Sponsors Link

9 Macam Macam User Interface Android Terbaik

User interface adalah tampilan yang ditampilkan kepada user untuk dapat berinteraksi dengan sistem, dalam hal ini sistem operating sistem android. sampai saat ini ada berbagai macam user interface yang tersedia untuk operating sistem android ini. Berikut adalah beberapa macam user interface yang tersedia untuk operating sistem android: ( Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan OS Android )

ads

1. Stock UI

Stock UI merupakan UI bawaan dari google. Setiap ponsel keluaran google seperti android one dan nexus menggunakan UI ini. UI dari google ini tergolong lebih ringan dijalankan dibanding dengan UI lainnya karena google tidak menambahkan service service yang terlalu berat pada UI ini. bisa dibilang UI ini adalah UI yang berisi tampilan dasar dari OS android. Tampilan dari UI ini asli didesain oleh google sehingga pengguna dari UI ini akan sangat merasakan desain yang simple namun mudah diingat yang biasa disajikan oleh desain dari aplikasi buatan google. Saat ini versi android yang terbaru adalah versi android 7.o nougat. ( Baca Juga: Kekurangan Android Nougat )

2. MIUI

MIUI merupakan UI yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk ponsel merk Xiaomi. Produsen Ponsel android asal tirai bambu cina ini sangat antusias sekali untuk mengembangkan UI yang khusus untuk digunakan untuk ponsel produksinya. Pada masa awal kemunculannya UI ini memiliki banyak kritikan karena beberapa alasan. salah satu alasan yang paling terkenal adalah UI yang dikerluarkan Xiaomi ini terasa sangat mirip tampilannya dengan IOS.

Pengguna IOS yang menggunakan MIUI pasti akan merasakan yang demikian. namun UI ini tetap berlanjut pengembangannya sampai sekarang dan bahkan sekarang sudah mencapai veri MIUI 9 yang berbasis pada android 7 nougat. Untuk menggunakan MIUI ini, penggunanya juga wajib memiliki akun MI yang dapat digunakan untuk backup dan juga melakukan update ponselnya ( Baca Juga: Cara Membuat Akun MI )

3. Flyme OS

Flyme OS merupakan UI yang dikembangkan oleh Meizu untuk ponsel android miliknya. Meizu juga merupakan sebuah produsen dari negeri tirai bambu cina. UI yang satu ini juga sangat mirip dengan IOS dan Windows Phone. Pengembangan Flyme OS ini sekarang telah mencapai versi nya Flyme OS 6.

Flyme OS dapat dikatakan sebagai salah satu UI terbaik, apalagi dengan dukungan developer dari meizu yang secara berkala melakukan update terhadap UI ini. Membuat UI ini memiliki fungsionalitas yang baik dibandingkan dengan versi stock dan menjadi salah satu UI yang digemari oleh pemakai ponsel android. Flyme juga menyarankan para penggunanya untuk memiliki akun flyme yang dapat digunakan untuk backup data dan update softwarenya. (Baca Juga : Cara Mendaftar Akun Flyme)


4. Touchwiz

Touchwiz merupakan UI yang dikembangkan oleh produsen ponsel android nomer satu di dunia yaitu samsung. Menjadi produsen nomer satu tentu membuat samsumg melakukan segala cara agar tetap unggul dari kompetitor lainnya di bidang produsen android yang terus bermunculan dari waktu ke waktu. Touchwiz memiliki fitur unggulan yang lebih diantara UI lainnya. UI ini dikenal memiliki fitur control touch screen yang ringan simpel dan mudah untuk digunakan. Sampai sekarang samsung masih menggunakan touchwiz untuk ponsel produksinya dan pengembangan touchwiz sekarang telah mencapai versi 6 .

5. EMUI

EMUI merupakan UI yang dikembangkan oleh Huawei. Tema yang di usung oleh UI ini adalah UI baru yang lebih segar dan lebih canggih. berbeda dengan para produsen android cina lainnya yang mendesain UI hasil buatannya dengan gaya yang mirip dengan IOS dan windows phone, tampilan UI EMUI ini terkesan lebih original dan memberi kesan berbeda.

Bahkan huawei juga mengembangkan UI ini untuk bisa membedakan mana touch pada screen yang dilakukan dengan sengaja dan mana yang tidak dan melakukan aksi yang tepat pada setiap event yang terjadi tersebut. Versi terbaru EMUI sekarang adalah versi 5.o yang berbasis pada android nougat.

6. Sense UI

Sense merupa UI yang dikembangkan oleh HTC. HTC juga termasuk salah satu produsen android yang sangat mementingkan pengembangan UI khusus untuk digunakan pada ponsel produksinya. Sense Ui atau yang lebih sering dikenal dengan HTC sense dapat dikatakan sebagai salah satu UI yang revolusioner yang ada pada jajaran UI terbaik yang ada.

Kestablian dari UI, peningkatan fitur dan juga perbaruan tampilan yang di tunjukkan oleh HTC sense ini sangat terasa sekali dan terkesan sebagai kostumisasi tingkat atas dari Stock UI. pengguna yang terbiasa menggunakan stock UI akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan ketika menggunakan HTC sense ini. saat ini pengembangan HTC sense ini telah mencapai pada versi 7 yang memiliki dasar menggunakan android nougat.

7. LG UX

LG UX merupakan UI yang dikembangkan oleh LG. LG sebagai salah satu produsen kelas atas android memiliki taktik tersendiri untuk mendongkrak ponsel miliknya dengan mengusung tema yang unik pada UI yang dikembangkannya. Dengan tema unik yang tidak sama dengan para pesaingnya pengguna UI ini memiliki pengalaman tersendiri saat menggunakannya.

Versi terbaru dari LG UX yang digunakan pada ponsel LG G6 akan menampilkan ratio 18:9 yang memiliki kemampuan full vision. Sebagai contoh peningkatan kamera UX  yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan melakukan edit foto hampir secara bersamaan, kemampuan multi tasking yang mampu menjalankan dan mereview aplikasi pada android yang canggih dan masih banyak lagi fitur baru lainnya.

8. Xperia UI

Xperia UI merupakan UI yang dikembangkan oleh Sony untuk versi ponsel Xperia Androidnya. Kelebihan dari Xperia UI salah satunya adalah menawarkan kecepatan pemrosesan yang ringan dan juga menawarkan kemampuan untuk menghemat baterai yang lebih unggul dibandingkan dengan para pesainggnya. Mengenai masalah desain, tampilan dari Xperia UI ini terasa simpel dan sangat classic. bagi pencita ponsel sony tema yang diusung xperia UI ini akan sangat kental sekali dengan ponsel sony. Tapi sayangnya Xperia UI ini memiliki kelemahan pada sisi pemrosesan kameranya. Dimana menurut para penggunanya, Experia UI kurang memiliki pemrosesan gambar yang mumpuni yang dapat menggunakan potensi dari hardware secara maksimum.

Demikian macam macam user interface android yang dapat saya tulis pada artikel kali ini. kesimpulan yang dapat diambil adalah bermacam macam UI telah ada dan dibuat oleh vendor ponsel android sesuai dengan ponsel produksinya. memang memungkinkan untuk memasang UI produksi suatu vendor untuk dipasang ke ponsel produksi vendor lain yang berbeda. tapi prelu diperhatikan faktor kecocokan dari UI tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 08:45 Oleh :
Kategori : Andoid