5 Cara Cek Nomor Telkomsel Paling Mudah

Nomor telepon yang di gunakan oleh jaringan operator seluler GSM umumnya hanya terdiri dari 10 hingga 12 digit saja, hal tersebut membuat nomor telepon seluler tidak terlalu sulit untuk di hafal, orang umumnya cukup mengelompokkan nomor tersebut menjadi tiga atau empat digit agar mudah di ingat ( misalnya 085 – 294 – *** – ***, atau 0852 – 9494 – **** ). ( Baca juga : Cara Cek Bonus XL )

ads

Namun tidak sedikit pengguna yang merasa tidak perlu menghafal nomor telepon siapapun termasuk miliknya sendiri karena berbagai alasan, atau mungkin karena terlalu sering mengganti nomor telepon sehingga kesulitan mengingat nomor telepon sendiri tiap kali berganti nomor, apapun alasannya berikut ini akan kita bahas cara cek nomor telkomsel, simak uraiannya berikut ini. ( Baca juga : Cara Cek IMEI )

1. Cek nomor Telkomsel melalui USSD Code

Syarat :

  • Jaringan seluler dalam kondisi baik ( pada beberapa kasus request USSD Code gagal karena jaringan buruk, trafik sedang tinggi atau masalah lainnya ).
  • Nomor Anda memiliki pulsa setidaknya Rp 25.

USSD Code atau di kenal juga dengan sebutan Quick Code merupakan suatu protokol yang di gunakan oleh suatu jaringan GSM untuk berhubungan ( mengirim request dan menerima response atau sebaliknya ) dengan komputer yang ada di provider jaringan tersebut, jangan bayangkan komputer yang di maksud berupa komputer PC Desktop atau Laptop, karena tentu komputer tersebut harus berkapasitas server ( untuk melayani permintaan dari banyak pengguna jaringan tersebut ). ( Baca juga : Fungsi Komputer Server )

Anda tentunya familiar dengan cara cek pulsa Telkomsel melalui *888# kan? Kode tersebut merupakan kode USSD ( USSD Code ), kode tersebut terhubung dengan protokol yang berisi request ( permintaan ) informasi mengenai sisa pulsa, masa aktif dan mungkin informasi lain seperti promo dan lain sebagainya. ( Baca juga : Cara Daftar Paket Internet Telkomsel )

Permintaan informasi lain dapat di lakukan dengan kode yang lain pula, untuk mengakses menu paket internet misalnya Anda tentu mengenal kode *363# atau *100# atau mungkin kode lain yang di tentukan pihak Telkomsel, kode USSD akan selalui di awali dengan karakter “bintang” ( * ) dan di akhiri dengan karakter “pagar” ( # ), untuk cek nomor Telkomsel ada kode khusus yang di sediakan oleh pihak Telkomsel, silahkan ikuti langkah – langkah berikut :

  • Ketik *808# pada dial pad di perangkat mobile Anda.
  • Tekan OK / Yes / Dial / Call ( atau tombol dengan icon telepon).
  • Tunggu hingga proses loading selesai, jika sudah maka layar perangkat mobile Anda akan menampilkan pesan sebagai berikut:

Nomor Anda: 085294******.

Layanan ini di kenakan biaya Rp 25 (inc PPN). Info CS: 188.

Anda juga akan menerima SMS dari nomor 98888 dengan teks yang sama persis dengan pesan di atas, simpan SMS tersebut atau catat nomor Telkomsel Anda (yang tertera pada SMS tersebut), sehingga apabila suatu saat Anda lupa nomor Telkomsel Anda dan membutuhkannya, Anda tidak perlu mengeceknya lagi melalui USSD Code di atas karena seperti yang di sebutkan dalam pesan tersebut di atas, Anda akan di kenakan biaya sebesar Rp 25 (pemotongan pulsa, biaya mungkin dapat berubah sewaktu – waktu) setiap kali mengecek nomor melalui *808#, walaupun memang tidak seberapa.

Baca juga :


2. Hubungi Nomor Telepon pada Perangkat Mobile Lain

Syarat :

  • Ada nomor telepon ( yang Anda kenal ) pada perangkat mobile lain yang aktif di dekat Anda ( misal ponsel teman ).
  • Nomor Anda sedang dalam masa aktif ( yang Saya tahu nomor Telkomsel dalam masa tenggang tidak dapat melakukan panggilan telepon ).
  • Nomor Anda memiliki cukup pulsa untuk melakukan panggilan telepon.

