4 Cara Mengaktifkan Play Store Paling Cepat

Bagi kamu yang memiliki hape Android, maka wajib hukumnya memiliki suatu aplikasi yang bernama Google Play Store atau sering kali disingkat dengan nama Play Store saja. Aplikasi yang satu ini, nilainya sangat penting buat hape Android yang kamu miliki lo. Dengan aplikasi yang satu ini, kamu bisa melakukan banyak hal seperti mendownload aplikasi, membayar tagihan aplikasi dan lain sebagainya. Artinya, tanpa Play Store, pasti kamu akan kesulitan dalam menginstal dan mencari aplikasi apa yang kamu butuhkan dalam aktivitasmu sehari-hari.

ads

Aplikasi play store harus dimiliki oleh seluruh telepon genggam yang berbasis Android, bahkan termasuk salah satu kelebihan dari kelebihan dan kekurangan OS Android . Tidak peduli apa merek hape yang kamu miliki, yang pasti adalah, aplikasi yang satu ini wajib kamu miliki. Baik hapemu bermerk Xiaomi, Google, Lenovo ataupun yang lain. Selama hapemu menggunakan sistem operasi Android, maka wajib hukumnya bagimu untuk untuk memilikinya. Selain itu, penggunaan aplikasi play store ini juga cukup mudah, walaupun kamu merupakan pengguna aplikasi dan sistem operasi Android yang masih pemula sekalipun.

Bagi kamu yang baru membeli atau memiliki hape Android baru, maka aplikasi playstore bisa jadi belum diaktifkan. Oleh karena itulah kamu pun belum bisa menggunakan play store untuk mendownload aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan. Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut supaya kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari? Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, dan beberapa hal itu akan kita bahas dalam kesempatan kali ini.

Bagaimana caranya? Silakan simak di bawah ini ya!

1. Memastikan Google Play Store terinstall

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengaktifkan Play Store tentu saja harus memastikan bahwa playstore telah terinstall di hapemu dengan baik. Pada hape keluaran pabrik biasanya sudah langsung terinstall dengan playstore, akan tetapi pada hape yang menggunakan custom ROM biasanya perlu menginstall play store secara manual dengan cara melakukan flashing play store yang bisa didownload dari berbagai sumber, seperti misalnya OpenGAPPs, BankGAPPS, dan lain sebagainya.

Setelah kamu menginstall GAPPs itulah biasanya aplikasi play store di Android baru bisa muncul dan bisa kamu gunakan. Sementara apabila kamu tidak menginstallnya, maka ya tentu saja tidak ada aplikasi play store di telepon genggam yang kamu miliki. Akan tetapi beberapa pembuat custom ROM telah menyematkan aplikasi GAPPs secara in-built pada ROM yang mereka rilis. Artinya, silakan kamu pilih sendiri mau menginstall custom ROM yang mana ya.

2. Membuat akun Google Mail

Untuk mengaktifkan dan menjalankan Google Play Store di hape Androidmu, maka yang perlu kamu persiapkan sebelumnya adalah satu buah akun email atau beberapa akun email yang Google Mail yang bisa kamu buat dengan cara yang mudah dan juga cepat atau dengan kata lain kamu harus mendaftar dan mengetahui cara mendaftar akun Google terlebih dahulu. Tanpa menggunakan akun gmail, kamu tidak akan bisa masuk dan menjalankan aplikasi Play Store sekalipun aplikasi tersebut telah terinstall di hapemu. Oleh karena itulah, apabila kamu belum memiliki akun google mail, segera buat dari sekarang ya. Dengan demikian kamu bisa mengisikannya pada aplikasi Play Store yang telah terinstall di hapemu. Lihat pula cara membuat akun Google Play Store agar kamu bisa lebih jelas mengetahui bagaimana cara membuatnya ya.


3. Menjalankan aplikasi Play Store

Untuk mengaktifkan aplikasi play store, tentu saja kamu perlu menjalankannya terlebih dahulu. Setelah kamu mempersiapkan akun email dan juga setelah kamu memastikan bahwa hapemu telah terinstall play store, maka hal yang kamu lakukan berikutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Pada saat pertama kali membukanya, maka akan muncul keterangan-keterangan tertentu.

