Cara Membuat Akun MI Baru Paling Mudah

Xiaomi Inc. merupakan suatu perusahaan elektronik yang berpusat di Beijing – Cina, menurut informasi yang Saya dapat perusahaan ini merupakan perusahaan pembuat smartphone terbesar ke-5 di dunia pada tahun 2015, Xiaomi mendesain, mengembangkan, dan menjual smartphone, aplikasi mobile, laptop, dan perangkat elektronik lain. ( Baca juga : Cara Membuat Akun Google Play Store )

ads

Apa yang Anda dapat dengan mendaftar akun MI ?

Pengguna perangkat mobile Xiaomi yang memiliki akun MI mendapat beragam keuntungan di bandingkan dengan pengguna perangkat mobile Xiaomi yang hanya menggunakan perangkat mobile-nya saja tanpa mengintegrasikannya dengan akun MI, berikut adalah beberapa layanan yang di tawarkan kepada pengguna perangkat mobile Xiaomi yang mempunyai akun MI. ( Baca juga : Pengertian Cloud Server )

  • MiCloud

MiCloud merupakan layanan cloud storage dan layanan cloud computing yang di sediakan oleh perusahaan Xiaomi, layanan ini memungkinkan pengguna khususnya perangkat mobile Xiaomi untuk menyimpan data seperti kontak, pesan, foto, dan catatan pada komputer server secara jarak jauh, data tersebut nantinya dapat di download oleh perangkat lain yang menggunakan MIUI.

Jika Anda pernah menggunakan Google Drive, Microsoft OneDrive, DropBox, atau layanan cloud storage dan cloud computing lain seperti 4shared, mediafire, dan lain sebagainya, Anda tentu mengerti manfaat utama dari MiCloud ini, selain itu layanan MiCloud juga menawarkan fitur yang mengijinkan pengguna untuk melacak lokasi perangkat MIUI-nya dan membunyikan alarm, mengunci, atau meresetnya.

Sehingga dalam hal perangkat mobile Xiaomi Anda hilang ( lupa atau mungkin hilang di curi ) Anda dapat melacaknya dengan membunyikan alarm, menguncinya sehingga tidak dapat di akses oleh pihak lain, atau bahkan meresetnya ( menghapus semua data di dalamnya ) dengan alasan keamanan data Anda.

Atau jika Anda membeli perangkat mobile Xiaomi yang baru, Anda tidak perlu repot mem – backup data dari perangkat mobile Xiaomi lama Anda lalu me – restore data tersebut ke perangkat mobile Xiaomi baru Anda, cukup login ke akun MI dengan menggunakan perangkat mobile Xiaomi Anda yang baru lalu download data yang ter – backup di MiCloud dari perangkat mobile Xiaomi lama Anda.

Baca juga :

MIUI

MIUI merupakan suatu firmware khusus yang di peruntukkan bagi perangkat mobile ( smartphone atau PC tablet ) yang di buat berdasarkan sistem operasi Android, firmware ini tersedia dalam perangkat Xiaomi, MIUI terbaru yang saat ini banyak di gunakan pada perangkat Xiaomi terbaru yakni MIUI versi 8 yang di rilis sejak Agustus 2016, ini merupakan firmware versi stabil yang di buat berdasarkan sistem operasi Android 4.4 ( Kit Kat ) hingga 7.1 ( Nougat ).

Baca juga :

MiTalk

MiTalk merupakan aplikasi instant messanger berbasis internet yang tersedia untuk berbagai platform ( Android dan iOS ), pertama kali di luncurkan tahun 2011, Anda tentu familiar dengan instant messanger seperti WhatsApp Messanger, Telegram Messanger, BBM, LINE dan lain sebagainya, MiTalk juga merupakan aplikasi mobile yang serupa dengan aplikasi tersebut.

Banyak lagi aplikasi built – in Xiaomi atau layanan yang dapat di manfaatkan dengan akun Mi, misalnya Mi Live yang mendukung live streaming seperti halnya Bigo Live, Nono Live, Instagram Live dan lain sebaginya serta Mi Community yang merupakan sebuah forum khusus untuk berdiskusi dengan pengguna perangkat mobile Xiaomi lokal maupun internasional.