Cara ini merupakan cara klasik untuk mengecek nomor telepon dari operator seluler manapun (tak hanya Telkomsel), yang perlu di perhatikan Adalah nomor telepon (dalam hal ini nomor Telkomsel) tersebut memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan panggilan ke nomor lain, misalnya memiliki cukup pulsa untuk melakukan panggilan telepon. ( Baca juga : Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone )

Hubungi nomor telepon pada perangkat mobile lain, misalnya ponsel teman yang berada di dekat Anda, tidak perlu sampai teman Anda mengangkat panggilan telepon Anda, cukup hubungi sebentar lalu matikan (missed call) kemudian tanyakan nomor telepon yang barusan Anda gunakan untuk menghubungi nomor ponsel teman Anda tersebut, sederhana bukan? Cara ini juga Saya pikir paling efisien karena tidak memerlukan biaya. ( Baca juga : Cara Cek Area 4G Telkomsel )

Bagaimana jika nomor Telkomsel tersebut tidak memiliki cukup pulsa untuk melakukan panggilan telepon?

Hampir semua operator seluler baik yang pernah Saya gunakan atau hanya sebatas tahu saja tak terkecuali Telkomsel, menyediakan beragam paket yang dapat di pilih sesuai kebutuhan, misalnya paket Internet ( Kuota dan Unlimited ), paket SMS, dan lain sebagainya termasuk paket Nelpon. ( Baca juga : Cara Membuat Akun Google Play Store )

Misalnya saja nomor Simpati (salah satu produk Telkomsel) menyediakan paket Talk Mania (saat artikel ini di buat paket tersebut masih ada) sehingga apabila Anda membeli paket tersebut, Anda tetap dapat melakukan panggilan telepon walaupun pulsa telah habis, pada beberapa kesempatan yang pernah Saya alami ( entah itu keberuntungan, kesalahan pihak Telkomsel atau memang kebijakan pihak Telkomsel ), panggilan telepon Saya tetap tersampaikan ke nomor tujuan walaupun pulsa nomor Telkomsel Saya Rp0, namun tidak lama ( hanya sebatas missed call saja ).

Baca juga :

3. Kirim SMS ke Nomor Telepon pada Perangkat Mobile Lain

Syarat :

  • Ada nomor telepon ( yang Anda kenal, sebaiknya sesama Telkomsel ) pada perangkat mobile lain yang aktif di dekat Anda ( misal ponsel teman ).
  • Nomor Anda memiliki cukup pulsa untuk mengirim SMS.
  • Nomor Anda sedang dalam masa aktif ( yang Saya tahu nomor Telkomsel dalam masa tenggang tidak dapat mengirim SMS ).

Ini juga cara yang cukup klasik, mengirim SMS ke nomor telepon pada perangkat mobile lain ( misalnya ke nomor telepon pada ponsel teman ) yang ada di dekat Anda menjadi cara yang cukup efisien, sama hal nya dengan cara sebelumnya ( menghubungi nomor telepon pada perangkat seluler lain ) cara ini juga membutuhkan bantuan orang lain atau setidaknya perangkat mobile lain.

Baca juga :

Bagaimana jika nomor Telkomsel tersebut tidak memiliki cukup pulsa untuk mengirim SMS?

Beragam program layanan di tawarkan Telkomsel, termasuk salah satunya adalah program Collect SMS yang memungkinkan suatu nomor Telkomsel dengan pulsa yang tidak mencukupi untuk mengirim SMS bisa meminta pengguna dari nomor Telkomsel tujuan untuk membayar biaya SMS yang “si pengirim” kirimkan, sehingga SMS dari “si pengirim” tetap tersampaikan ke “si penerima”.