Pada intinya kamu hanya tinggal membaca persyaratan dan ketentuan penggunaan aplikasi tersebut, setelah kamu memahaminya silakan tekan atau tap pada bagian Yes. Setelah itu maka akan muncul lagi tampilan baru yang pada intinya akan meminta persetujuanmu, kamu hanya perlu memencet atau mentap next sampai jendela mengisi akun email muncul. Apabila terjadi error, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengatasi play store error yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Setelah jendal untuk menambah akun email muncul, atau setelah ada tampilan Add a Google Account, silakan kamu klik atau pencet tombol Create untuk membuat akun Google baru. Isilah keterangan yang dibutuhkan sesuai dengan apa yang kamu miliki untuk mempercepat proses pendaftaran dan pembuatan akun, setelah itu isikanlah alamat email yang telah kamu buat sebelumnya. Setelah itu tekan atau tap pada bagian next.

Setelahnya kita hanya perlu menunggu beberapa saat agar server bisa mengonfirmasi bahwa alamat email yang kita masukkan merupakan alamat email yang benar. Setelahnya akan muncul jendela yang memintamu untuk mengisi password. Silakan isi password sesuai dengan kebutuhan dan syarat pada jendela yang muncul. Sebisa mungkin gunakanlah password yang bagimu mudah diingat tetapi sangat sulit ditembus atau di hack oleh orang lain. Setelah itu kamu tinggal melanjutkan pendaftaran dengan mengisi kebutuhan pendaftaran yang ada. Setelah pendaftaranmu selesai, maka secara prinsip kamu telah berhasil mengaktifkan play store. Kalau kamu ragu, kamu juga bisa mencobanya dengan menggunakan beberapa emulator Android terbaik yang bisa kamu gunakan dengan gratis.

4. Menggunakan Play Store

Setelah akunmu diverifikasi oleh Google dan kamu bisa login dengan akun tersebut ke play store, maka play storemu telah aktif. Dari situ kamu bisa menggunakan play store untuk berbagai macam kebutuhan, seperti misalnya mencari aplikasi yang kamu butuhkan untuk kebutuhanmu sebagai seorang mahasiswa, atau pelajar, atau bahkan untuk kepentingan bisnismu. Perlu diperhatikan bahwa tampilan Play Store mungkin berbeda karena pengaruh macam-macam user interface Android yang berjalan di hapemu.

Apabila kamu membutuhkan aplikasi yang berbayar, maka kamu pun perlu mengisikan keterangan tambahan tentang bagaimana caramu untuk membayar tagihan yang dibebankan kepadamu, apakah dengan cara menggunakan kartu kredit, ataukah dengan cara menggunakan voucher, atau yang seperti apa. Setelah selesai membubuhkan keterangan tambahan tersebut maka kamu bisa mengaktifkan play store di hape Androidmu.

Selain menginstall aplikasi, kamu juga bisa menggunakannya untuk mencari buku, melihat games, mengomentasi aplikasi tertentu, mengecek aplikasi apa saja yang terinstall di hapemu, dan berbagai aktivitas lain yang kamu butuhkan dan perlu kamu lakukan dengan hape Android yang kamu miliki. Oleh karena itulah kamu harus segera menginstall aplikasi ini supaya kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat yang ada padanya. Jangan lupa untuk segera melog-out apabila kamu tidak memerlukan akses dengan cara logout Play Store.

Kesimpulan

Itulah bagaimana cara mengaktifkan play store di hape Android yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang juga. Dengan menerapkan beberapa cara-cara di atas, dapat dipastikan bahwa kamu pasti berhasil mengaktifkan aplikasi play store di hape Androidmu. Jadi tunggu apalagi? Apabila kamu ingin segera menginstall dan mendownload berbagai macam aplikasi untuk hape Androidmu, segera aktifkan play storemu sekarang juga ya!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 03rd, November 2017 / 23:25 Oleh :
Kategori : Andoid