmu hang karena web yang memiliki script eror, cobalah untuk mengamati apakah errornya selalu pada saat kamu browsing di website tersebut atau tidak.

Selain itu cobalah untuk mematikan javascript untuk mengetahui apakah laptopmu akan hang ketika kamu tidak menggunakan javascript. Dengan demikian bisa diketahui apakah laptopmu hang saat internetan itu disebabkan karena masalah script pada web tertentu atau karena masalah yang lain. Pastikan kamu memilih jaringan yang cepat untuk mempermudah proses browsing ya, misalnya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan jenis jaringan tertentu, seperti kelebihan dan kekurangan GPRS.

2. Mengganti web browser

Cara termudah untuk mengatasi laptopmu yang hang ketika mengakses internet adalah dengan cara mengganti web browser yang kamu gunakan. Web browser adalah salah satu software yang digunakan untuk mengakses internet. Pada beberapa kasus, laptop yang hang disebabkan karena browser yang mereka gunakan untuk berinternetan memiliki banyak bug dan banyak memory overflow yang membuat prosesor sering kali mengalami error ketika mencoba mengakses web tersebut.

Ada banyak alternatif web browser yang bisa kamu coba untuk berinternetan di laptop kesayanganmu. Cobalah beberapa di antaranya dan temukan web browser mana yang paling cocok untuk laptopmu dan juga sesuai dengan gayamu. Apabila hal tersebut masih juga membuat laptopmu hang saat berinternetan, cobalah untuk melakukan cara mengatasi laptop hang saat internetan yang berikutnya.

3. Menambah RAM

RAM adalah salah satu bagian komputer yang paling penting. Tanpa RAM komputer tidak akan bisa berjalan, dan dengan RAM yang terlalu sedikit komputer akan sulit melakukan multitasking dan juga sulit untuk melakukan pekerjaan dengan konsisten.

Apabila RAM yang dimiliki oleh laptopmu berada di bawah 2 GB atau hanya 2 GB saja, ada baiknya kamu menambah RAM laptopmu minimal sampai menyentuh angka 4 GB. Atau apabila kamu ingin laptopmu menjadi perangkat yang benar-benar tangguh dalam soal RAM, maka kamu bisa menambahnya sampai dengan angka 8GB. Jumlah RAM sebesar itu biasanya telah mencukupi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat yang kamu perlukan untuk menjalankan aktivitasmu, termasuk browsing dengan cepat karena akses point juga bisa diakses dengan cepat.

4. Menguninstall add-ons atau plug-ins yang tidak perlu

Langkah berikutnya untuk mengatasi laptop hang saat internetan adalah dengan cara membuang atau menguinstall plug-ins atau aplikasi tambahan yang terinstall di dalam browsermu. Plugins membuat kinerja browsermu menjadi lebih berat dan oleh karena itu juga rentan terhadap crash sehingga ada baiknya kamu tidak menginstall terlalu banyak add-ons.

Apabila semua add-ons itu memang kamu perlukan, cobalah untuk mendisable beberapa add-ons tertentu ketika tidak diperlukan atau cobalah untuk menginstall versi terbaru yang biasanya telah diupdate dengan lebih baik pada source codenya. Kalau kamu memiliki penggunaan internet banking, jangan lupa untuk selalu memastikan itu adalah plugins yang terupdate agar aman dan juga stabil.

5. Mengurangi multitasking

Multitasking adalah salah satu hal yang membuat kinerja prosesor menjadi berat dan hal ini bisa mempengaruhi kinerja browsermu saat kamu sedang berinternetan. Tidak jarang browser mudah sekali crash karena prosesor masih memproses instruksi dari program lain yang berjalan di belakang layar sehingga kamu sering kali mendapati laptopmu hang saat berinternetan. Multitasking juga menggunakan resource perangkat untuk mengakses internet dan fungsinya secara bersamaan sehingga bisa mengurangi kemampuan akses internetmu.

Tips ini terutama wajib dicoba pada mereka yang memiliki laptop low-end yang tidak banyak memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan proses multitasking yang berat-berat, seperti misalnya prosesor Core i3, prosesor Dual Core atau prosesor lainnya yang saat ini termasuk prosesor kelas bawah.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop hang saat internetan yang patut untuk dicoba. Dengan melakukan cara-cara di atas semoga masalah laptopmu yang sering hang saat internetan tersebut tidak lagi terjadi sehingga kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan baik. Selamat berinternetan dengan nyaman!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 03rd, November 2017 / 23:49 Oleh :
Kategori : Troubleshooting