Dengan demikian, saat nomor Telkomsel yang Anda gunakan tidak memiliki pulsa yang cukup ( kurang dari Rp 175 ) untuk mengirim SMS ( saat ini tarif satu SMS normal antar sesama nomor Telkomsel sebesar Rp 175 ), maka nomor Telkomsel tujuan ( misalnya nomor Telkomsel teman yang ada di dekat Anda ) akan mendapat SMS berikut:

Collect SMS Telkomsel: Nomor +6285294****** gagal mengirim SMS ke Anda. Jika berkenan membayar biaya SMS Rp 175, balas YES dan NO jika tidak. Info: CS 188

Dengan demikian tanpa membutuhkan biaya / pemotongan pulsa pun ( baik pulsa dari nomor Telkomsel Anda atau pulsa dari nomor Telkomsel teman Anda ), Anda dapat mengetahui nomor Telkomsel Anda dari SMS yang di terima oleh nomor Telkomsel teman Anda tersebut, mudah bukan?

Baca juga :

4. Tanyakan ke Customer Service via Call Center

Customer Service tak selalu merujuk pada orang / manusia, dalam hal ini Customer yang di maksud adalah ( semacam ) mesin penjawab yang di sediakan oleh pihak Telkomsel, layaknya request menggunakan USSD Code, Anda nantinya akan di minta untuk mengikuti arahan dengan mengetik angkat tertentu sebagai response.

Untuk pengguna Kartu Halo ( salah satu produk layanan pasca bayar Telkomsel ), Anda dapat menghubungi 133 untuk dapat terhubung ke customer service, layanan ini tidak di kenakan biaya alias gratis, namun untuk pengguna Kartu AS dan simPATI ( salah satu produk layanan pra bayar Telkomsel ) dapat menghubungi 188 dengan tarif sesuai kebijakan Telkomsel.


  • Ketik 133 atau 188 pada dial pad di perangkat mobile Anda ( bukan USSD Code ya, karena tidak di awali * dan tidak di akhiri # ).
  • Tekan OK / Yes / Dial / Call ( atau tombol dengan icon telepon ).
  • Tunggu hingga panggilan Anda terhubung dengan customer service Telkomsel.
  • Ikuti arahan yang di berikan.

Sebaiknya Anda sediakan alat tulis dan kertas karena nantinya nomor Telkomsel Anda akan di sampaikan via pesan suara juga ( berulang – ulang beberapa kali ).

Baca juga :

5. Gunakan Aplikasi mobile MyTelkomsel

Syarat :

  • Perangkat mobile ( nomor Telkomsel yang di maksud ) yang Anda gunakan terhubung ke Internet.
  • Terhubung ke Google Play Store ( untuk perangkat mobile bersistem operasi Android )

Aplikasi MyTelkomsel tak hanya berguna untuk mengecek nomor telepon saja, banyak informasi yang bisa di dapat dari aplikasi ini seperti sisa pulsa, jumlah poin ( Telkomsel menyelenggarakan program pengumpulan POIN yang dapat di tukar dengan beragam paket menarik ), paket yang sedang aktif baik itu paket internet, paket nelpon dan paket SMS, Anda juga dapat membeli berbagai paket via aplikasi MyTelkomsel. (Baca juga : Cara Cek Poin Telkomsel)

  • Untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, silahkan download aplikasi MyTelkomsel di link berikut:(https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkomsel.telkomselcm&hl=en)
  • Untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi iOS, silahkan download aplikasi MyTelkomsel di link berikut: (https://itunes.apple.com/id/app/mytelkomsel/id651412430?mt=8)
  • Install aplikasi MyTelkomsel di smartphone Anda.
  • Buka aplikasi MyTelkomsel kemudian login menggunakan akun Facebook atau Twitter.
  • Tunggu beberapa saat hingga menu utama (dashboard) MyTelkomsel muncul.
  • Jika semua berjalan lancar, seharusnya Anda dapat melihat nomor Telkomsel yang Anda gunakan pada menu utama MyTelkomsel tersebut.

Demikian pembahasan mengenai cara cek nomor Telkomsel, semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, sebenarnya ada trik lama yang masih sering di gunakan ( khususnya oleh Saya ) untuk mengantisipasi apabila Anda tipe orang yang tidak suka menghafal nomor telepon (bahkan milik sendiri) atau mungkin tipe orang yang pelupa, caranya cukup sederhana, catat nomor telepon yang Anda gunakan pada secarik kertas kecil lalu tempelkan di bagian belakang smartphone yang Anda gunakan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 07th, July 2017 / 03:53 Oleh :
Kategori : Telekomunikasi