Baca juga :


Menggunakan Nomor Telepon Seluler

  1. Buka link berikut pada aplikasi web browser perangkat ( komputer atau mobile ) Anda https://account.xiaomi.com .
  2. Situs web pada alamat tersebut akan langsung menampilkan halaman login, Saya asumsikan Anda belum pernah membuat akun MI sebelumnya sehingga dalam hal ini silahkan Anda klik “Buat Akun MI” ( letaknya ada di bagian bawah halaman login ) .
  3. Anda akan di arahkan ke link https://account.xiaomi.com/pass/register .
  4. Pada halaman web tersebut Anda akan di minta untuk mengisi formulir registrasi, data yang di minta pada halaman web tersebut di antaranya :
    • Negara ( biasanya terisi otomatis, jika tidak silahkan pilih “Indonesia” )
    • Nomor Telepon Seluler ( tanpa kode negara “+62”, karena biasanya kode negara terisi otomatis )
    • Kode Captcha, isi sesuai challenge yang tersedia.
  5. Klik tombol “Buat Akun Mi”
  6. Anda akan di minta untuk membuat password baru, masukkan password yang mudah di ingat namun aman, untuk rekomendasi password yang aman, silahkan simak tips berikut:
    • Gunakan password minimal 6 sampai 8 karakter.
    • Jangan gunakan password yang mudah di tebak, misalnya tanggal lahir atau nama belakang keluarga tanpa modifikasi ( lihat tips selanjutnya ).
    • Gunakan password yang mudah Anda ingat, misalnya hewan peliharaan favorit Anda ( contoh “hamster” )
    • Gunakan kombinasi karakter alfabet dan numerik ( modifikasi menjadi “ham5ter” )
    • Gunakan karakter khusus, beberapa sistem mengijinkan penggunaan karakter khusus sebagai password ( modifikasi menjadi “h@m5ter” )
    • Gunakan kombinasi karakter alfabet kapital dan kecil, beberapa sistem bersifat Case Sensitive dalam menyimpan password ( modifikasi menjadi “H@m5ter” )
  7. Jika sudah selesai, lengkapi captcha lalu klik tombol “Kirim”
  8. Nomor telepon seluler yang Anda daftarkan di atas akan menerima pesan yang berisi kode verifikasi.
  9. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kotek teks yang tersedia, kemudian klik tombol “Kirim”.
  10. Anda akan di arahkan ke halaman yang berisi teks “Akun Mi telah selesai di atur”, pada halaman tersebut terdapat tombol “Kembali ke halaman masuk”, klik tombol tersebut.
  11. Anda akan di mitna untuk memasukkan nomor telepon dan kata sandi, isi sesuai data yang telah Anda entry sebelumnya.
  12. Jika Anda berhasil masuk ke halaman “Mi Account” itu artinya registrasi akun Mi telah berhasil.

Baca juga :

Menggunakan alamat E – Mail

Selain menggunakan nomor telepon seluler, alamat E – Mail juga dapat di gunakan untuk mendaftar akun Mi, jika Anda tidak bisa memasukkan nomor telepon seluler karena suatu alasan seperti :

  • Anda sering gonta – ganti nomor telepon seluler.
  • Anda tidak menggunakan nomor telepon seluler ( koneksi wireless, bukan mobile data )

Anda dapat menggunakan alamat E-Mail sebagai pengganti nomor telepon seluler, pastikan Anda memiliki alamat E – Mail yang valid dan bisa Anda akses, karena nantinya akan ada E- Mail verifikasi yang di kirimkan server Xiaomi ke alamat E – Mail Anda.

  1. Buka link https://account.xiaomi.com pada aplikasi web browser perangkat ( komputer atau mobile ) Anda.
  2. Situs web pada alamat tersebut akan langsung menampilkan halaman login, selanjutnya klik “Buat Akun Mi” ( letaknya ada di bagian bawah halaman login ) .
  3. Anda akan di arahkan ke halaman registrasi dengan alamat https://account.xiaomi.com/pass/register .
  4. Pada bagian bawah halaman registrasi, klik tombol “Gunakan alaman E – Mail”.
  5. Anda akan di minta melengkapi beberapa data di antaranya :
    • Negara, biasanya terilih otomatis, jika tidak pilih “Indonesia”.
    • E – Mail, isi dengan alamat E – Mail yang Anda miliki, pastikan alamat E – Mail valid dan dapat Anda akses.
    • Subscriber, berupa komponen checkbox ( yang secara default ter – check ) dengan label “Dapatkan info dan penawaran terbaru dari Mi Store.”, jika di – check maka pihak Xiaomi akan mengirim E – Mail ke alamat E – Mail Anda yang berisi informasi dan penawaran khusus.
  6. Klik tombol “Buat akun Mi” jika di rasa telah selesai.
  7. Selanjutnya Anda akan di minta membuat password, silahkan ikuti tips membuat password yang aman pada bagian sebelumnya.
  8. Klik tombol “Kirim” jika telah selesai.
  9. Buka E – Mail Anda, biasanya tak lama kemudian Xiaomi akan mengirim E – Mail untuk verifikasi akun Mi Anda.
  10. Jika belum Anda terima, tunggu beberapa saat, jika sudah Anda terima, buka E – Mail tersebut.
  11. Pada E – Mail yang di kirimkan oleh Xiaomi terdapat link, klik link tersebut.
  12. Registrasi menggunakan akun E – Mail artinya Anda akan menggunakan data E – Mail Anda ( biasanya informasi profil seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan lain sebagainya), klik tombol “Allow” untuk mengijinkan server Xiaomi mengakses data profil dari alamat E – Mail Anda.
  13. Selesai, jika tidak ada masalah Anda dapat langsung menggunakan akun Mi Anda untuk berbagai hal di antaranya, login ke Mi Cloud, Mi Talk dan lain sebagainya.

Baca juga :

Menggunakan akun Facebook

Sebenarnya ada cara yang lebih sederhana untuk mendaftar akun Mi tanpa langkah – langkah yang cukup panjang seperti sebelumnya, jika Anda memiliki akun Facebook yang aktif dan dapat Anda akses, Anda dapat menggunakan akun Facebook tersebut untuk mendaftar akun Mi, apalagi jika saat ini Anda sedang login atau menggunakan Facebook Anda, cara mendaftar akun Mi akan jadi semakin sederhana, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka link https://account.xiaomi.com pada aplikasi web browser perangkat ( komputer atau mobile ) Anda.
  2. Pada halaman tersebut ( halaman login ) terdapat tombol “Masuk dengan Facebook”, klik tombol tersebut.
  3. Jika Anda tidak sedang login Facebook, maka Anda akan di minta untuk login ke akun Facebook Anda terlebih dahulu dengan memasukkan username dan password akun Facebook Anda ( waspada terhadap phishing ), jika Anda telah login ke akun Facebook Anda ( sesi masih aktif ) maka langkah ini akan di lewati.
  4. Anda akan di minta untuk mengijinkan server Xiaomi mengakses informasi profil dasar dari akun Facebook Anda, klik tombol “Allow” untuk melanjutkan proses registrasi.
  5. Selesai, Anda sudah dapat login ke akun Mi dengan akun Facebook Anda.

Baca juga :


Scan QR Code dengan aplikasi Mi Account dari perangkat MIUI

Perangkat Xiaomi dengan MIUI terbaru di lengkapi dengan built – in application yang bernama Mi Account ( atau Akun Mi ), ikuti langkah – langkah berikut untuk login ke akun Mi dengan cara yang lebih mudah dari cara sebelumnya.

  1. Buka aplikasi Mi Account pada perangkat mobile Xiaomi Anda.
  2. Aktifkan ( buka ) fitur Scanner yang terintegrasi pada aplikasi tersebut.
  3. Buka link https://account.xiaomi.com pada aplikasi web browser perangkat komputer Anda.
  4. Pada halaman login tersebut, lihat pada bagian kanan – atas halaman login, Anda akan melihat QR Code ( hanya separuh ), link QR Code tersebut.
  5. Jika koneksi server lancar, Anda akan segera melihat QR Code ( gambar penuh ), kemudian scan QR Code tersebut menggunakan Mi Account ( aplikasi scanner )
  6. Anda akan otomatis masuk ke profil akun Mi.

Baca juga :

Saya pikir cukup sekian pembahasan mengenai cara membuat akun Mi, semoga paparan di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, jangan lupa untuk menghapus akun Mi Anda jika perangkat MIUI yang Anda gunakan sudah tidak ada di tangan Anda ( di jual atau di hadiahkan kepada seseorang ) karena mungkin data penting Anda masih tersimpan dalam MiCloud, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 19th, July 2017 / 04:35 Oleh :
Kategori : Mobile Software